Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kronologi Lengkap Hubungan Pangeran William dan Kate Middleton

Cerita cinta kerajaan mereka melintasi beberapa dekade.

Kronologi Lengkap Hubungan Pangeran William dan Kate Middleton
Courtesy of Bazaar US

Pangeran William dan Putri Kate telah memikat dunia sejak pertama kali mereka menjalin hubungan hampir dua dekade yang lalu. Sekarang, pasangan ini telah menjadi lambang dari keluarga kerajaan Britania Raya, mewakili jenis stabilitas yang pernah diberikan oleh Ratu Elizabeth II sambil juga menyesuaikan diri dengan nilai dan prinsip saat ini.

BACA JUGA: Gaya Abadi Kate Middleton yang Sangat Mudah untuk Ditiru

Mereka pertama kali bertemu sebagai mahasiswa di Universitas St. Andrews, di mana William belajar geografi sementara Kate, yang saat itu dikenal sebagai Kate Middleton, belajar sejarah seni. "Saya tahu ada sesuatu yang sangat istimewa tentangnya, dan kemudian saya tahu mungkin ada sesuatu yang ingin saya eksplorasi, tapi kami akhirnya menjadi teman untuk sementara waktu," kata William dalam wawancara pertunangan mereka pada tahun 2010. "Saya benar-benar percaya sekarang bahwa menjadi teman satu sama lain adalah keuntungan besar."

Sejak itu, William dan Kate telah mengalami banyak perubahan bersama-sama dalam keluarga kerajaan, mulai dari keluarnya Pangeran Harry dan Duchess Meghan pada tahun 2020 hingga naiknya Raja Charles III ke takhta Britania Raya. Mereka juga telah menyambut tiga anak: Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

Di bawah ini, kami akan merinci kronologi lengkap kisah cinta yang melintasi beberapa dekade dari Pangeran dan Putri Wales.

Courtesy of Bazaar US

2001: Mereka bertemu di Universitas St. Andrews.

Mereka pertama kali bertemu sebagai mahasiswa di Universitas St. Andrews di Skotlandia, di mana mereka awalnya menjadi teman. Keduanya belajar sejarah seni, meskipun William kemudian mengubah jurusan kuliahnya untuk mengejar geografi.

Ada spekulasi bahwa Kate secara khusus memilih untuk masuk Universitas St. Andrews agar lebih dekat dengan calon raja.

"Kate sangat strategis," tulis sejarawan kerajaan Robert Lacey dalam bukunya tahun 2020 berjudul "Battle of Brothers: William and Harry The Inside Story of a Family in Tumult," seperti yang dilaporkan oleh Elle. "Ia melepaskan tempatnya di salah satu universitas terkemuka di Britania, Edinburgh, dan memilih universitas lain [St. Andrews] yang mungkin tidak memiliki standar akademik yang sama. Ia sudah pergi ke Edinburgh untuk mengatur akomodasi apartemennya, tapi mengganti universitas dan mengubah jurusannya menjadi sejarah seni karena itulah yang dipelajari oleh William. Dia menunda pendidikannya sendiri selama setahun" dan mengambil risiko untuk tidak diterima di St. Andrews, tulis Lacey.

Robert mencatat bahwa Kate bukan satu-satunya mahasiswa baru yang mengubah rencana akademisnya untuk William. Setelah William mengumumkan niatnya untuk belajar di St. Andrews, jumlah pendaftarannya dikabarkan meningkat 44 persen.

Courtesy of Bazaar US

2002: Mereka tinggal bersama dan mulai berkencan.

Untuk memulai tahun kedua mereka di St. Andrews, Kate dan William, bersama dengan teman-teman mereka, Fergus Boyd dan Olivia Bleasdale, pindah ke sebuah rumah di kota, dua lantai, dan empat kamar tidur di luar kampus. Pada titik ini, keduanya masih hanya sebagai teman, tapi tidak untuk waktu yang lama.

Selama masa mereka sebagai teman sekamar, hubungan Kate dan William berubah menjadi romantis. Kabarnya, William mulai tertarik secara romantis pada Kate setelah melihatnya jalan di atas runway untuk sebuah acara mode amal, mengenakan gaun mini tembus pandang di atas bra dan setelan pakaian dalam. Gaun itu, yang dirancang oleh Charlotte Todd, kemudian dijual dalam lelang seharga $125.000. (sekitar 1,971,081,250.00 Rupiah)

Courtesy of Bazaar US

1 April 2004: Hubungan mereka menjadi publik.

Setelah sekitar satu tahun berkencan, hubungan William dan Kate menjadi pengetahuan publik ketika The Sun mempublikasikan foto-foto mereka menikmati perjalanan ski di Alpen, Swiss. Pelanggaran privasi ini menyebabkan Pangeran Charles saat itu mengancam akan memutus hubungan media dengan tabloid tersebut.

Pada saat itu, juru bicara Charles mengatakan ia sangat kecewa dengan tindakan media tersebut dan bahwa The Sun akan "menghadapi konsekuensi," seperti yang dilaporkan oleh The Guardian. "Mereka memahami bahwa mereka telah melanggar perjanjian dan mereka menyadari bahwa mereka akan menghadapi konsekuensi. Ini belum pasti tetapi bisa mencakup dikeluarkan dari panggilan foto."

Courtesy of Bazaar US

 

23 Juni 2005: Mereka lulus dari St. Andrews.

Pasangan ini menyelesaikan perjalanan pendidikan tinggi mereka bersama, bergabung dengan kelas mereka yang terdiri dari sekitar 260 mahasiswa untuk sebuah upacara kelulusan yang intim. Turut hadir juga kakek nenek William, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, serta ayah Pangeran Charles dan ibu tiri Camilla.

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

1 April 2007: Mereka putus hubungan.

Pada saat wawancara pertunangan mereka pada tahun 2010, William merenungkan waktu singkat mereka yang terpisah. "Kami berdua sangat muda, itu terjadi saat kami masih kuliah, dan kami berdua sedang mencari jati diri dan menjadi pribadi yang berbeda," katanya. "Ini sangat tentang mencari jalan kita sendiri dan kami sedang tumbuh."

Kate menambahkan, "Saat itu saya tidak terlalu bahagia, tetapi sebenarnya itu membuat saya menjadi pribadi yang lebih kuat. Anda menemukan hal-hal tentang diri Anda yang mungkin belum Anda sadari. Saya pikir Anda bisa sangat terlalu terperangkap dalam sebuah hubungan saat Anda masih muda, dan saya benar-benar menghargai waktu itu bagi diri saya sendiri juga."

Courtesy of Bazaar US

Juni 2007: Mereka berdamai kembali.

Pisahnya mereka hanya berlangsung sebentar, dengan pasangan ini berdamai kembali hanya beberapa bulan kemudian.

Pelapor kerajaan Katie Nicholl menggambarkan pertemuan kembali mereka dalam bukunya "Kate: The Future Queen." William, yang memulai putus, tampaknya harus meyakinkan Kate untuk berdamai kembali dengannya.

"Kate tidak ingin terburu-buru. Dia telah sangat terluka dan memberi tahu William bahwa dia membutuhkan waktu," tulis Nicholl. Ketika William mengundang mantannya ke pesta kostum, Kate datang mengenakan kostum perawat yang "sexy" dengan stocking dan gaun pendek. Setelah itu, pangeran "mengikutinya seperti anak anjing yang tersesat sepanjang malam."

Pertemuan mereka secara publik dikonfirmasi ketika Kate menghadiri Konser untuk Diana, yang diselenggarakan oleh William dan Pangeran Harry untuk memperingati ulang tahun ke-10 kematian Putri Diana, pada bulan Juli 2007.

Courtesy of Bazaar US

20 Oktober 2010: William melamar.

William berlutut selama liburan romantis yang mereka ambil ke Kenya, di mana mereka menginap di sebuah pondok kabin di suatu cagar alam liar yang berada sekitar 10.500 kaki di atas permukaan laut.

"Kami memiliki sedikit waktu pribadi bersama dengan beberapa teman, dan saya hanya memutuskan bahwa saatnya tepat," kata William kemudian, selama wawancara pertunangan bersama mereka. "Kami telah membicarakan pernikahan untuk beberapa waktu, jadi itu bukanlah kejutan besar, tetapi saya membawanya ke tempat yang bagus di Kenya, dan saya melamar."

Kate mengatakan bahwa lamaran itu "sangat romantis," sebuah perasaan yang dibagikan oleh William. "Rasanya benar-benar tepat untuk melamar di Afrika," tambahnya. "Dan saya telah melakukan sedikit perencanaan untuk menunjukkan sisi romantis saya."

William melamar dengan cincin pertunangan ikonis Putri Diana: safir oval seberat 12 karat yang dikelilingi oleh cincin putih berlian emas putih dengan 14 berlian soliter.
 

Courtesy of Bazaar US

16 November 2010: Mereka mengumumkan pertunangan mereka secara publik.

Pasangan ini secara resmi mengumumkan pertunangan mereka sebulan setelahnya, ketika mereka tampil dalam sesi foto di Istana St. James di London. Pada hari yang sama, mereka berpartisipasi dalam wawancara bersama pertama mereka yang ditayangkan di televisi untuk membahas pertunangan mereka bersama Tom Bradby dari ITV.

Courtesy of Bazaar US

10 Februari 2011: Kate melakukan penampilan kerajaan pertamanya.

Kate menyelesaikan tugas kerajaannya yang pertama sebagai calon anggota keluarga kerajaan dengan bergabung bersama William dalam suatu acara di Wales. Di sana, pasangan ini membantu peluncuran perahu penyelamat baru Hereford Endeavour, di mana Kate difotografi memecahkan botol sampanye sebagai tanda keberuntungan.
 

Courtesy of Bazaar US

29 April 2011: Mereka menikah.

Kate secara resmi menjadi Catherine, Duchess of Cambridge, setelah pernikahannya di Westminster Abbey dengan Pangeran William, yang sebelumnya telah menerima gelar Duke of Cambridge beberapa hari sebelumnya. Pernikahan yang sangat dinantikan ini disaksikan secara langsung oleh lebih dari 72 juta orang di seluruh dunia.

Untuk acara besar ini, Kate mengenakan gaun pengantin berenda seperti dalam dongeng yang dirancang oleh direktur kreatif Alexander McQueen saat itu, Sarah Burton. Ia melengkapi penampilannya dengan tiara Cartier Halo, yang ia pinjam dari ratu. Sementara itu, William mengenakan tunik merah, seragam militernya sebagai kolonel Irish Guards.

Courtesy of Bazaar US

Juni 2011: Mereka memulai tur kerajaan pertama mereka.

Untuk perjalanan resmi pertama mereka ke luar negeri sebagai pasangan suami istri yang mewakili keluarga kerajaan, keduanya pergi ke Kanada. Tur kerajaan sembilan hari membawa mereka ke Ottawa, Montreal, Quebec City, Pulau Prince Edward, dan Calgary.

Courtesy of Bazaar US

3 Desember 2012: Kate mengumumkan bahwa ia hamil anak pertama.

St. James's Palace mengumumkan kehamilan pertama pasangan ini setelah Kate masuk ke King Edward VII's Hospital karena hyperemesis gravidarum, atau mual parah yang terkait dengan gejala kehamilan.

"Their Royal Highnesses the Duke and Duchess of Cambridge are very pleased to announce that the Duchess of Cambridge is expecting a baby," kata istana dalam pernyataan, seperti yang dilaporkan oleh ABC News. "Ratu, Duke of Edinburgh, Pangeran Wales, Duchess of Cornwall, dan Pangeran Harry serta anggota kedua keluarga sangat senang dengan kabar ini."

22 Juli 2013: Pangeran George dilahirkan.

Kate melahirkan Pangeran George Alexander Louis of Cambridge yang berada di urutan terdepan untuk tahta Britania setelah ayahnya, pukul 16.24 pada tanggal 22 Juli 2013 di Lindo Wing di St. Mary's Hospital di West London. Sesuai tradisi kerajaan, Kate dan William berpose untuk foto di luar rumah sakit dengan bayi mereka segera setelah kelahirannya.

Courtesy of Bazaar US

8 September 2014: Kate hamil dengan anak kedua mereka.

Kensington Palace mengumumkan kehamilan kedua Kate dengan pernyataan: "Their Royal Highnesses the Duke and Duchess of Cambridge are very pleased to announce that the Duchess of Cambridge is expecting their second child. The Queen and members of both families are delighted with the news."

2 Mei 2015: Putri Charlotte dilahirkan.

Kate melahirkan anak keduanya, Putri Charlotte Elizabeth Diana of Cambridge, juga di Lindo Wing di St. Mary's. Charlotte lahir pada pukul 8:34 pagi, dan pasangan ini kembali ke rumah mereka di Kensington Palace pada sore harinya.

Courtesy of Bazaar US

12 Februari 2017: Mereka membuat penampilan perdana di karpet merah di BAFTA.

Untuk penampilan perdana Kate di karpet merah bersama William, Kate memilih perancang yang sama yang menciptakan gaun pernikahannya pada tahun 2011. Saat itu, sang duchess mengenakan gaun shoulderless dengan motif floral dari Alexander McQueen untuk British Academy Film Awards tahun 2017. Sementara itu, William tampil elegan dengan setelan hitam klasik dan kemeja putih.

Courtesy of Bazaar US

4 September 2017: Kate hamil dengan anak ketiga mereka.

Kensington Palace mengumumkan bahwa pasangan ini sedang menantikan kelahiran anak kerajaan ketiga mereka dengan pernyataan resmi yang berbunyi: "Their Royal Highnesses the Duke and Duchess of Cambridge are very pleased to announce that the Duchess of Cambridge is expecting their third child. The Queen and members of both families are delighted with the news."

23 April 2018: Pangeran Louis dilahirkan.

Kate melahirkan anak ketiga mereka, Pangeran Louis Arthur Charles of Cambridge, dengan lancar. Pada saat itu, Bazaar melaporkan bahwa kelahiran Kate yang "tenang" melibatkan suite mewah seharga $10.000 (sekitar 157,637,500.00 Rupiah) per malam dengan jendela "triple-glazed" yang membantu menciptakan lingkungan yang tenang dan damai bagi duchess saat melahirkan.

Dengan kelahiran Louis, kakak perempuan Charlotte juga menjadi anggota perempuan pertama keluarga kerajaan Britania yang tetap memegang tempatnya dalam garis suksesi setelah UU Suksesi kepada Takhta tahun 2013. Sebelum adanya undang-undang ini, kerabat laki-laki menduduki peringkat lebih tinggi daripada kerabat perempuan dalam garis suksesi.

Courtesy of Bazaar US

April 2020: Mereka memberikan wawancara bersama yang jarang terjadi selama pandemi COVID-19.

Pasangan ini berbicara dengan BBC secara virtual tentang kesehatan mental di tengah masa lockdown yang diberlakukan setelah wabah COVID-19 pada awal 2020.

"Jika kita akan terus menghabiskan lebih banyak waktu dalam kondisi lockdown, maka akan ada kebutuhan yang semakin meningkat bagi orang untuk menjaga kesehatan mental mereka dan menganggapnya serius, dan juga tahu di mana mencari dukungan yang mungkin mereka butuhkan," kata William.

Kate menekankan pentingnya komunitas selama pandemi. "Meskipun itu sangat penting, kita tidak boleh melupakan kesejahteraan mental kita juga, dan memastikan Anda menghubungi orang-orang di sekitar Anda yang bisa Anda akses, bahkan jika melalui telepon atau online, untuk benar-benar memastikan Anda memiliki percakapan-percakapan tersebut," tambahnya.

Mereka juga memberikan wawasan tentang kehidupan mereka selama lockdown bersama tiga anak mereka. Pasangan ini mulai memberi pendidikan rumah kepada anak-anak mereka. "Kami tidak memberi tahu anak-anak bahwa kami benar-benar terus bekerja bahkan selama liburan. Saya merasa sangat kejam," kata Kate.

Tentang menjaga hubungan dengan keluarga melalui panggilan telepon atau video, sang duchess saat itu menambahkan, "Itu menjadi sedikit ramai, saya tidak akan berbohong, dengan anak berusia dua tahun Anda harus mengambil ponsel. Agak ramai bagi mereka semua untuk mengucapkan kata-kata yang tepat pada waktu yang tepat tanpa menekan tombol yang salah. Tapi itu bagus dan bagus untuk tetap berhubungan dengan semua orang."

Courtesy of Bazaar US

29 April 2021: Mereka merayakan ulang tahun pernikahan ke-10 mereka.

Untuk merayakan momen besar ini, pasangan ini merilis dua potret manis mereka yang berpose bersama dengan penuh kasih di halaman rumah mereka di Kensington Palace, yang diambil oleh fotografer potret ternama, Chris Floyd.

Courtesy of Bazaar US

20 Oktober 2021: Mereka menghadiri Penghargaan Earthshot Prize pertama.

Kate dan William tampil bersama secara glamor untuk acara penghargaan pertama Earthshot Prize yang diadakan di Alexandra Palace di London.

Untuk acara tersebut, Kate mengenakan gaun ungu muda dari Alexander McQueen yang pernah ia kenakan sebelumnya untuk acara berdandan formal BAFTA pada tahun 2011. Sementara itu, William mengubah gaya klasiknya dengan blazer beludru hijau gelap, kaus leher tinggi hitam, dan celana panjang hitam.

Courtesy of Bazaar US

Penghargaan tersebut adalah proyek yang sangat disukai oleh William, yang telah mengikuti jejak ayahnya dan menjadikan lingkungan hidup sebagai salah satu penyebab utamanya.

"Terlalu lama kita belum cukup melindungi planet ini untuk masa depanmu," kata William dalam pidato di acara tersebut. "Earthshot adalah untukmu. Dalam 10 tahun mendatang, kita akan bertindak. Kita akan menemukan solusi untuk memperbaiki planet kita. Teruslah belajar, teruslah menuntut perubahan, dan jangan pernah kehilangan harapan. Kita akan menghadapi tantangan ini."

Desember 2021: William mendukung acara paduan suara Natal pertama Kate di Westminster Abbey.

Peningkatan prominensi Kate dalam keluarga kerajaan menjadi lebih jelas ketika dia mengumumkan bahwa dia akan mengatur dan menjadi tuan rumah acara paduan suara Natal untuk menghormati "kerja luar biasa individu dan organisasi di seluruh negeri yang telah memberikan dukungan bagi komunitas mereka selama pandemi."

William menghadiri acara tersebut, bahkan mengkoordinasikan dasinya yang merah untuk cocok dengan coat dress merah cerah Catherine Walker sang duchess saat itu.

Courtesy of Bazaar US

30 Juni 2022: Mereka merilis potret lukisan resmi pertama mereka.

Seniman Inggris Jamie Coreth melukis potret itu, mengambil inspirasi dari penampilan pasangan ini selama kunjungan mereka ke Dublin pada tahun 2020.

Dalam lukisan tersebut, Kate mengenakan gaun midi hijau gelap berkilap dari Vampire's Wife, dipadukan dengan sepatu hak tinggi satin hijau Manolo Blahnik dan sepasang anting-anting mutiara yang dulunya dimiliki oleh Putri Diana. Sementara itu, Pangeran William mengenakan setelan hitam dengan kemeja berkerah putih dan dasi biru.

Courtesy of Bazaar US

9 September 2022: Mereka menerima gelar baru setelah kematian Ratu Elizabeth.

Setelah kematian Ratu Elizabeth pada tanggal 8 September, Raja Charles III mengumumkan bahwa putra sulungnya dan menantunya secara resmi mewarisi gelar Pangeran dan Putri Wales, yang sebelumnya dimiliki oleh Charles dan Putri Diana yang sudah meninggal.

Pada saat itu, sumber kerajaan memberi tahu Bazaar bahwa pasangan ini bermaksud "untuk memperdalam kepercayaan dan rasa hormat rakyat Wales dari waktu ke waktu" dan akan "menghadapi peran mereka dengan cara yang sederhana dan rendah hati seperti yang mereka lakukan sebelumnya dalam pekerjaan mereka."

15 September 2022: Mereka membuat penampilan pertama setelah menjadi Pangeran dan Putri Wales.

Dalam penampilan publik pertama mereka setelah menjadi Pangeran dan Putri Wales, William dan Kate mengamati karangan bunga yang diletakkan untuk menghormati almarhumah ratu di Sandringham. Mereka juga menyapa kerumunan yang memberi ucapan selamat.

Sesuai tradisi berkabung kerajaan, Kate mengenakan pakaian serba hitam yang terdiri dari gaun midi hitam, mantel panjang hitam, dan sepatu hak hitam, sementara William mengenakan setelan biru navy.

Courtesy of Bazaar US

29 April 2023: Foto baru dirilis untuk memperingati ulang tahun pernikahan ke-12 mereka.

Untuk memperingati 12 tahun pernikahan, pasangan ini merilis foto baru yang manis yang diabadikan oleh fotografer Matt Porteous. Foto tersebut menunjukkan keduanya berpelukan selama berkendara sepeda di Norfolk. Kate mengenakan blus putih dengan hiasan mata kancing yang dimasukkan ke dalam celana jins biru tua, dan aksesoris dengan kacamata hitam dan tas selempang cokelat. William juga terlihat santai dengan kemeja biru tua, celana jins, dan kacamata hitam. 

Courtesy of Bazaar US

6 Mei 2023: Mereka menghadiri penobatan Raja Charles III.

Keluarga Wales tampil bersatu dalam penobatan Raja Charles III yang diadakan di Westminster Abbey. Upacara sejarah ini, yang juga menobatkan istri Charles, Camilla, sebagai ratu permaisuri, adalah yang pertama dalam 70 tahun.

Atas permintaan raja dan ratu, William dan Kate tiba di acara tersebut mengenakan jubah dan mantel resmi. Di bawah jubahnya, Kate mengenakan gaun Alexander McQueen berbahan sutra crepe warna ivory dengan bordir emas dan perak yang menampilkan motif mawar, trefoil, bunga daffodil, dan shamrock. Meskipun ia tidak mengenakan tiara, ia mengatur rambutnya dengan sanggul yang dihiasi dengan aksesori kepala Jess Collett x Alexander McQueen berbahan emas dan perak, kristal, dan bordir daun tiga dimensi berbenang perak.

Tiga anak pasangan ini juga hadir dalam penobatan tersebut.

Courtesy of Bazaar US

BACA JUGA:

Pangeran William Mengungkapkan Apa yang Dimasak Putri Kate untuknya di Rumah

Tampilan Preppy Kate Middleton Saat Memperkenalkan Gelar barunya Sebagai Kepala Komodor Angkatan Udara

(Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR US)