Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

15 Gaya Rambut dari Tahun 1970-an Paling Ikonis yang Bahkan Masih Tren Hingga Sekarang

Mulai dari Farrah hingga Diana.

15 Gaya Rambut dari Tahun 1970-an Paling Ikonis yang Bahkan Masih Tren Hingga Sekarang

Jika ada satu dekade yang mewakili kesenangan dan kebebasan dalam hal bergaya, itu tentu merupakan tahun 1970-an. Tidak hanya ikon mode tahun '70-an (yang bahkan masih relevan hingga hari ini), tetapi ada juga revolusi kecantikan. Berkat hak-hak sipil dan gerakan perempuan, kebebasan tersebut juga memengaruhi bagaimana cara orang berpakaian dan menata rambut mereka. Faktanya, beberapa gaya rambut paling ikonis sepanjang masa lahir dari rentang dekade ini, Bazaar pun juga berterima kasih kepada para wanita ini karena telah melahirkan tampilan-tampilan yang masih dicintai sampai detik ini.

Baca juga: Cara Menata Menciptakan Volume Untuk Gaya Rambut Parisian Blow-Dry

1. Farrah Fawcett’s Feathered Hair

Gaya rambut bintang Charlie's Angels yang satu ini merupakan sensasi yang menentukan dekade ini, dan gaya itu kembali beberapa kali setelah pertama kali dipopulerkan dan paling baru pada tahun 2021, berkat TikTok.

2. Diana Ross’s … Everything

Ketika berbicara tentang ikon rambut, hanya sedikit yang bisa disejajarkan dengan Diana Ross. Penyanyi ini memang terus dikenal karena gaya rambutnya, mulai dari bob yang sleek hingga Afros yang bervolume.

3. Jerry Hall’s Deep Side Part

Sang supermodel merupakan representasi sempurna dari arti glamor yang santai dengan rambut pirang panjangnya.

4. Goldie Hawn’s Curtain Bangs

Tren gaya rambut Goldie Hawn dimulai pada tahun '60-an dan terus berlanjut dengan gaya curtain bangs panjangnya yang masih menjadi referensi ketika ke salon hingga hari ini.

5. Grace Jones’s Crop

Tatanan rambut flattop yang dipelopori oleh Grace Jones pada tahun '80-an dipastikan selamanya akan ada di Hair Hall of Fame.

6. Jane Birkin’s Blunt Bangs

Jane Birkin sering disebut-sebut sebagai ikon mode, bagaimana tidak, namanya digunakan sebagai salah satu koleksi tas Hermès. Tetapi di luar dari itu, potongan rambut yang tak perlu terlalu banyak perawatan juga tak terlupakan.

7. Cher’s Long, Straight Strands

Beberapa gaya rambut penyanyi yang paling berkesan hadir selama dekade ini, termasuk gaya ekstra panjang dan lurus yang kita kenal sekarang sebagai "Cher hair".

8. Donna Summer’s Curls

Ratu Disko memang memiliki rambut ikal alami yang layak menyandang gelar tersebut.

9. Bianca Jagger’s Retro Waves

Keindahan mahkota rambut dari wanita berdarah Nikaragua (dan muse Halston) mengantarnya menjadi wajah utama dari nuansa Old Hollywood.

10. Pam Grier’s Afro

Bintang film Foxy Brown memamerkan gaya model Afro-nya yang akhirnya berhasil menginspirasi banyak wanita kulit hitam lainnya untuk melakukan hal yang sama.

11. Maureen McCormick’s Middle Part

Anda mungkin mengenalnya sebagai Marcia Brady, yang memiliki rambut emas (seperti ibunya) yang menyimpan kecemburuan pada saudara perempuannya di layar kaca, namun ia juga sosok yang sama yang telah membantu memperkuat status ikon remaja sang aktris di kehidupan nyata.

12. Debbie Harry’s Bottle Blonde

Vokalis grup musik Blondie itu tetap setia pada nama band-nya dengan gaya rambut  berwarna platinum yang identik dengan gaya New Wave.

13. Jackie Kennedy Onassis’s Flip

Menikah dengan Aristoteles Onassis dari tahun 1968 hingga 1975, walaupun Mantan Ibu Negara Amerika Serikat mengubah namanya menjadi "Jackie O", tetapi ia tetap setia pada potongan rambut, blowout khasnya.

14. Stevie Nicks’s Hippie Waves

Rambut panjang dengan perawatan yang minim telah menjadi syarat utama bagi penampilan penyanyi Fleetwood Mac sejak awal, seperti yang terlihat pada foto yang diambil pada  tahun 1977 ini.

15. Meryl Streep’s Long Haircut

Dunia maya menyukai foto-foto lawas dari Meryl Streep tepatnya dengan gaya rambut pirangnya yang panjang dan santai.

Baca juga:

12 Ide Menata Poni Rambut Ala Selebriti yang Dapat Anda Tiru!

Inspirasi Model Rambut yang Cocok untuk Wajah Bulat

(Penulis: Lindy Segal; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)