Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ingin Hubungan Percintaan Anda bertahan Lama? Ikuti 5 Tips Berikut Ini!

Mempertahankan hubungan agar tetap berjalan lancar bukanlah hal mudah. Terdapat beberapa hal yang perlu Anda dan pasangan lakukan agar hubungan dapat terjalin secara baik.

Memang menjadi hal yang sangat membahagiakan ketika Anda baru menjalin sebuah hubungan, honeymoon phase istilahnya. Pada fase itu, Anda seakan sedang dimabuk cinta, merasa sangat senang karena memiliki sosok yang dicintai dan mencintai Anda. Namun, perlu diingat bahwa fase tersebut tidak bisa bertahan selamanya. Terdapat tugas berat yang menanti setelah melewati fase itu, yaitu bagaimana Anda mempertahankan hubungan dengan pasangan. 
 
Zola Yoana, seorang dating expert, membahas perihal tersebut saat berbincang bersama Harper’s Bazaar Indonesia di Bazaar Instagram Live. Menurutnya, mempertahankan sebuah hubungan bukanlah hal mudah. Karena, dalam memelihara sebuah hubungan, tidak ada yang namanya titik akhir. 
 
“Mempertahankan hubungan bukanlah hal mudah dan dilakukan seumur hidup. Proses mengenal satu sama lain bukan hanya proses di waktu pacaran atau sebelum masuk ke hubungan serius. Kalau memang terus bersama, proses itu (berlangsung) sampai maut memisahkan ibaratnya,” jelas pendiri Heart Inc ini.
 
Hal tersebut dapat terjadi karena manusia akan terus berkembang. Perkembangan tersebut tentunya dapat memengaruhi sifat dan sikap sehingga sosok yang kita temui pada hari ini dapat memiliki sifat atau sikap yang berbeda dalam beberapa tahun ke depan. Luputnya pemahaman akan situasi tersebut cenderung membuat Anda lupa untuk mempertahankan dan memelihara hubungan yang dimiliki. 
 
Berdasarkan paparan di atas, rasanya penting bagi Anda untuk mengetahui cara mempertahankan dan memelihara hubungan agar dapat bertahan lama. Berikut kami rangkum tipsnya untuk Anda. 
 
1. Hargai momen spesial
 
Terkadang, ketika Anda sudah terlalu lama berada di sebuah hubungan, Anda cenderung melupakan momen-momen spesial yang pernah Anda rasakan dan lakukan bersama pasangan. Dengan kembali mengingat dan menghargai momen-momen tersebut, Anda akan merasa bahagia, seperti mengulang kembali kejadian tersebut. 
 
“Dalam satu atau dua tahun, akan lupa tentang momen-momen spesial, seperti anniversary, momen pertama kali bertemu, atau saat menyatakan cinta misalnya. Hal-hal tersebut perlu dihargai, yaitu momen-momen yang beda dari hari-hari biasanya,” ungkap Zola. 
 
Anda dapat menghargai momen tersebut dengan berbagai cara, seperti ajak pasangan makan malam, berkencan, atau hal-hal lainnya. Dengan mengingat dan menghargainya, Anda akan teringat kembali pada masa-masa awal Anda berhubungan dengan pasangan dan hal tersebut dapat memunculkan spark cinta yang mungkin sempat hilang. 
 
2. Let's have a special date!
 
Siapa bilang berkencan hanya untuk mereka yang masih pacaran, pasangan menikah pun bisa dan perlu berkencan. Namun, nyatanya, banyak pasangan yang tidak melakukannya karena dianggap tidak penting. Padahal, aktivitas tersebut mampu membantu memelihara jalinan hubungan Anda. Karena, dengan berkencan, Anda memiliki waktu khusus untuk  mengenal pasangan secara lebih dalam, sembari dikelilingi oleh nuansa romantis. 
 
Namun, perlu dicatat bahwa kencan ini harus dijadikan sebagai momen spesial, bukan hanya momen makan bersama di luar. Dengan melabelinya spesial, suasana yang tercipta pun akan menjadi berharga. 
 
“Soalnya feeling yang keluar adalah ‘Berarti gue harus dandan, gue harus ada usahanya, gue harus terlihat bagus’, padahal sih mungkin perginya sama aja hanya makan malam” ujar wanita yang juga berprofesi sebagai matchmaker ini. 
 
3. Kedua belah pihak harus terlibat
 
Poin yang satu ini perlu diberi perhatian besar karena memegang peranan penting dalam keberlanjutan sebuah hubungan. Agar hubungan dapat bertahan lama, tidak bisa jika hanya satu belah pihak yang berusaha. Keduanya harus sama-sama terlibat sehingga hubungan akan terasa seimbang dan bekerja secara maksimal. Kedanya harus terlibat dalam hal apapun, baik itu yang membahagiakan maupun menyulitkan. Dengan begitu, kasih sayang antara satu sama lain akan menjadi lebih kuat. 
 
4. Kenali love language

Pemahaman akan love language pasangan dan diri Anda sendiri adalah salah satu hal yang perlu dimiliki jika ingin hubungan bertahan lama. Love language sendiri adalah cara yang mendapatkan cinta yang disukai atau sesuai dengan kepribadian seseorang. Istilah atau konsep tersebut biasanya dikategorikan menjadi lima, yaitu: Words of affirmation (memberikan kata-kata yang mendukung), Acts of service (memberikan pelayanan atau bantuan), Receiving gifts (memberikan hadiah), Quality time (menyediakan waktu yang berkualitas), dan Physical touch (memberikan sentuhan fisik atau berdekatan).
 
“Harus kenali dulu love language pasangannya apa. Itu sebenrnya salah satu cara untuk tetap berada di dalam hubungan tersebut. Jadi, ketahuilah love language Anda dan juga pasangan,” kata Zola. 
 
“Dengan mengetahui love language-nya itu apa, mereka pun akan punya love length yang penuh, karena itulah caranya kita menghargai dan mengapresiasi pasangan kita,” lanjutnya.  
 
5. Spice things up!

Serupa dengan poin-poin sebelumnya, Anda perlu menjadikan berbagai hal menjadi sesuatu yang spesial. Menaruh perhatian pada hal-hal kecil dapat membuat Anda dan pasangan lebih mudah menghargai kebersamaan. Hal yang satu ini pun mudah sekali untuk dilakukan, seperti memberikan ucapan kasih sayang, memberikan kejutan, menyisihkan waktu lebih untuk satu sama lain, dan lain-lain. 
 
(Penulis: Fatimah Mardiyah; Foto: [email protected]