Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Inspirasi Model Rambut yang Cocok untuk Wajah Bulat

Embrace your insecurities!

Inspirasi Model Rambut yang Cocok untuk Wajah Bulat
Layout by Sophie El Fasya

Kita semua di dunia ini tidak dilahirkan dengan fitur atau bentuk tubuh yang sempurna, semua orang berbeda, unik, dan miliki ciri khasnya masing-masing, termasuk juga bentuk wajah. Seperti yang banyak dari Anda ketahui wajah memiliki berbagai bentuk, beberapanya seperti persegi, oval, segitiga terbalik, lonjong, hati, dan bulat. Tidak sedikit orang yang berasumsi bahwa wajah bulat berati gemuk, padahal yang miliki tubuh normal juga bisa saja miliki wajah bulat.

Dan karena asumsi tersebut, para pemilik wajah bulat menjadi tidak percaya diri akan dirinya sendiri. Namun, jangan khawatir, karena semua ada solusinya! Salah satu cara instan adalah dengan mengganti model rambut Anda, lebih banyaknya bermain di area poni karena bagian itulah yang sangat membantu untuk merubah bentuk wajah Anda. Simak beberapa model rambut di bawah ini, yang cocok untuk Anda yang miliki wajah bulat!

1. Blunter Bangs

Courtesy of Bazaar US
Courtesy of Bazaar US

Poni rata klasik tentu dapat membantu Anda yang miliki wajah bulat, menutupi hampir seperempat wajah, tidak mungkin blunter bangs tidak dapat membantu. Tak hanya itu, model ini juga cocok bagi Anda yang bosan dan ingin merubah total tampilan.

2. Middle Part

Courtesy of Instagram @ katebosworth
Courtesy of Instagram @ katebosworth

Berbeda dengan yang sebelumnya, Anda hanya perlu merubah belahan rambut menjadi belah tengah. Semua potongan dan panjang rambut akan sesuai dengan sendirinya tanpa harus berusaha lebih.

3. Side Bangs

Courtesy of Cosmopolitan UK
Courtesy of Cosmopolitan UK

Sebelah kiri atau kanan tidak akan menjadi masalah, Anda hanya perlu pastikan bahwa Anda menyukai dan percaya diri mengenakannya. Ini lebih mudah juga untuk Anda styling, jika dibandingkan dengan poni rata yang kaku.

4. Framing Braids

Courtesy of Instagram @addisonraee
Courtesy of Instagram @addisonraee

Seluruh dunia kecantikan dan fashion akan menggunakannya, pastikan Anda tidak terlewat dengan tren ini, sekaligus model rambut yang mempercantik wajah bulat Anda. Karena sampai merek ternama Altuzarra saja memakai model rambut ini untuk presentasi koleksi Semi/Panas 2022-nya. 

5. Loose Strands 

Courtesy of Marie Claire
Courtesy of Marie Claire

Mirip dengan yang sebelumnya, tetapi sedikit lebih mudah, praktis, dan alami. Anda bisa menatanya sendiri kapan saja, bahkan setelah sesi rambut dengan hair stylist Anda telah selesai. 

6. Choppy Bangs 

Courtesy of Instagram @debbyryan
Courtesy of Instagram @debbyryan

Membutuhkan lebih banyak keberanian untuk merubah tampilan choppy bangs, karena sebagian orang melihatnya aneh dan tidak rapih. Namun, sekarang sudah banyak sekali yang memakainya sebagai gaya baru dan unik.

7. Loose Out Waves 

Courtesy of TODAY
Courtesy of TODAY

Menata rambut Anda menjadi keriting dengan curler tidak semudah yang Anda bayangkan, semua yang dilakukan harus sesuai dengan teknik dan arah. Jika tidak, wajah Anda akan tampak semakin bulat. Ikuti tips ini, selalu ingat untuk mengarahkannya ke luar dan menahannya tidak terlalu lama untuk hasil yang alami. Pastikan Anda menjepit rambut dari ujung dalam alat dan menggulungnya ke ujung sebrangnya.

8. Curtain Bangs

Courtesy of Pop Sugar UK
Courtesy of Pop Sugar UK

Model ini bisa menjadi solusi poni rata Anda yang telah tubuh panjang atau memang menjadi pilihan sebagai model rambut baru Anda. Semua bagian wajah Anda akan masih terlihat dan tersirkulasi, termasuk dahi, jadi jangan takut muncul jerawat untuk tampil berbeda.

9. Texture Piece 

Courtesy of Instagram @chrissyteigen
Courtesy of Instagram @chrissyteigen

Bagi Anda yang menyukai tampilan edgy, pilihlah model texture piece. Konsep yang sama dengan loose out waves, tetapi antar bagian rambut dibuat menjadi lebih nyata dan individual, sehingga dari situ menghasilkan tekstur rambut yang keren. 

10. Volume Layers

Courtesy of TODAY
Courtesy of TODAY

Terkadang kata volume bisa menakutkan jika terlalu berlebihan. Tetapi yang dibicarakan di sini adalah volume yang sesuai dengan potongan rambut, bukan volume sanggulan acara nikahan. Anda bisa memberi volume dengan menggunakan produk khusus, alat keriting rambut, ataupun dengan sedikit menyasaknya. Ingat hanya sedikit! Tak hanya volume, namun layer juga penting. Dengan potongan layer, rambut Anda akan tampak indah (seperti air mancur), begitu juga dengan tampak wajah Anda yang akan berubah menjadi tirus.

11. Wispy Korean Bangs 

Courtesy of Instagram @jennierubyjane
Courtesy of Instagram @jennierubyjane

Apakah Anda sadar bahwa semua yang berhubungan dengan Korea akan menjadi tren? Anyways, wispy bangs yang sangat terkenal di Korea ini menjadi salah satu model yang cocok untuk wajah bulat juga lho! Membuat ilusi dengan poni tipis yang pastinya tidak sulit untuk ditata, hanya perlu rol rambut dan Anda siap untuk menjalani hari.

(Penulis: Gracia Sharon, Layout: Sophie El Fasya, Foto: Courtesy of Bazaar US, Cosmopolitan UK, Pop Sugar UK, Marie Claire, TODAY, Instagram @addisonraee, @debbyryan, @katebosworth, @chrissyteigen, @jennierubyjane)