Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Putri Kate Dianugerahi Gelar Bersejarah dari Raja Charles

Penghargaan tersebut merayakan karya yang luar biasa Putri Wales sebagai anggota keluarga kerajaan.

Putri Kate Dianugerahi Gelar Bersejarah dari Raja Charles
Courtesy of Bazaar US

Putri Catherine telah menerima sebuah penghormatan bersejarah dari mertuanya, Raja Charles III.

BACA JUGA: Foto Terbaru Pangeran Louis Bidikan Kate Middleton Dalam Rangka Ulang Tahun Anaknya

Pada hari Selasa di Kapel St. George di Istana Windsor, sang monarki Inggris mengangkat Kate sebagai Royal Companion dari Order of the Companions of Honour. Didirikan oleh Raja George V pada tahun 1917, ordo ini mengakui prestasi di bidang seni, ilmu pengetahuan dan kedokteran, serta pelayanan publik, dan termasuk di antara pengangkatan kerajaan paling terkemuka di negara tersebut.

Kate adalah anggota pertama keluarga kerajaan yang pernah diangkat ke dalam Order of the Companions of Honour.

Courtesy of Bazaar US

Pada upacara yang sama, Charles mengangkat suami Kate, Pangeran William, sebagai Great Master of the Most Honourable Order of the Bath.

Raja sendiri adalah Great Master dari ordo tersebut ketika ia menjadi Pangeran Wales, dari tahun 1974 hingga 2022. Pendahulunya termasuk Pangeran Henry, Duke of Gloucester (1942–74), dan Pangeran Arthur, Duke of Connaught dan Strathearn (1901–42).

Raja George I secara resmi mendirikan Great Master of the Most Honourable Order of the Bath pada tahun 1725, tetapi diyakini berasal dari abad kedelapan. Pengangkatan diberikan kepada anggota militer atau pelayanan sipil atas pelayanan yang luar biasa.

Raja Charles juga mengangkat istrinya, Ratu Camilla, sebagai Grand Master dan Dame Grand Cross Pertama atau Utama dari Principal Dame Grand Cross of the Most Excellent Order dari Kekaisaran Britania Raya. Keanggotaan dalam ordo ini menghormati lintas masyarakat yang lebih luas, baik militer maupun sipil. Pengangkatan ini sebelumnya dipegang oleh ayah Charles, Pangeran Philip, Duke of Edinburgh, dari tahun 1953 hingga 2021, serta oleh Ratu Mary (1936–53), dan Raja George VI ketika ia menjadi Pangeran Wales (1917–36).

Raja juga mengangkat empat anggota baru ke dalam Ordo Garter, yang merupakan ordo ksatria tertua dan paling senior di Britania, termasuk komposer teater musikal Andrew Lloyd Webber, yang dinamai sebagai Knight Companion dari Ordo Garter Yang Paling Mulia.

Pengangkatan ke Ordo Garter tradisionalnya adalah acara tahunan, dirayakan dengan prosesi dan ibadah di halaman Istana Windsor. Pengangkatan ini merupakan salah satu hak monarki yang berkuasa, dan tidak memerlukan konsultasi dengan perdana menteri Inggris.

Seperti yang dilaporkan oleh Bazaar, Raja Charles selalu menyukai Putri Kate, dan mereka lebih dekat daripada sebelumnya saat mereka saling mendukung melalui pertempuran kanker masing-masing. Monarki, yang mengungkapkan diagnosa pada bulan Februari, sedang menjalani perawatan rawat jalan; sementara Kate, yang membagikan diagnosa dalam video emosional pada bulan Maret, sedang menerima kemoterapi pencegahan.

Dalam pernyataan yang dibagikan dengan Bazaar pada bulan Maret, juru bicara Istana Buckingham mengatakan atas nama Charles: "Majestas-Nya sangat bangga dengan Catherine atas keberaniannya berbicara seperti yang ia lakukan." Setelah waktu mereka di rumah sakit bersama, Raja Charles "tetap dalam kontak yang paling dekat dengan menantunya yang tercinta sepanjang minggu-minggu terakhir ini."

"Kedua Bangsawan 'akan terus menawarkan cinta dan dukungan kepada seluruh keluarga melalui waktu yang sulit ini,'" tambah juru bicara tersebut.

BACA JUGA: 

Ode Kepada Putri Diana di Rumah Montecito Pangeran Harry dan Meghan Markle

Pangeran William Kembali Menjalankan Tugas Kerajaan

(Penulis: Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Fenny Marandita; Foto: Courtesy of BAZAAR US)