Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Berkenalan dengan Elizabeth Holmes, Sosok Besar Di Balik Skandal Penipuan Theranos

Semua yang perlu Anda ketahui tentang skandal Theranos...

Berkenalan dengan Elizabeth Holmes, Sosok Besar Di Balik Skandal Penipuan Theranos

Elizabeth Holmes pernah menjadi miliarder yang tampak selalu mengenakan busana dengan detail kerah polo hitam seperti Steve Jobs. Pendiri perempuan dikatakan sebagai masa depan Silicon Valley dengan ide revolusionernya, Theranos, berjanji untuk mengubah industri obat selamanya, untuk benar-benar menyelamatkan nyawa. Sekarang, ia adalah sosok misterius yang memimpin salah satu kontra terbesar dalam sejarah, wanita di pusat cerita yang begitu sulit dipercaya sehingga sulit untuk percaya itu benar-benar terjadi.

Saat ia dinyatakan bersalah atas empat tuduhan penipuan federal minggu ini, dan menghadapi kemungkinan puluhan tahun mendekam di penjara, kita melihat kembali siapa sebenarnya Elizabeth Holmes, dan apa yang salah dengan keajaiban medisnya yang dulu dipuja-puja yaitu Theranos...

Siapa Elizabeth Holmes?

Setelah dipuji sebagai miliarder perempuan termuda, Elizabeth menghiasi sampul majalah yang tak terhitung jumlahnya, berbicara di KTT global, kagum dengan para pemimpin dunia, dan berjanji untuk secara radikal mengubah dunia menjadi lebih baik. Sekarang? Ia adalah penjahat yang dihukum. Jadi, apa yang sebenarnya terjadi?

Elizabeth lahir di Washington DC pada tahun 1984, dari keluarga pengusaha yang sukses. Kakek buyutnya telah mendirikan merek asal Amerika yang sangat menguntungkan yaitu Fleischmann's Yeast. Ayahnya (yang ironisnya) adalah wakil presiden Enron, perusahaan energi Amerika yang dihukum karena penipuan akuntansi massal di tahun 2001.

Merupakan seorang siswa yang luar biasa dan cerdas, ia belajar teknik kimia di Stanford, tetapi keluar, seperti banyak keajaiban yang terjadi Silicon Valley yang sukses sebelum ia akhirnya menemukan sebuah ide. Ia mendaftarkan paten pertamanya pada tahun 2003 dan meninggalkan Stanford pada tahun 2004. Rencananya? Untuk memulai perusahaan medis yang akan mencegah penyakit utama melalui deteksi dini. Dan itu kemudian dikenal sebagai Theranos, yang akan menjadi pencapaian terbesarnya dan juga kehancurannya.

Pada Desember 2004, Theranos telah mengumpulkan 6 juta dollar. Pada puncaknya, itu dinilai sebagai perusahaan 9 miliar dollar. Itu disebut sebagai "the Apple of healthcare" dan Elizabeth, yang dengan sengaja mencontoh Steve Jobs, segera melambungkan ketenaran secara instan. Ia tidak hanya sosok langka sebagai pendiri wanita di Silicon Valley, perusahaannya ia memiliki tujuan untuk menyelamatkan nyawa. Dapat dikatakan ia adalah mesias dengan kerah baju polo.

Elizabeth di atas panggung saat berada di
Clinton Global Initiative pada tahun 2015.

Apa itu Theranos?

Idenya adalah (yang sebenarnya berkedok menipu, ternyata) serderhana. Elizabeth ingin membuat ulang laboratorium darah di dalam kotak. Alih-alih pergi ke dokter untuk mendapatkan tes dan menunggu berhari-hari untuk hasilnya, Anda cukup menusuk jari Anda dan memasukkan sampel darah ke dalam salah satu kotak bernama 'Edison' jenius Theranos, yang dijanjikan perusahaan, suatu hari, akan berada di "setiap rumah di Amerika". Anda bahkan tidak perlu melihat jarum suntik, apalagi seorang profesional medis. Konsep menghilangkan rasa takut, rewel, dan masa tunggu yang lama dari pengobatan menjanjikan untuk mendeteksi penyakit lebih cepat.

Seperti yang dikatakan Elizabeth sendiri, mimpinya adalah tidak ada yang harus mengucapkan selamat tinggal terlalu cepat kepada orang yang mereka cintai. Bagaimana pun, perusahaan itu terinspirasi oleh kematian pamannya yang tragis - dan dalam benaknya sebetulnya dapat dicegah. Theranos akan mengubah semua itu dan, seperti yang ia katakan; "Apa tujuan yang lebih tinggi di sana?" Tapi di situlah letak kesalahannya. Untuk Theranos menjanjikan keajaiban medis, dan semua orang - dari pasien dan presiden hingga investor jutaan dolar - ingin percaya pada keajaiban.

Elizabeth saat tiba di sidang dengar yang berlangsung di tahun 2019.
Elizabeth saat tiba di sidang dengar yang berlangsung di tahun 2019.

Apa yang salah?

Meskipun perusahaan mulai runtuh di tahun 2015, akar kegagalannya sebenarnya sudah ada sejak masa Elizabeth di Stanford. Ketika ia mempresentasikan idenya kepada Phyllis Gardener, seorang ahli farmakologi klinis dan profesor kedokteran yang sangat terkenal di Stanford, ia diberitahu bahwa idenya "tidak mungkin secara fisik", sebuah kesimpulan yang dibagikan oleh profesor medis lainnya yang tak terhitung jumlahnya. Meskipun demikian, Elizabeth tidak gentar.

Sisi cerita yang paling sulit dipercaya adalah, tentu saja, Theranos dibiarkan begitu lama dan, yang parahnya, menghasilkan begitu banyak uang, semuanya berdasarkan sains yang - sejak awal kemunculannya - terbukti mustahil. Ia lolos begitu saja karena, selama pertumbuhan perusahaan, Elizabeth juga menolak untuk mengungkapkan bagaimana merek ajaibnya bekerja, mengklaim bahwa informasi itu adalah hak milik dan bahwa ia tidak akan memberikan rahasia dagang kepada merek saingan. Investor - dari miliarder individu hingga merek AS seperti Walgreens dan institusi medis seperti Klinik Cleveland - karenanya menyuntikkan uang ke Theranos, atau bermitra dengannya, semuanya berdasarkan keyakinan. Keyakinan itu sebagian besar ada pada Elizabeth sendiri.

"Ia dijuluki sebagai mesias dengan kerah baju polo ... sampai akhrinya tidak."

Mengenai keyakinannya sendiri, Elizabeth adalah pendukung setia pepatah Silicon Valley yang terkenal berbunyi; 'bergerak cepat dan hancurkan barang-barang.' Ia memandang setiap penentang ilmiah hanya sebagai "gundukan" di jalan. Ia berkata, di siaran langsung TV pada tahun 2015, ketika keraguan pertama mulai muncul tentang Theranos: "Inilah yang terjadi ketika Anda bekerja untuk mengubah banyak hal. Pertama mereka mengira Anda gila. Kemudian mereka melawan Anda. Dan kemudian, semuanya tiba-tiba berkata kamu mengubah dunia.”

Tetapi pada tahun 2015, para penentang itu benar-benar termasuk pelapor dari dalam Theranos, yang bersedia bersaksi bahwa mesin Edison tidak berfungsi, tidak pernah berfungsi, dan oleh karena itu perusahaan menipu investor miliaran dolar. Tahun berikutnya, Pusat Layanan Medicare dan Medicaid di AS, menyelidiki Theranos dan memasang larangan dua tahun terhadap Elizabeth untuk bekerja, memiliki, atau mengoperasikan layanan tes darah. Pada 2017, gugatan hukum dimulai. Pada 2018, Theranos akhirnya dibekukan dan Elizabeth secara resmi didakwa dengan 11 tuduhan penipuan. Persidangannya dimulai pada Agustus 2021, setelah tertunda karena Covid dan kehamilan Elizabeth dengan anak pertamanya. Minggu ini, ia dinyatakan bersalah atas empat tuduhan ini.

Potret Elizabeth yang tiba di persidangan pada September 2021.
Potret Elizabeth yang tiba di persidangan pada September 2021.

Apa yang terjadi sekarang?

Tim pembela Elizabeth telah menyatakan bahwa mereka akan mengajukan banding atas keputusan tersebut, mengklaim - seperti yang telah mereka lakukan selama ini - bahwa kejahatannya adalah kegagalan, bukan penipuan yang disengaja. “Berusaha sekuat tenaga dan gagal bukanlah kejahatan,” salah satu pengacara pembelanya, Lance Wade, menyatakan.

Lama waktu penjara yang mungkin harus ia hadapi belum terungkap. Sementara itu, Elizabeth tetap menjadi sosok yang sangat menarik, subjek dari banyak buku dan dokumenter dan kisahnya akan diangkat sebagai seri produksi Hulu yang akan datang, yang dibintangi Amanda Seyfried sebagai Elizabeth, dan sebuah film studio persembahan Apple, dengan Jennifer Lawrence sebagai peran utama.

Amanda Seyfried yang akan berperan sebagai Elizabeth Holmes dalam serial produksi Hulu berjudul the Dropout,
Amanda Seyfried yang akan berperan sebagai Elizabeth Holmes dalam serial produksi Hulu berjudul the Dropout.

(Penulis: Marie-Claire Chappet; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)