Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bisa Mengurangi Dark Circles, Ini Manfaat Vitamin K untuk Kulit!

Apakah Anda tertarik untuk merasakan sendiri manfaatnya?

Bisa Mengurangi Dark Circles, Ini Manfaat Vitamin K untuk Kulit!

Sebagian besar dari Anda mungkin pernah mendengar, atau bahkan sudah merasakan, jika beberapa vitamin seperti vitamin A, E, dan C menawarkan banyak manfaat untuk kulit. Namun, pernahkah Anda mengetahui manfaat vitamin K untuk kulit? Vitamin K memang jarang sekali kita dengar di industri kecantikan. Tetapi ternyata, vitamin K juga menawarkan banyak manfaat untuk kulit, tak kalah dengan vitamin lainnya. 


Berikut ini Bazaar telah merangkum beberapa manfaat vitamin K untuk kulit. Simak!


Apa itu vitamin K?


Secara singkat, vitamin K adalah vitamin yang larut dalam lemak yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Vitamin ini memainkan peran penting dalam banyak fungsi tubuh, termasuk pembekuan darah, regulasi kalsium darah, dan kesehatan tulang. Komponen utama vitamin K adalah K1 dan K2. K1 dapat ditemukan dalam kangkung dan bayam, sedangkan K2 dapat ditemukan dalam makanan fermentasi dan produk hewani (kuning telur, mentega), serta diproduksi oleh bakteri di usus. Anda mungkin pernah mendengar istilah, happy gut, happy skin, yang artinya sistem pencernaan yang baik juga dapat membantu kesehatan kulit. Itulah alasan mengapa mengonsumsi makanan tinggi vitamin K, pada gilirannya dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. 

Selain pada makanan, Anda juga dapat menemukan kandungan vitamin K dalam beberapa produk perawatan kulit. Salah satu cara termudah untuk menambahkan vitamin ini ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda adalah dengan menggunakan krim, lotion atau serum yang mengandung vitamin K. 

Sebagai pedoman umum, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin K dua kali dalam sehari, yakni pagi dan malam hari. Jika Anda ingin mengatasi lingkaran hitam di bawah mata (dark circles), pilih krim, lotion, atau serum yang mengandung vitamin K bersama dengan kafein atau retinol, yang terbukti mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga membuat kulit tidak terlalu tipis dan transparan. Pada gilirannya, pembuluh darah yang berwarna ungu tua di bawahnya akan semakin tidak terlihat atau memudar. Sementara itu, ketika dikonsumsi secara oral, vitamin K memiliki banyak manfaat termasuk membangun tulang yang kuat dan sehat, melindungi sistem kardiovaskular, dan mencegah penuaan dini. 

Manfaat Vitamin K untuk Kulit

  • Membantu Penyembuhan Luka


Produk skincare yang kaya akan vitamin K biasanya dapat membantu proses penyembuhan luka pada kulit. Ini karena, vitamin K dapat meningkatkan penyembuhan luka dengan meningkatkan kontraksi luka dan membantu pembentukan kolagen dan pembuluh darah. 


Kontraksi luka adalah adalah respons penyembuhan yang dimiliki tubuh Anda yang menentukan seberapa banyak kulit telah rusak dan perlu diperbaiki.

  • Membantu Memudarkan Lingkaran Di Bawah Mata


Sebagian besar produk eye cream seringkali menggembar-gemborkan kandungan vitamin K di dalamnya. Ini karena vitamin K diklaim dapat membantu mencerahkan area bawah mata. Melansir dari laman Stylist, menurut sebuah studi yang mengamati efek krim yang mengandung vitamin K dan menunjukkan adanya pengurangan lingkaran hitam pada partisipan setelah beberapa minggu.

  • Meningkatkan Elastisitas Kulit

Masih dilansir dari sumber yang sama, berdasarkan sebuah uji coba yang menguji campuran vitamin K, kafein, dan minyak emu, menunjukan adanya pengurangan tampilan lingkaran hitam (dark circles) dan elastisitas kulit dalam tiga minggu. Elastisitas kulit yang meningkat sebagaimana diketahui dapat membuat kulit tampak lebih kencang dan muda. 


Jenis kulit apa yang terbaik untuk vitamin K? Dan adakah efek samping yang ditimbulkan?


Pada dasarnya, vitamin K kemungkinan besar dapat digunakan oleh semua jenis kulit, tidak terkecuali untuk pemilik kulit sensitif. Tidak seperti vitamin A (retinol), vitamin K diketahui tidak memiliki efek samping, kecuali Anda memang alergi terhadap kandungan ini. Serta, tidak sensitif terhadap sinar matahari sehingga aman digunakan pada pagi hari. 

Nah, itulah beberapa manfaat vitamin K untuk kulit. Meskipun vitamin K tidak begitu umum ditemukan pada produk perawatan kulit, namun jika Anda ingin meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi dark circles, atau meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan, produk dengan kandungan vitamin ini atau makanan tinggi vitamin K, mungkin patut Anda pertimbangkan.

Apakah Anda tertarik untuk merasakan sendiri manfaatnya?

(Foto: [email protected])