Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kartu Natal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa

Dari William dan Kate hingga Putri Diana, ini adalah kartu natal paling menarik yang dikirim oleh keluarga kerajaan selama musim liburan akhir tahun.

Kartu Natal Kerajaan Terbaik Sepanjang Masa
Courtesy of Bazaar UK

Bersama dengan kembang api, hadiah, dan advent calendar, kartu Natal tahunan keluarga kerajaan menjadi tradisi seremonial yang dihormati. Menurut Royal Collection Trust, kartu-kartu tersebut telah dikirim sejak tahun 1843, seiring dengan diperkenalkannya 'penny post'. Anggota keluarga kerajaan biasanya memilih foto keluarga terbaru untuk kartu pribadi mereka, dan selama bertahun-tahun, kegiatan ini bervariasi mulai dari gambar Putri Elizabeth selama masa perang hingga foto pernikahan Harry dan Meghan.

BACA JUGA: Simak Perbandingan Aktor dalam Seri Netflix "The Crown" dengan Pangeran William dan Kate Middleton

Mulai dari yang tradisional hingga yang kontemporer, termasuk anggota Kerajaan seperti Putri Diana, keluarga Wales, Putri Margaret, dan Raja serta Ratu Permaisuri, inilah kartu Natal paling berkesan yang pernah dikirim oleh keluarga kerajaan.

Putri Elizabeth dan Putri Margaret, 1939

Courtesy of Bazaar UK
 

Kartu Natal awal ini menampilkan potret Putri Elizabeth dan Putri Margaret ketika masih anak-anak, difoto oleh Marcus Adams. Pada waktu itu, calon ratu hanya berusia 13 tahun.

Putri Elizabeth, 1942

Courtesy of Bazaar UK

Kartu ini ditandatangani oleh Putri Elizabeth saat itu untuk resimen Grenadier Guards dari Angkatan Darat Britania Raya selama Perang Dunia II, dan bertujuan untuk meningkatkan semangat selama masa yang sulit seperti itu.

Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip, 1952

Courtesy of Bazaar UK

Potret keluarga dari tahun 1952 ini memiliki makna tambahan. Kartu ini dikirim 10 bulan setelah Ratu Elizabeth naik takhta namun masih enam bulan sebelum penobatan resmi; sebagai hasilnya, ini adalah kartu Natal pertama yang ditandatangani oleh Elizabeth sebagai Ratu, termasuk tanda 'R' setelah tandatangannya (yang merupakan singkatan dari Regina, bahasa Latin untuk Ratu). Potret keluarga ini juga merupakan yang pertama kali mencakup Pangeran Charles yang masih muda, yang saat itu berusia empat tahun, dan Putri Anne yang berusia dua tahun.

Charles dan Diana, Pangeran dan Putri Wales, 1987

Courtesy of Bazaar UK

Kartu keluarga yang manis ini menampilkan Pangeran Charles dan Putri Diana, berpose bersama dengan William dan Harry yang masih kecil, dikirimkan pada tahun 1987. Tahun di mana pasangan ini dihantui oleh laporan surat kabar tentang perpecahan yang semakin membesar. Charles kemudian mengonfirmasi dalam biografi resminya, "The Prince of Wales", bahwa ia memulai hubungannya dengan Camilla Parker-Bowles pada tahun 1986; pada saat yang sama, diberitakan bahwa Diana berkencan dengan James Hewitt.

Charles dan Diana, Pangeran dan Putri Wales, 1988

Courtesy of Bazaar UK

Potret kehidupan keluarga yang tampaknya sempurna ini dikirimkan oleh Pangeran Charles dan Putri Diana pada tahun 1988, ketika William dan Harry masing-masing berusia enam dan empat tahun. Pasangan ini masih diketahui memiliki hubungan yang buruk. Pada awal tahun itu, Pangeran Charles terperangkap dalam sebuah longsoran salju di Klosters. Meskipun ia selamat dengan shock, temannya meninggal di dalam salju.

Pangeran Charles dan Camilla, Duchess of Cornwall, 2014

Courtesy of Bazaar UK

Raja sekarang dan Ratu Permaisuri menyoroti Invictus Games dalam kartu Natal mereka pada tahun 2014, dengan sebuah foto yang menunjukkan dukungan mereka pada kompetisi olahraga internasional untuk veteran yang terluka, yang dimulai oleh Pangeran Harry.

Harry dan Meghan, Duke and Duchess of Sussex, 2018

Courtesy of Bazaar UK

Harry dan Meghan berbagi foto hitam putih yang diambil oleh Chris Allerton untuk merayakan Natal pertama mereka sebagai pasangan suami istri pada tahun 2018. Mereka terlihat menikmati pertunjukan kembang api di Frogmore House setelah pernikahan mereka pada Mei 2018, dengan Duchess of Sussex mengenakan gaun Stella McCartney bermodel halterneck.

William dan Kate, Duke and Duchess of Cambridge, 2018

Courtesy of Bazaar UK

Dalam salah satu foto keluarga yang paling santai hingga saat ini, William, Kate, George, Charlotte, dan Louis semua berpose bersama di Anmer Hall, Norfolk, untuk fotografer Matt Porteous. Foto tersebut menandai kali pertama Pangeran Louis muncul dalam foto keluarga Natal sejak kelahirannya pada 23 April 2018.

Pangeran Charles dan Camilla, Duchess of Cornwall, 2019

Courtesy of Bazaar UK

Kartu yang tidak biasa bermain-main ini menunjukkan Charles dan Camilla sedang mengemudi mobil terbuka selama kunjungan kerajaan ke Havana, Kuba, pada awal tahun itu.

Harry dan Meghan, Duke and Duchess of Sussex, 2019

Courtesy of Bazaar UK
  

Kartu pertama yang menampilkan putra Harry dan Meghan, Archie, dikirimkan pada tahun 2019. Kartu tersebut menampilkan potret informal keluarga, diambil oleh aktris dan fotografer Janina Gavankar, yang merupakan teman Meghan. Mereka memutuskan untuk mengirimkan kartu Natal digital sebagai alternatif ramah lingkungan untuk surat kertas biasa.

Harry dan Meghan, Duke and Duchess of Sussex, 2020

Courtesy of Bazaar UK

Dalam langkah yang tidak biasa, Harry dan Meghan memilih untuk mengirimkan kartu bergambar pada tahun 2020, yang menunjukkan mereka bermain dengan Archie di taman yang diyakini merupakan rumah Montecito mereka, dikelilingi oleh anjing-anjing mereka, Guy dan Pula. Kartu tersebut merupakan gambar dari foto yang diambil oleh ibu Meghan, Doria Ragland, pada awal Desember.

Charles dan Camilla, Raja dan Ratu Permaisuri, 2022

Courtesy of Bazaar UK

Kartu Natal pertama Charles sebagai Raja menampilkan dirinya dan Camilla, tersenyum dalam sebuah foto yang diambil oleh Samir Hussein di Braemar Games di Skotlandia.

William dan Kate, Pangeran dan Putri Wales, 2023

Courtesy of Bazaar UK

Tahun ini, William dan Kate memilih tampilan yang jauh lebih bersih daripada sebelumnya pada kartu Natal mereka, dalam foto hitam putih yang diambil oleh Josh Shinner. Keluarga Wales dan ketiga anak mereka berkoordinasi mengenakan jeans dan kemeja putih bersih, memberikan kesan keluarga yang hangat.

BACA JUGA: 
 
Kronologi Lengkap Hubungan Pangeran William dan Kate Middleton

Pangeran William Tetap Santai Walau Mendengar Rumahnya Dihantui

(Penulis: Clara Strunck; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)