Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Penjelasan Seputar Pijat Lymphatic Drainage

Lymphatic drainage manual atau mekanis membantu membuang cairan dan limbah dari tubuh, dan pada saat yang sama dapat menghilangkan kembung.

Penjelasan Seputar Pijat Lymphatic Drainage
Courtesy of Bazaar UK

‘Lymphatic drainage' telah menjadi istilah yang populer di dunia kecantikan selama beberapa waktu. Hampir 1,2 miliar orang telah menonton video dengan tagar tersebut di TikTok, dan layanan pemesanan perawatan Treatwell baru-baru ini melaporkan peningkatan 41 persen dalam janji temu untuk pijat lymphatic drainage.

BACA JUGA: Apa itu ‘Lymphatic Drainage Massage’?

Tetapi lymphatic drainage manual bukanlah hal yang baru. Jenis pijat khusus ini telah lama digunakan untuk meningkatkan fungsi sistem limfatik, yang merupakan rangkaian besar jaringan dan organ yang membantu membersihkan tubuh dari racun dan limbah.

Teknik ini adalah perawatan yang dikenal untuk meredakan pembengkakan dan ketidaknyamanan pada anggota tubuh yang disebabkan oleh limfoedema, kondisi kronis yang disebabkan oleh kerusakan sistem limfatik. Lebih luas lagi, teknik ini sering dipromosikan bersamaan dengan janji untuk 'menghilangkan kembung' atau 'memahat' untuk semua orang, terutama bagi mereka yang menderita retensi air, walaupun manfaat pijat lymphatic drainage sangat banyak.

"Lymphatic drainage bekerja dengan menyebabkan cairan getah bening membawa produk limbah dan bakteri yang telah dihancurkan kembali ke dalam aliran darah," jelas Micheli Calmon dari The House of Massage. "Hati dan ginjal bekerja untuk membuang bakteri dan limbah ini dari darah. Tubuh kemudian mengeluarkannya melalui kotoran melalui buang air besar atau air seni." Proses ini meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, jelasnya, sekaligus "mengaktifkan sel-sel yang membantu membuat tubuh Anda bekerja lebih baik dan juga otot-otot Anda".

Apa saja manfaat pijat lymphatic drainage?

Selain meningkatkan sirkulasi, yang pada gilirannya meningkatkan energi dan kewaspadaan, Micheli mengatakan bahwa perawatan ini meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi stres, sehingga tidur menjadi lebih nyenyak.

"Apakah Anda ingin melakukan detoksifikasi, merasa lebih ringan, atau sekadar rileks, Anda selalu bisa mendapatkan manfaat dari sesi ini," kata Flavia Morellato, salah satu terapis limfatik terkemuka di London.

Namun, sesuatu yang tidak boleh Anda harapkan darinya adalah penghapusan sel-sel lemak. "Beberapa orang percaya bahwa lymphatic drainage akan menghilangkan lemak dan bukannya retensi air dan racun, tetapi hal ini tidak terjadi," jelas Flavia.

Seberapa sering Anda harus menjalani pijat lymphatic drainage?

Flavia berasal dari Brasil, di mana lymphatic drainage merupakan bisnis besar dalam budaya negara yang berfokus pada estetika. "Lymphatic drainage menjadi sangat populer di Brasil karena banyaknya operasi kosmetik yang dilakukan di sana, dan perawatan ini selalu menjadi hal yang wajib dilakukan sebagai bagian dari perawatan sebelum dan sesudahnya," jelasnya. Sekarang, adalah hal yang normal bagi orang Brasil untuk melakukan lymphatic drainage manual setiap minggu.

"Lymphatic drainage direkomendasikan setiap minggu untuk manfaat standar, tetapi Anda dapat melakukannya setiap hari dalam keadaan yang lebih dibutuhkan seperti perawatan pasca operasi untuk operasi plastik atau ketika pasca melahirkan," kata Flavia. "Untuk limfoedema, perawatan direkomendasikan dua hingga tiga kali per minggu."

Seperti apa rasanya pijat lymphatic drainage?

Dengan gagasan pembilasan racun, orang mungkin dengan mudah berasumsi bahwa lymphatic drainage manual akan meniru teknik pijat jaringan dalam. Namun justru sebaliknya, tekanan yang sangat ringan diterapkan dengan gerakan panjang dan berirama yang digunakan untuk menstimulasi sistem limfatik dengan lembut tanpa menekan pembuluh darah dengan keras.

Memang, alat ini sangat dahsyat, jelas Micheli. Meskipun hanya dengan sentuhan ringan, drainase "akan terus bekerja selama lebih dari 72 jam setelah pemijatan dilakukan".

Teknik serupa juga digunakan pada wajah, dengan tujuan untuk mengurangi bengkak dan membentuk kontur. Pakar perawatan kulit dan Pengobatan Tradisional China, Ada Ooi, yang kliennya termasuk Rooney Mara dan Lily Allen, selalu menggunakan teknik lymphatic drainage sebagai bagian dari perawatan wajahnya. Teknik ini juga digunakan dalam Rose Crystal Lymphatic Facial yang sangat digemari oleh The Organic Pharmacy, yang menggunakan batu kristal mawar untuk mengeringkan limfatik, menciptakan tampilan yang terpahat dan tidak bengkak.

Aesop Fabulous Face Oil

Courtesy of Bazaar UK

Grown Alchemist Antioxidant+ Facial Oil 25ml

Courtesy of Bazaar UK

The Organic Pharmacy Detox Cellulite Body Oil

Courtesy of Bazaar UK

Sephora Collection Dry Body Brush

Courtesy of Bazaar UK

Stimulasi mekanis juga merupakan cara yang efektif untuk mencapai lymphatic drainage. Terinspirasi oleh pijatan manual tetapi dilakukan dengan penyedotan vakum, perawatan LPG Endermologie menembus sistem otot dan limfatik. Mencengkeram wajah dan tubuh seolah-olah seperti tangan manusia untuk memberikan pijatan bermotor dengan intensitas yang berbeda-beda, terasa kuat namun nyaman dan sepenuhnya aman. Meskipun dikenal terutama sebagai perawatan yang menargetkan selulit, LPG Endermologie menawarkan sejumlah manfaat medis, kecantikan, dan kesehatan, mulai dari mengurangi nyeri otot dan peningkatan kadar kortisol hingga meningkatkan kualitas tidur.

Dapatkah Anda melakukan lymphatic drainage di rumah?

Ahli homeopati dan pengusaha merek kecantikan Margo Marrone mengatakan bahwa ada banyak teknik yang dapat diadaptasi di rumah untuk membantu menstimulasi dan mengeringkan getah bening, yang dapat sangat berguna untuk menjaga Anda tetap segar di sela-sela perawatan atau jika Anda tidak dapat mengunjungi profesional secara teratur.

"Jika Anda ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ada beberapa teknik lymphatic drainage yang mudah yang dapat Anda lakukan dalam rutinitas Anda untuk meningkatkan kekebalan tubuh," katanya. Pada janji temu dengan ahli (The Organic Pharmacy memiliki serangkaian perawatan lymphatic drainage yang tersedia di toko dan spa utama mereka di Chelsea), mintalah demonstrasi cara melakukan pijatan mini pada diri Anda sendiri. Kemudian, "konsentrasikan upaya Anda di sekitar perut, di sekitar leher, pangkal paha, dan ketiak yang merupakan tempat kelenjar getah bening berada."

Sebagai alternatif, atau sebagai tambahan, Margo merekomendasikan drainase setiap hari selama lima menit dengan menyikat kulit kering yang diikuti dengan pengaplikasian minyak. "Carilah produk dengan bahan-bahan seperti juniper, adas dan grapefruit yang merupakan minyak drainase utama." Menyikat kulit kering menstimulasi seluruh sistem limfatik, dan mudah ditambahkan ke dalam rutinitas pagi hari, baik secara terpisah maupun sebagai tambahan dari pijat limfatik biasa.

"Selalu pijat dari bawah ke atas, mulai dari kaki sebelum bergerak ke lengan dan kemudian di dalam dan di sekitar perut dan bagian bawah." Lihat lebih banyak saran menyikat tubuh kering di sini. Untuk wajah, dalam video di bawah ini, Ada mendemonstrasikan cara melakukan pijat lymphatic drainage wajah pada diri Anda sendiri di rumah:

Dapatkah skincare menstimulasi lymphatic drainage? 

Menambah kehebohan seputar lymphatic drainage adalah pengembangan teknologi perawatan kulit baru yang memungkinkan aktivasi sistem limfatik kulit secara topikal." Rangkaian perawatan kulit Iräye melakukan hal ini dan dengan demikian dapat digunakan sebagai perawatan kulit harian yang berdiri sendiri atau dapat dikombinasikan dengan pijat lymphatic drainage," jelas salah satu pendiri merek ini, Profesor Michael Detmar. Kombinasi spesifik dari lima ekstrak tumbuhan, yang dikenal sebagai Lymphactive Complex, telah dirancang untuk secara aktif meningkatkan fungsi saluran limfatik untuk menstimulasi drainase serta mendukung perawatan jangka panjang.

"Hasil terbaik diperoleh dengan mengikuti penggunaan serum dengan penggunaan krim, dan dengan memijatnya ke dalam kulit mengikuti rute pembuluh limfatik alami menuju kelenjar getah bening, pagi dan malam hari," jelas Dr Michael. Dengan lymphatic drainage yang semakin didukung oleh para ahli medis dan kecantikan, ditambah dengan inovasi perawatan kulit yang terjadi di area ini, ketersediaannya dan manfaat yang menyertainya, tampaknya akan terus meningkat.

BACA JUGA:
Apakah Pijatan Adalah Rahasia Tidur Yang Lebih Baik?
Alat Pijat Terbaik untuk Memahat dan Menenangkan Wajah Anda

(Penulis: Bridger March; Artikel ini disadur dari: Bazaar UK; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar UK)