Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Memahami Manfaat Sleeping Mask untuk Kecantikan Kulit yang Tak Terduga!

Selain manfaatnya, Bazaar juga akan mengungkap cara menggunakan sleeping mask, dan tentu saja, rekomendasi sleeping mask terbaik!

Memahami Manfaat Sleeping Mask untuk Kecantikan Kulit yang Tak Terduga!

Mendapatkan tidur malam yang berkualitas adalah satu hal penting yang sangat direkomendasikan kepada Anda. Itu tidak hanya memberikan dampak luar biasa untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, tetapi juga untuk kecantikan kulit. 

Faktanya, penelitian tahun 2013 dalam Genome Biology Journal telah menunjukkan bahwa saat malam hari kulit Anda akan melakukan perbaikan dan peremajaan dengan sendirinya. Meski begitu, Anda bisa mendukung proses perbaikan dan peremajaan tersebut dengan penggunaan produk perawatan kulit yang tepat, termasuk overnight sleeping mask. Dr. Dendy Engelman, seorang ahli bedah dermatologi menambahkan bahwa, proses perbaikan dan peremajaan kulit ini terjadi antara jam 10 malam dan jam 2 pagi.

Overnight sleeping mask pada dasarnya adalah krim malam yang lebih rich dengan kandungan terbaik untuk mencegah berbagai masalah kulit, atau Dr. Engelman menyebutnya sebagai “a supercharged night cream”.

Bazaar akan mengungkap semua yang perlu Anda ketahui tentang overnight sleeping mask, termasuk cara menggunakan sleeping mask semalaman, dan tentu saja, rekomendasi overnight sleeping mask terbaik menurut kami!


Apa itu overnight sleeping mask?

Sesuai namanya, masker wajah yang digunakan semalaman, atau overnight sleeping mask, merupakan produk skincare yang dirancang khusus untuk diaplikasikan sebelum tidur dan dibiarkan semalaman. Itu artinya, produk perawatan kulit ini dimaksudkan untuk tetap menempel di wajah Anda sepanjang malam hingga pagi hari, dan taraa! Anda akan merasakan keajaiban pada kulit Anda. 

Overnight sleeping mask juga biasa disebut dengan sleep masks atau night masks. Biasanya, sleep masks ini terbuat dari formula yang ringan dan dikemas penuh dengan bahan aktif, seperti hyaluronic acid, niacinamide, retinol, jojoba oil, atau rosemary oil—dan, bahan aktif lainnya—yang semuanya bisa menutrisi kulit dan menjaga kesehatan kulit Anda. 

Teorinya adalah ketika sleep masks diaplikasikan dan terserap ke dalam kulit, bahan aktif akan dilepaskan secara perlahan sepanjang malam untuk memberikan semua yang dibutuhkan kulit Anda. 


Manfaat Overnight Sleeping Mask

Overnight sleeping mask umumnya memiliki manfaat serupa dengan masker wajah biasa. Ini termasuk dapat membantu menghidrasi dan melembapkan kulit, mengatasi masalah kulit, dan meremajakan dan merevitalisasi kulit. 

1. Menghidrasi dan Melembapkan Kulit

Dibandingkan dengan krim malam atau siang, sleep masks lebih richer dan denser, sehingga memungkinkannya memberikan hidrasi dan kelembapan maksimal pada kulit Anda. 

2. Merevitalisasi dan Meremajakan Kulit

Bahan aktif yang terkandung di dalam overnight sleeping mask bisa membantu proses peremejaan dan revitalisasi sel-sel kulit, memberikan kulit yang lebih segar, lembap, kenyal, dan tampak awet muda keesekokan harinya. 

3. Meningkatkan Produksi Kolagen

Beberapa sleep masks mengandung bahan aktif seperti retinol dan peptida, yang diketahui dapat merangsang produksi kolagen sehingga bisa meminimalkan tanda-tanda penuaan.

4. Meratakan Warna Kulit

Overnight sleeping mask yang mengandung bahan aktif seperti niacinamide atau hyaluronic acid, diketahui dapat membantu meratakan warna kulit dan mengurangi hiperpigmentasi atau bintik hitam.

5. Meningkatkan Penyerapan

Karena dibiarkan sepanjang malam, dan sleep masks bisa bertindak sebagai sealant, sehingga dapat meningkatkan penyerapan produk perawatan kulit yang diaplikasikan sebelumnya.


Cara Menggunakan Overnight Sleeping Mask

1. Membersihkan wajah: Mulailah dengan menghapus makeup dan membersihkan wajah secara menyeluruh.

2. Toner dan serum: Berikutnya, aplikasikan toner dan lanjutkan dengan penggunaan serum seperti biasa. 

3. Eye cream: Sebelum mengaplikasikan overnight sleeping mask, terlebih dahulu oleskan krim mata agar mata Anda juga terlihat segar saat bangun keesokan paginya. 

4. Aplikasikan overnight sleeping mask: Sleeping mask dipakai setelah penggunaan eye cream. Aplikasikan sleep masks secara menyeluruh dan tebal ke seluruh wajah, tapi hindari area mata. Tunggu kurang lebih sekitar 30 menit sebelum tidur jika Anda ingin mencegah noda pada sarung bantal Anda. 

5. Bilas keesokan harinya: Seperti namanya, overnight sleeping mask digunakan dan dibiarkan semalaman, lalu keesokan paginya, bilas sleep masks dan lakukan rutinitas perawatan kulit pagi hari seperti biasa. 


Rekomendasi Overnight Sleeping Mask Terbaik

Berikut ini beberapa rekomendasi overnight sleeping mask favorit Bazaar:

1. Glow Recipe - Watermelon Glow AHA Night Treatment
rekomendasi sleeping mask

(Amazon.com)

Glow Recipe Watermelon Glow AHA Night Treatment merupakan salah satu rekomendasi overnight sleeping mask favorit Bazaar yang diformulasikan dengan campuran ingredients terbaik, seperti hyaluronic acid, niacinamide, peptides, dan watermelon enzymes, yang baik dalam menghidrasi kulit, membuat kulit lebih glowing, dan mengeksfoliasi dengan lembut. 

Dengan tekstur watery-gel yang kenyal dan sangat ringan, membuatnya sangat nyaman dipakai semalaman. Anda bisa menggunakannya dua hingga tiga kali dalam seminggu—untuk mencegah iritasi kulit. 

2. Sulwhasoo - Timetreasure Invigorating Sleeping Mask
rekomendasi sleeping mask

(sulwhasoo.com)

Sulwhasoo Timetreasure Invigorating Sleeping Mask adalah pilihan sleep masks terbaik untuk mengatasi masalah tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus, kurangnya elastisitas, dan kulit kusam. Diformulasikan dengan ekstrak pinus merah Korea yang kaya antioksidan sebagai bahan anti penuaan dan ginseng merah untuk membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Selain bisa mengatasi masalah tanda-tanda penuaan, Sulwhasoo Timetreasure Invigorating Sleeping Mask ini juga mampu melembutkan dan melembapkan kulit dengan baik, tanpa terlalu terasa heavy atau oily. Serta, membuat kulit terlihat lebih kencang dan halus. 

3. Laneige - Water Sleeping Mask-Ex
rekomendasi sleeping mask

(laneige.com)

Laneige Water Sleeping Mask-Ex adalah merupakan versi upgrade dari produk sleeping mask ikonis Laneige sebelumnya. Diformulasikan dengan sleeping microbiome dan probiotik complex, yang mampu menghidrasi kulit secara intens, membuat kulit tampak lebih cerah dan terlihat sehat. Teksturnya berupa gel ringan yang mudah terserap kulit dan tidak transfer ke permukaan lainnya, sehingga nyaman digunakan saat tidur. 

4. Kiehl's - Ultra Facial Overnight Hydrating Mask with 10.5% Squalane
rekomendasi sleeping mask

(kiehls.co.id)

Ini adalah sleep masks favorit Bazaar yang tak hanya affordable, tetapi juga sangat efektif untuk menghidrasi dan melembapkan kulit secara intensif, serta membantu merawat dan memperkuat lapisan pelindung kulit saat tidur.  Itu berkat kandungan 10,5% Squalane di dalamnya. 

Pada awalnya, tekstur Kiehl's Ultra Facial Overnight Hydrating Mask with 10.5% Squalane ini berupa balm yang berubah menjadi oil saat diaplikasikan ke wajah, sehingga dapat diserap kulit dan menjaga kelembapan kulit sepanjang malam dengan baik. Ditambah, sleep masks ini bebas pewangi, tidak lengket, dan tidak menyebabkan komedo. 

5. Dr. Jart+ - Cicapair Tiger Grass Sleepair Intensive Mask
rekomendasi sleeping mask

(Sephora.com)

Dr. Jart+ Cicapair Tiger Grass Sleepair Intensive Mask adalah pilihan sleep masks terbaik untuk Anda yang memiliki kulit sensitif. Produk overnight sleeping mask ini diperkaya dengan kandungan Centella asiatica, yang terkenal karena kemampuannya dalam menenangkan dan menghidrasi kulit dengan baik. Selain menghidrasi, Dr. Jart+ Cicapair Tiger Grass Sleepair Intensive Mask juga mampu mengunci kelembapan kulit dan merawat skin barrier, berkat kandungan gliserin dan niacinamide di dalamnya. 

6. Fresh - Floral Recovery Calming Mask
rekomendasi sleeping mask

(sephora.com)

Entah karena pengelupasan kulit yang berlebihan atau hal lainnya, itu bisa membuat kulit iritasi, timbul sensasi panas, atau meradang. Jika Anda mengalami sensasi tersebut, menggunakan Fresh Floral Recovery Calming Mask bisa membantu menenangkan kulit. Sleep masks ini diformulasikan dengan ekstrak passionflower dan cornflower yang terkenal karena khasiatnya menenangkan kulit. Ini juga diperkaya dengan vitamin C dan squalane yang mampu mencerahkan, menghaluskan, dan menghidrasi kulit. Teksturnya berupa krim padat, namun tetap terasa ringan dan tidak greasy sehingga nyaman digunakan saat tidur. 

7. Herbivore - Moon Fruit Retinol Alternative Sleep Mask
rekomendasi sleeping mask

(amazon.com)

Seperti namanya, Herbivore Moon Fruit Retinol Alternative Sleep Mask dikemas dengan ekstrak buah-buahan tinggi antioksidan seperti goji berry, prickly pear, dan red raspberry seed, yang dapat membuat kulit Anda lebih cerah, lembap, halus, dan glowing di pagi hari. Sleep masks ini juga mengandung 1% Bakuchiol, kandungan alternatif alami pengganti retinol, yang berfungsi sebagai anti-aging untuk mengurangi tampilan garis-garis halus dan kerutan.

Itulah semua yang perlu Anda ketahui tentang overnight sleeping mask, termasuk cara menggunakan sleeping mask semalaman, dan tentu saja, rekomendasi sleeping mask terbaik untuk Anda. 

(Photo teaser by Polina Kovaleva on Pexels)