Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apa itu ‘Lymphatic Drainage Massage’?

Manual lymphatic drainage membantu membuang cairan dan kotoran dari tubuh, dan secara bersamaan dapat menghilangkan kembung.

Apa itu ‘Lymphatic Drainage Massage’?
Courtesy of Bazaar UK

'Lymphatic drainage' telah menjadi sebuah hit dalam dunia kecantikan untuk beberapa waktu ini. Hampir 737 juta orang telah menonton video dengan tagarnya di TikTok, dan layanan pemesanan perawatan Treatwell melaporkan peningkatan booking untuk pijat lymphatic drainage sebesar 41 persen tahun lalu.

BACA LAGI: Cara Meningkatkan Kualitas Ritual Mandi Harian Anda

Akan tetapi, manual lymphatic drainage bukanlah hal baru. Jenis pijat khusus ini telah lama digunakan untuk meningkatkan fungsi sistem limfatik, jaringan besar tissues dan organ yang membantu membersihkan tubuh dari racun dan kotoran, atau limbah. 

Teknik ini dikenal sebagai pengobatan untuk meredakan pembengkakan dan rasa tidak nyaman pada anggota tubuh yang disebabkan oleh lymphoedema, suatu kondisi kronis yang disebabkan oleh kerusakan sistem limfatik. Dalam segi yang lebih luas, ini sering dipromosikan bersamaan dengan janji untuk dapat 'de-bloat' atau 'sculpt' untuk semua, terutama bagi mereka yang menderita retensi air, meskipun manfaat pijat lymphatic drainage sangat banyak.

“Lymphatic drainage bekerja dengan menyebabkan cairan getah bening untuk membawa produk sisa kotoran dan menghancurkan bakteri kembali ke aliran darah,” jelas Micheli Calmon dari The House of Massage. “Hati dan ginjal bekerja untuk menghilangkan bakteri dan limbah ini dari darah.

Tubuh kemudian membuangnya [limbah] melalui buang air besar atau urin. Proses tersebut meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, jelasnya, sekaligus mengaktifkan sel-sel yang membantu membuat tubuh Anda bekerja lebih baik serta otot Anda.

Apa manfaat lymphatic drainage massage?

Selain meningkatkan sirkulasi, yang juga meningkatkan energi dan kewaspadaan, Micheli mengatakan pengobatan tersebut dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mengurangi stres, serta meningkatkan kualitas tidur.

“Baik Anda ingin detoksifikasi, merasa lebih ringan, atau sekadar bersantai, Anda akan selalu memperoleh manfaat dari setiap sesi,” ungkap Flavia Morellato, terapis limfatik terkemuka di London.

Namun, sesuatu yang seharusnya tidak Anda harapkan darinya adalah penghapusan sel-sel lemak. “Beberapa orang percaya lymphatic drainage akan menghilangkan lemak, bukan retensi air dan racun,  tetapi ini pasti tidak terjadi,” jelas Flavia.

Seberapa sering Anda harus melakukan lymphatic drainage massage?

Micheli berasal dari Brasil, di mana lymphatic drainage adalah bisnis besar dalam budaya negara yang berfokus pada estetika. “Lymphatic drainage menjadi sangat populer di Brasil karena banyaknya operasi kosmetik yang dilakukan di sana, dan treatment tersebut selalu wajib sebagai bagian dari pra dan pasca perawatan,” jelasnya. Sekarang, sangat normal bagi orang Brasil untuk melakukan manual lymphatic drainage setiap minggu.

“Lymphatic drainage direkomendasikan setiap minggu untuk mendapatkan manfaat standar, tetapi Anda dapat melakukannya setiap hari dalam keadaan yang lebih dibutuhkan seperti perawatan pasca operasi, seperti operasi plastik atau saat pascapersalinan,” jelas Flavia. “Untuk lymphoedema, pengobatan dianjurkan dua sampai tiga kali per minggu.”

Seperti apa rasanya lymphatic drainage massage?

Dengan gagasan pembilasan racun, orang mungkin dengan mudah berasumsi bahwa manual lymphatic drainage akan meniru teknik deep-tissue massage. Sebaliknya, tekanan yang sangat ringan diterapkan dengan pukulan ritmis panjang yang digunakan untuk merangsang sistem limfatik dengan lembut tanpa menekan pembuluh dengan keras.

Tentu, itu sangat kuat, jelas Micheli. Meskipun sentuhan ringan, drainage  "akan tetap bekerja selama lebih dari 72 jam setelah pemijatan dilakukan".

Teknik serupa digunakan pada wajah, dengan tujuan untuk mengurangi bengkak dan memahat kontur. Pakar Perawatan Kulit dan Pengobatan Tradisional China, Ada Ooi, yang kliennya termasuk Rooney Mara dan Lily Allen, selalu menggunakan teknik lymphatic drainage sebagai bagian dari perawatan wajahnya. Ini juga perlengkapan di Rose Crystal Lymphatic Facial yang sangat disukai oleh The Organic Pharmacy, yang menggunakan batu kristal mawar untuk dikeringkan, menciptakan tampilan yang sculpted dan de-puffed.

Aesop Fabulous Face Oil

Courtesy of Bazaar UK

Grown Alchemist Antioxidant+ Facial Oil 25ml

Courtesy of Bazaar UK

The Organic Pharmacy Detox Cellulite Body Oil

Courtesy of Bazaar UK

Sephora Collection Dry Body Brush

Courtesy of Bazaar UK

Bisakah Anda melakukan lymphatic drainage di rumah?

Pendiri dan ahli homeopati Organic Pharmacy, Margo Marrone, mengatakan ada banyak teknik yang dapat diadaptasi di rumah untuk membantu menstimulasi dan ‘menguras’ getah bening, yang bisa sangat berguna untuk menjaga Anda tetap segar di antara perawatan atau jika Anda tidak mampu bertemu dengan seorang profesional secara teratur.

"Jika Anda ingin meningkatkan sistem kekebalan, ada teknik lymphatic drainage mudah yang dapat Anda terapkan dalam rutinitas Anda untuk meningkatkan kekebalan Anda," ungkap Margo. Pada sebuah pro appointment (The Organic Pharmacy memiliki serangkaian perawatan lymphatic drainage yang tersedia di toko dan spa andalan mereka di Chelsea), mintalah demonstrasi cara melakukan pijatan mini pada diri Anda sendiri.

Kemudian, "konsentrasikan upaya Anda di sekitar perut, di sekitar leher, selangkangan, dan ketiak yang merupakan lokasi kelenjar getah bening."

Sebagai alternatif, atau sebagai tambahan, Margo merekomendasikan melakukan drainage setiap hari selama lima menit menggunakan penyikatan kulit tubuh yang kering diikuti dengan aplikasi minyak.

"Cari produk dengan bahan seperti juniper, adas, dan grapefruit yang merupakan minyak drainage utama." Menyikat kulit kering merangsang seluruh sistem limfatik, dan mudah ditambahkan ke rutinitas pagi, baik sendiri atau sebagai tambahan dari pijat limfatik biasa. "Selalu pijat dari bawah ke atas, mulai dari kaki sebelum bergerak ke lengan lalu ke dalam dan sekitar perut dan bokong." 

Untuk wajah, dalam video di bawah ini, Ada mendemonstrasikan cara melakukan lymphatic drainage massage wajah sendiri di rumah:

Bisakah perawatan kulit merangsang lymphatic drainage?

Menambah desas-desus seputar lymphatic drainage adalah pengembangan teknologi perawatan kulit baru yang memungkinkan aktivasi sistem limfatik kulit secara topikal.

“Lini perawatan kulit terbaru Iräye melakukan hal ini dan dengan demikian dapat digunakan baik sebagai pendekatan perawatan kulit sehari-hari yang berdiri sendiri atau dapat dikombinasikan dengan pijat lymphatic drainage,” jelas salah satu pendiri merek tersebut Profesor Michael Detmar. Kombinasi spesifik dari lima ekstrak tanaman, yang dikenal sebagai Lymphactive Complex, telah dirancang untuk secara aktif meningkatkan fungsi saluran limfatik untuk merangsang drainase serta mendukung ‘pemeliharaan’ jangka panjang.

“Hasil terbaik diperoleh dengan mengikuti aplikasi serum dengan aplikasi krim, dan dengan memijatnya ke dalam kulit mengikuti rute pembuluh limfatik alami menuju kelenjar getah bening, pagi dan sore hari,” jelas Dr. Michael.

Dengan drainase limfatik yang semakin didukung oleh para ahli medis dan kecantikan, ditambah inovasi perawatan kulit yang terjadi di area ini, ketersediaannya, serta manfaat yang menyertainya, tampaknya akan terus melonjak.

BACA LAGI:
Apa Bedanya Retinol dan Retinoid?
Perbaiki Postur Tubuh Anda dengan 5 Rekomendasi dari Fisioterapi Terkemuka

(Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Bella Nazelina; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)