Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Informasi Lengkap Seputar Microblading

Semua yang perlu Anda ketahui sebelum membuat janji temu alis pertama Anda.

Informasi Lengkap Seputar Microblading
Courtesy of Bazaar US

Luangkan waktu sepuluh menit untuk menelusuri media sosial kecantikan dan Anda pasti akan menemukan semacam transformasi alis yang viral.

BACA JUGA: Kendall Jenner Bleaching Alisnya Demi Penampilan Met Gala yang Intens

Namun, yang mungkin bertanggung jawab atas penampilan ini bukanlah penggunaan pensil alis atau pewarna sementara, melainkan microblading. Bagi yang belum tahu, microblading adalah teknik profesional yang melibatkan goresan seperti rambut pada kulit di antara rambut alis alami Anda dengan menggunakan tinta dan jarum, untuk hasil yang semi permanen. (Dan ini tidak sesakit kedengarannya).

Selanjutnya, kami berbicara dengan penata rias selebriti Piret Aava (a.k.a. Dokter Alis) bersama dengan penata alis selebriti dan pendiri KS&CO, Kristie Streicher, untuk membahas tentang microblading, mulai dari apa yang diharapkan selama perawatan, hingga perawatan pasca perawatan. Baca terus untuk mengetahui tip mereka tentang praktik terbaik microblading terbaik.

Apa itu microblading?

Microblading adalah teknik tato semi permanen yang digunakan untuk menciptakan ilusi alis yang lebih berisi. Teknik ini dilakukan dengan goresan pisau tangan dan pigmen yang ditambahkan ke kulit, yang menciptakan alis yang lebih gelap dan penuh dalam hitungan menit, kata Kristie.

Piret mengatakan pada Bazaar: "Dengan metode ini, saya dapat menciptakan hampir semua tampilan, dari hasil akhir yang sangat alami hingga alis yang tebal dan indah."

Ada berbagai jenis microblading, termasuk microshading, yang memberikan efek alis filter TikTok dalam kehidupan nyata, dan microfeathering, sebuah proses yang menjadi ciri khas Kristie, yang menggunakan guratan seperti rambut untuk alis yang lebih presisi dan terlihat alami.

Versi microblading mana pun yang Anda pilih tergantung pada hasil yang Anda inginkan, itulah sebabnya penting untuk berkonsultasi dengan teknisi alis Anda sebelum melakukan perawatan.

Apa yang diharapkan selama perawatan?

Setelah konsultasi singkat mengenai bentuk alis yang Anda inginkan, Anda akan mendapatkan warna alis yang sesuai dengan warna rambut alami dan warna dasar kulit Anda. Area alis Anda kemudian dibersihkan dan diberi anestesi untuk perawatan. Alih-alih menggunakan mesin tato tradisional, banyak profesional menggunakan alat genggam yang memungkinkan mereka untuk menggambar goresan rambut secara manual. 

Terakhir, krim seperti Aquaphor atau SkinCeuticals Epidermal Repair biasanya dioleskan untuk meningkatkan proses penyembuhan. Proses lengkapnya dapat memakan waktu hingga 40 menit, tergantung pada seberapa penuh alis yang Anda inginkan. Banyak klien juga dianjurkan untuk menjadwalkan janji temu lanjutan empat hingga enam minggu kemudian, untuk memastikan mereka puas dengan hasilnya.

Manfaat

Selain membebaskan Anda dari meraih pensil atau gel setiap hari, salah satu manfaat terbesar dari microblading adalah berapa lama tampilan alis Anda yang lebih penuh dan lebih gelap akan tetap utuh. 

Sebagian besar hasil microblading dapat bertahan antara satu hingga tiga tahun, tergantung pada jenis kulit Anda (tinta yang seharusnya memudar lebih cepat pada kulit berminyak), produk kecantikan yang Anda gunakan, dan gaya hidup Anda secara keseluruhan.

Aquaphor Healing Ointment

Courtesy of Bazaar US

Biaya

Banyak perawatan microblading yang harganya sedikit lebih tinggi daripada biaya untuk mendapatkan alis Anda secara profesional dengan waxing atau benang. Piret mengenakan biaya sekitar $1.500 (atau sekitar 23 juta Rupiah) untuk perawatan individu (ditambah satu kali touch-up), tetapi harga bervariasi tergantung pada tingkat keahlian teknisi dan lokasi Anda.

Saran setelah perawatan dan efek samping yang umum terjadi

Biasanya tidak ada efek samping besar dari microblading, selain kemerahan yang biasanya terjadi setelah perawatan. Namun, para profesional mencatat bahwa infeksi di area tersebut mungkin terjadi jika prosedur perawatan setelahnya tidak diikuti dengan benar.

Salah satu produk terpenting yang dapat Anda gunakan setelah perawatan microblading adalah tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi. Sama seperti perawatan tato, tabir surya membantu memperpanjang umur perawatan Anda dan mencegah warna memudar di bawah sinar matahari langsung. Penting untuk menghindari penggunaan Retin-A, retinol, atau produk pengelupasan kulit seminggu sebelum janji temu Anda, serta selama 30 hari setelah alis Anda selesai. Produk-produk ini dapat menyebabkan pigmen alis memudar sebelum waktunya.

Para ahli juga menyarankan untuk menghindari penggunaan riasan dan membasahi area alis selama satu atau dua minggu selama masa penyembuhan. Setelah kulit Anda benar-benar kembali normal, Anda boleh kembali ke rutinitas perawatan kulit dan riasan Anda.

Alternatif microblading

Jika Anda ingin mencoba beberapa manfaat microblading sebelum membuat janji temu resmi, beberapa produk di rumah dapat memberikan tampilan microblading tanpa jarum. Kristie merekomendasikan untuk menggunakan Pena Microfeathering dari KS&CO, yang memudahkan untuk menggambar goresan tipis dan halus untuk mengisi area yang jarang. Kami juga menyukai Benefit Cosmetics Brow Microfilling Pen dan Anastasia Beverly Hills Superfine Micro-Stroking Detail Brow Pen untuk mendapatkan efek microblading.

KS&CO Microfeathering Brow Pen

Courtesy of Bazaar US

Benefit Cosmetics Brow Microfilling Eyebrow Pen

Courtesy of Bazaar US

Anastasia Beverly Hills Micro-Stroking Detailing Brow Pen

Courtesy of Bazaar US

Namun, jika Anda menginginkan solusi yang lebih permanen untuk memperbaiki penampilan alis Anda dan tidak takut melibatkan jarum dalam prosesnya, microblading patut dicoba.

BACA JUGA:
Alis Mata, Laki-Laki, dan Definisi Segar Maskulinitas
Seorang Peramal Melihat Masa Depan Melalui Alis Saya

(Penulis: Audrey Noble; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of BAZAAR US)