Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apakah Maskara Cokelat Kembali Untuk Selamanya?

Tren tahun '90-an telah kembali berkat TikTok.

Apakah Maskara Cokelat Kembali Untuk Selamanya?
Bella Hadid

Hampir seluruh tren kecantikan tahun '90-an kembali bangkit karena TikTok, tetapi apa tren terbaru yang kembali meramaikan TikTok? Jawabannya adalah maskara cokelat. Ya, dengan tagar #brownmascara yang sekarang sudah mencapai lebih dari 26 juta penayang, dapat dikatakan bahwa bulu mata berwarna cokelat kembali populer dengan serangkaian produk baru yang diluncurkan untuk semakin mendorong tren tersebut.

BACA JUGA: 12 Maskara Waterproof Terbaik Buatan Indonesia

Ketika Charlotte Tilbury meluncurkan warna cokelat berry baru seri Pillow Talk Push Up Lashes Mascara akhir tahun lalu, bernama Dream Pop, itu segera menjadi produk yang viral. Klip pengguna TikTok @minazibayi mencoba, mengaplikasnnya cukup tebal, dan memadukannya dengan lip gloss yang serasi, telah dilihat lebih dari 3,7 juta kali, menghasilkan lebih dari 2.000 komentar.

Sementara itu, pengguna @daralevitan, yang menggunakannya untuk memadukan riasan smoky eye cokelat berhasil di sukai lebih dari 51.000, ia juga berkata dengan antusias. “Tanpa menjadi dramatis, apakah ini hal terbaik yang pernah saya lakukan dalam hidup saya? Oke, sekarang aktif memilih untuk menjadi dramatis, haruskah saya membuang semua maskara hitam saya?

Bukan hanya Charlotte Tilbury yang membuat Anda dapat melupakan warna hitam, Too Faced telah meluncurkan versi cokelat dari seri maskara Better Than Sex terlarisnya, sementara maskara Mixed Emotions edisi terbatas dari Byredo memberi bulu mata lapisan dalam berwarna cokelat burgundy. Ketika Glossier meluncurkan versi cokelat dari maskara Lash Slick yang sangat disukai pada bulan Desember, itu adalah tanggapan atas permintaan pelanggan, sebenarnya video reel di Instagram adalah kompilasi tangkapan layar dari pesan memohon pelanggan, disertai dengan tulisan “Anda bertanya, kami berikan”.

Berikut beberapa  maskara cokelat rekomendasi Baazar:

Tren maskara cokelat
Pillow Talk Push Up Lashes Mascara in Dream Pop

Terdapat di charlottetilbury.com

Tren maskara cokelat
Better Than Sex Mascara in Chocolate

Terdapat di lookfantastic.com

Tren maskara cokelat
Lash Slick in Brown

Terdapat di glossier.com

Tren maskara cokelat
Mascara - Mixed Emotions

Terdapat di Harrods

Kembali populernya maskara cokelat merupakan kabar baik bagi mereka yang berambut pirang, merah atau abu-abu, dengan warna cokelat akan terlihat lebih lembut dan menawarkan kecocokan yang lebih dekat dengan warna bulu mata asli mereka, warna hitam dapat terlihat tidak alami dan terlalu berani.

“Saya paling sering menggunakan maskara cokelat pada kulit yang paling pucat, ketika saya ingin mempertegas bulu mata tanpa terlalu mencolok kalau menggunakan warna hitam atau ketika saya telah melakukan riasan mata yang sangat lembut dan halus, yang kelembutannya akan dikalahkan dengan warna maskara hitam”kata Alex Babsky, seorang penata rias untuk selebriti seperti Florence Pugh, Lashana Lynch, Jodie Comer, dan Olivia Cooke

Bagi mereka yang memiliki bulu mata alami berwarna gelap, maskara cokelat menjadi salah satu eksperimen yang menyenangkan atau untuk memadukannya dengan riasan smoky berwarna cokelat, tetapi tidak akan memberikan tampilan “no makeu-up, make-up” yang sama seperti tampilan tahun sembilan puluhan. “Saya tidak akan mempertimbangkan untuk menggunakan maskara cokelat pada seseorang yang bulu matanya hitam,” tambah Alex.

Sebagai pedoman umum, jika Anda cenderung memilih warna yang lebih lembut untuk alis Anda, maskara cokelat patut dicoba. Formula Byredo dan Charlotte Tilbury lebih cocok untuk menghangatkan kulit berkat warna dominan yang ditonjolkan adalah berry, sementara Glossier dan Too Faced menawarkan rona yang lebih bersahaja. Anda juga dapat mencoba trik pintar Alex untuk memanjangkan mata Anda dengan maskara cokelat, sesuatu yang juga pernah dibicarakan oleh Kylie Jenner.

“Saya sering mendapatkan bila menambahkan maskara ke bulu mata atas dan bawah dapat 'membulatkan’ mata, kemudian saya coba membuatnya lebih sedikit panjang agar dapat terlihat seperti mata kucing. Dalam hal ini, saya terkadang menyeimbangkan hal-hal dengan hanya mengoleskan maskara hitam ke bulu mata bagian atas dan menjaga bulu mata bagian bawah lebih lembut dengan menggunakan cokelat atau membiarkan bulu mata bagian bawah tidak digunakan maskara sama sekali” katanya. Bazaar memiliki beberapa pilihan untuk rias mata berwarna cokelat untuk Anda, sebagai berikut: 

Tren maskara cokelat
Eyelash Mascara Waterproof in Nuance Brown

Terdapat di Cult Beauty

Tren maskara cokelat
Eyelash Mascara Waterproof in Nuance Bordeaux

Terdapat di Cult Beauty

Tren maskara cokelat
Signature Color Eyes eyeshadow palette in Irohaatsume

Terdapat di Selfridges

Tren maskara cokelat
Signature Color Eyes eyeshadow palette in Kaorikaze

Tersedia di Selfridges

Jika Anda benar-benar menyukai warna cokelat apa pun warna kulit Anda, lihat koleksi riasan musim semi/musim panas 2023 milik Suqqu, yang menampilkan bukan hanya satu tetapi dua warna cokelat baru dari seri Eyelash Mascara Waterproof, yaitu Nuance Brown dan Nuance Bordeaux. Diformulakan untuk meningkatkan warna alami bulu mata Anda dengan warna yang terang dan lembut, dapat terlihat seperti sinar matahari di musim semi. Coraknya dibuat sesuai dengan palet Signature Color Eyes edisi terbatas dari koleksi yang sama, yang memadukan sebuah warna cokelat, dengan warna cokelat muda, kelabu tua, emas, perunggu, dan almond di samping warna merah jambu dan hijau pastel.

Satu hal yang pasti, warna cokelat kembali dan sepertinya tidak akan cepat lekang oleh waktu. 

BACA JUGA:

Rahasia Agar Lipstik Gelap Terlihat Cocok Di Bibir Anda

7 Cara Memakai Maskara yang Benar dan Efektif

(Penulis: Lisa Niven-Phillips; Artikel ini disadur dari: Bazaar UK; Alih bahasa: Farah Armelia Khadijah; Foto: Courtesy of Bazaar UK)