Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pangeran Charles Memilih Langsung Cincin Tunangan Putri Diana

The Crown tidak cukup menangkap momen kerajaan tersebut dengan baik.

Pangeran Charles Memilih Langsung Cincin Tunangan Putri Diana

Jika Anda mengikuti kehidupan keluarga kerajaan, Anda tentu pernah melihat cincin batu safir Ceylon 12 karat milik Putri Diana yang disematkan pada jari Kate Middleton ketika bertunangan dengan Pangeran William pada 2010 silam. Namun, sebelum kembali hidup bersama Kate, cincin tersebut berhasil menarik perhatian dunia ketika Lady Diana Spencer menunjukkan kepada kamera-kamera yang menangkap momen pertunangannya dengan Pangeran Charles.

Menurut sebuah media, Diana dikabarkan memilih cincin tersebut karena mengingatkannya pada cincin pertunangan sang ibu. Cincin tersebut juga memiliki pengaruh kerajaan, karena menurut pengrajin perhiasan kerajaan, House of Garrard, yang juga membuat cincin tersebut, mengambil inspirasi dari hadiah pernikahan Pangeran Albert kepada Ratu Victoria pad 1840 silam: sebuah bros dengan desain berlian dan batu safir. Bros tersebut adalah sesuatu yang biru, yang ia kenakan pada pernikahannya dan Ratu Elizabeth kini mengenakannya untuk acara-acara spesial.

Sebelum kematian yang mengejutkan pada Agustus 1997, Diana, dalam suratnya, menuliskan bahwa ia ingin membagikan aset pribadinya kepada kedua putranya beserta anak baptis, pembagian adalah tiga bagian untuk William dan Harry, serta sebagian kepada anak baptisnya.” Saya juga ingin membagikan perhiasan saya untuk disimpan oleh kedua anak saya sehingga istri-istri mereka kelak dapat memiliki atau menggunakannya. Saya membagi pembagian yang jelas untuk Anda ketahui.”

Kami tahu banyak hal tentang cincin tersebut, tetapi bagaiaman dengan momen pertama cincin itu disematkan pada jari sang putri? Ini detail cincin milik Diana dan apa arti penting di baliknya?

Keluarga kerajaan dikabarkan menganggap cincin tersebut tidak cukup spesial.

Cincin emas putih dengan batu safir Ceylon dikelilingi 14 berlian solitaire memiliki biaya yang besar bagi Pangeran Charles. Namun, menurut keluarga kerajaan, cincin tersebut tidak cocok untuk calon ratu. Apakah karena cincin ini tidak menggunakan berlian yang besar? Sebenarnya tidak. Menurut laporan sebuah media, permasalahan terletak pada cincin tersebut dipilih Diana dari katalog Garrard, perhiasan yang dapat dimiliki siapa saja dengan harga £47,000 poundsterling (setara dengan 897 juta rupiah), terlepas dari gelar kerajaan atau rakyat biasa. Cincin tersebut tidak terasa cukup eksklusif.

DIANA1

Menurut laporan dari House of Garrard, Diana tidak benar-benar memilih cincin tersebut, terlepas dari berbagai laporan yang mengatakan bahwa ia milihnya secara langsung. “Pangeran Charles selalu melihat bros safir cantik milik ibunya,” ungkap label perhiasaan tersebut kepada sebuah media pada 2017, dan ketika Charles mendatangi House of Garrard, ia melihat cincin tersebut, dan memilihnya.

Dua cincin milik Diana yang paling terkenal kini menjadi milik Putri Cambridge dan Putri Sussex

Menuru sebuah media, Diana sangat menyukai cincin tunangannya dan mengenakannya secara konsisten, bahkan setelah dirinya dan Charles berpisah. Namun, setelah Diana dan Charles resmi bercerai pada 1996, sang putri mengganti cincin safirnya dengan cincin batu aquamarine potongan emerald, yang menjadi milik Meghan.

Ketika Diana meninggal pada 1997, cincin tersebut kembali kepada keluarga Wales dan ketika ia menuliskan permintaanya, kedua putranya menjadi pemilik cincin tersebut. Sebuah media melaporkan setelah peringatan 20 tahun sejak kematian Diana pada 2017, rumor beredar bawha Harry semula memilih cincin safir tersebut, tetapi ketika ia melihat besarnya cinta William kepada Kate, ia membiarkan sang kakak memilikinya.

“Ini adalah cincin tunangan ibu saya dan sangat istimewa bagi saya, sama seperti Kate yang kini sangat istimewa bagi saya. Rasanya langkah yang tepat untuk menyatukannya,” ungkap William dalam wawancara perdananya bersama Kate ketika mengumumkan pertunangan mereka. “Ini adalah cara saya untuk memastikan bahwa ibu saya tidak kehilangan momen dan kebahagiaan hari ini dan kenyataan bahwa kami [William dan Kate] akan menghabiskan sisa hidup kami bersama-sama.”

“Saya berharap saya dapat menjaga dan merawatnya dengan baik,” ungkap Kate dalam wawancara yang sama. “Ini sangat, sangat istimewa.” Kini, cincin tersebut dikabarkan dapat dijual dengan harga £300,000 poundsterling (atau setara dengan 5,7 miliar rupiah).

Cincin safir tersebut tetap menjadi salah satu cincin yang paling populer di dunia

Ketika William memberikannya kepada Kate, generasi baru dari penggemar keluarga kerajaan mulai tertarik melihatnya.

Menurut sebuah media pada awal tahun ini, Kate tidak terlalu sering mengenakan perhiasan terkenal tersebut akhir-akhir ini. Dalam rekaman pada awal masa pandemi, ia terlihat mengenakan cincin pernikahannya tanpa cincin tunangannya, mungkin saat ini bukan momen yang tepat untuk mengenakan perhiasan mahal, mengingat situasinya.

(Penulis: Hilary Weaver; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)