Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apakah Suara Rendah Elizabeth Holmes Merupakan Kekuatan yang Terselubung?

Banyak orang mengklaim pendiri Theranos ini memanipulasi nada naturalnya.

Dalam film The Dropout, ada adegan di mana seorang CEO dari start-up biotek Theranos, Elizabeth Holmes, yang diperankan oleh Amanda Seyfried, berdiri di depan cermin kamarnya, mengulangi kata-kata: "Ini adalah langkah maju yang menginspirasi." Setiap kali dia mengatakannya, suaranya semakin dalam, semakin rendah, sampai dia mencapai bariton serak yang kita kenal sebagai Elizabeth. Canggung melihat mulutnya menegang di sekitar vokalnya, ekspresinya datar.

Baca juga: Berkenalan dengan Elizabeth Holmes, Sosok Besar Di Balik Skandal Penipuan Theranos

Mantan kolega dan kenalan Elizabeth telah berbicara tentang telah memperhatikan ketidakkonsistenan dalam suaranya, mencatat bahwa dia kadang-kadang akan tergelincir ke dalam apa yang mereka yakini sebagai nada alami yang lebih tinggi. Di antaranya adalah Phyllis Gardener, seorang profesor di Universitas Stanford (dari mana Elizabeth keluar pada tahun 2004), yang mengatakan kepada Radio ABC, "Ketika dia pertama kali datang kepada saya, dia tidak memiliki suara rendah." Banyak penonton The Dropout dan penggemar podcast yang mendahuluinya telah menyisir rekaman percakapan Elizabeth, mencari momen perubahan – dan mereka tampaknya menemukannya, misalnya dalam wawancara podcast 2005 dengan NPR dan dalam pembicaraan yang difilmkan dengan Sal Khan 10 tahun kemudian.

Amanda Seyfried sebagai Elizabeth Holmes di The Dropout
Amanda Seyfried sebagai Elizabeth Holmes di The Dropout

Ini tentu bukan pertama kalinya seorang wanita secara nyata menurunkan nada suaranya untuk membantunya naik ke posisi berkuasa dalam bidang yang secara tradisional didominasi oleh pria. Terkenal, Margaret Thatcher memiliki pelatihan suara khusus untuk memperdalam nada suaranya selama kampanye Perdana Menteri pada tahun 1979, karena dia menemukan bahwa dia tidak dianggap serius seperti orang-orang sezamannya. Dia memenangkan pemilihan ini dan dua lainnya yang mengikuti. Sementara itu, ada spekulasi bahwa Perdana Menteri wanita kedua Inggris, Theresa May, juga mempengaruhi suaranya ketika berbicara dengan orang-orang sezamannya.

Suara yang dalam membantu menegaskan dominasi dan kekuatan proyek

Suara yang dalam membantu menegaskan dominasi dan kekuatan proyek, dan seperti turtleneck hitam Steve Jobs-esque Elizabeth, cara dia berbicara membantu memperkuat derai yang dia gembor-gemborkan. Perusahaannya yang bernilai $6,5 miliar, Theranos, berjanji untuk mendeteksi kondisi medis yang mengancam jiwa seperti kanker dan diabetes dengan beberapa tetes darah – tidak perlu menggunakan jarum besar. Namun dalam beberapa tahun, dia terungkap sebagai palsu: teknologi yang dia jual tidak berfungsi, dan dia dihukum tahun lalu oleh juri atas empat tuduhan penipuan.

“Kami masih beroperasi di dunia laki-laki, terutama dalam hal pekerjaan, di mana laki-laki, yang memiliki suara lebih dalam, memiliki lebih banyak gravitas,” kata Alivia Rose, seorang psikoterapis dan juru bicara Dewan Psikoterapi Inggris. “Jadi, secara sadar atau tidak, wanita merendahkan suara mereka agar sesuai dengan mereka – untuk dilihat memiliki gravitas dan kecerdasan.” Alivia mencatat bahwa wanita memiliki sejarah panjang dalam kebutuhan untuk mengontrol cara mereka berbicara, karena takut dianggap "terlalu emosional", karena Sigmund Freud menyebut wanita yang meninggikan suara dan berbicara dengan nada tinggi sebagai "histeris". "Ini benar-benar mendarah daging dalam jiwa gender," katanya. “Jika wanita menjaga suara mereka dipantau, rendah, diartikulasikan dengan hati-hati, Anda dianggap tahu apa yang Anda bicarakan. Segera setelah Anda meninggikan suara, Anda kehilangan penonton Anda.”

Elizabeth Holmes berbicara di atas panggung di Clinton Global Initiative pada tahun 2015
Elizabeth Holmes berbicara di atas panggung di Clinton Global Initiative pada tahun 2015

Memang, penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang berbicara dengan suara yang lebih dalam biasanya dianggap lebih serius. Pada tahun 2019, tim psikolog internasional, yang dipimpin oleh Piotr Sorokowski dan Kasia Pisanski, menganalisis ucapan pria dan wanita ketika menjawab dua pertanyaan: pertanyaan yang menanyakan arah dan yang lainnya untuk saran karier. Ketika menjawab pertanyaan yang terakhir, sebuah pertanyaan yang membutuhkan pengetahuan khusus, mereka menemukan bahwa baik pria maupun wanita berbicara dengan suara yang lebih dalam daripada saat menjawab pertanyaan pertama – tetapi, wanita menurunkan nada suara mereka ke tingkat yang lebih tinggi daripada pria untuk menegaskan mereka. keahlian. "Suara bernada rendah adalah sinyal testosteron, dan testosteron adalah sinyal dominasi," ungkap Kasia. “Bagi wanita, ada lebih banyak alasan untuk memodulasi suara. Mengingat budaya kita dan dorongan untuk hak-hak feminis, wanita berbicara dengan nada rendah untuk menggunakan fitur-fitur maskulin yang tampaknya memberi manfaat dalam masyarakat kita – terdengar seperti pemimpin, terdengar lebih kompeten,” ujarnya.

Secara tidak sadar, sebagian besar waktu kita semua mengambil sifat untuk menyesuaikan diri dan bertahan hidup

Sementara banyak yang mengkritik cara Elizabeth berbicara sebagai kepalsuan lain dalam skema Theranos-nya - beberapa bahkan mengatakan itu adalah bukti bahwa dia adalah seorang psikopat - Amanda Seyfried, yang memerankannya, tidak ada di antara mereka. "Jika kamu mencoba dianggap serius oleh semua orang kuat ini, apa lagi yang kamu lakukan?" Amanda mengatakan dalam sebuah wawancara dengan The Hollywood Reporter awal bulan ini. “Kita semua mengambil sifat, secara tidak sadar sebagian besar waktu, untuk menyesuaikan diri dan bertahan hidup.” Elizabeth sendiri telah menyangkal bahwa dia secara sadar mengubah suaranya dengan cara apa pun, tetapi Kasia mencatat bahwa secara mekanis, satu-satunya cara Anda dapat secara permanen menurunkan suara Anda ke tingkat seperti itu adalah dengan mengambil suntikan testosteron. “Namun, secara perilaku, saya pikir itu bisa menjadi semakin menjadi kebiasaan,” catatnya.

Courtesy of BAZAAR UK
Courtesy of BAZAAR UK

Di sisi lain spektrum, Paris Hilton mengungkapkan dalam film dokumenternya yang menceritakan semua tahun 2020 Ini adalah Paris bahwa dia telah dengan sengaja berbicara dengan nada yang lebih tinggi pada suara alaminya sepanjang kariernya. Dia menjelaskan bahwa timbre seperti bayi yang telah digunakan selama beberapa dekade telah menjadi cara baginya untuk menyembunyikan dirinya yang sebenarnya dari publik. "Selama ini, saya telah memainkan karakter, jadi dunia tidak pernah benar-benar tahu siapa saya," katanya. “Saya yang sebenarnya adalah seseorang yang sebenarnya brilian. Aku bukan seseorang berambut pirang yang bodoh, aku hanya pandai berpura-pura menjadi pirang.” Dan pendekatan Paris didukung oleh ilmu pengetahuan yang keras: para peneliti di American Scientist telah menemukan bahwa suara wanita yang lebih tinggi dikaitkan dengan daya tarik fisik. “Dari sudut pandang evolusi, nada tinggi menandakan masa muda,” jelas Kasia. “Masa muda adalah sinyal kesuburan, jadi jika Anda ingin memproyeksikan diri Anda sebagai wanita yang menarik, nada tinggi adalah cara untuk melakukannya.” Alivia menambahkan, “Semakin tinggi suara Anda, semakin rentan Anda dianggap, seperti seorang gadis kecil. Itu kembali ke apa yang bisa dijual kepada pria.”

Anda pasti bertanya-tanya, jika Elizabeth Holmes atau Paris Hilton adalah laki-laki, apakah kami akan mengomentari suara mereka? Dan apakah mereka pernah merasa perlu untuk mengubah cara alami mereka berbicara? Pada akhirnya, kita hanya bisa berharap bahwa suatu saat akan tiba ketika orang-orang akan mendengarkan suara wanita dengan penerimaan yang sama seperti yang mereka lakukan pada pria – dan fokus pada apa yang mereka katakan daripada bagaimana mereka mengatakannya.

Baca juga:
Menelusuri Gaya Fashion Unik di Film Yuni, Sekaligus Mengetahui Makna Ceritanya

Rilisan Film Terbaik di Tahun 2022 Sejauh ini..


Penulis: Brooke Theis; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Aleyda Hakim; Foto: Courtesy of BAZAAR UK