Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Perlukah Anda Menggunakan Sleeping Mask?

Sebenarnya apa saja manfaat sleeping mask?

Perlukah Anda Menggunakan Sleeping Mask?
Layout by Nuraini Saraswati

Terdapat banyak sekali jenis skincare yang memiliki manfaat yang berbeda-beda. Misalnya, face oil sebagai pelembap dan menutrisi wajah, atau serum yang mampu meredakan kulit sensitif, lalu bagaimana dengan sleeping mask? Kira-kira seperti apa manfaatnya? Dan apa yang membuatnya berbeda dengan masker biasa?

Mari telusuri manfaat sleeping mask, sekaligus rekomendasi sleeping mask dari Bazaar!

BACA JUGA: Cara Membaca Expired Date Pada Produk Skincare Korea!

Apa itu sleeping mask? 

Sleeping mask atau disebut juga dengan overnight mask ialajh masker yang dirancang secara khusus untuk aman digunakan ketika Anda tidur.

Oleh sebab itu, sleeping mask digunakan sebagai langkah akhir pada skincare routine di malam hari. 

Manfaat sleeping mask

Secara umum sleeping mask memiliki peran yang sama seperti pelembapyakni melembapkan wajah. Hanya saja sleeping mask meresap lebih dalam saat Anda tidur. 

Selain itu sleeping mask dapat bertahan lebih lama, karena tersusun oleh bahan yang mampu mengunci kelembapan, serta membantu melindungi pori-pori wajah dari kotoran dan polusi. Sleeping mask juga membantu proses reproduksi sel kulit yang terjadi pada malam hari. 

Bagaimana cara penggunaannya?

Proses aplikasi: 
Pertama, selepas melakukan skincare routine Anda, aplikasikan krim di seluruh wajah Anda. Kemudian, tunggu selama 20-30 menit sebelum tidur, agar sleeping mask meresap secara sempurna dan tidak akan menempel di kasur Anda. Terakhir, ketika Anda bangun, cuci muka Anda seperti biasanya.

Apa saja yang harus diperhatikan saat memasukkan sleeping mask ke rutinitas Anda?
Walau sleeping mask kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh wajah Anda, bukan berarti tidak ada efek samping yang ditimbulkannya. 

Jika Anda menggunakan sleeping mask terlalu sering, kulit Anda akan berminyak, kehilangan kelembapannya, dan akan lebih rentan terkena jerawat. Oleh sebab itu Anda perlu mengetahui jenis kulit Anda agar terhindar dari dampak yang tidak diinginkan.

Kulit berminyak, dan kulit sensitif: Gunakanlah sleeping mask sebanyak 1 atau 2 kali seminggu. Guna menghindari terlalu banyak nutrisi, dan kulit wajah tidak bisa bernafas sekaligus menyerapnya. 

Kulit kering: Kulit tipe ini membutuhkan kelembapan ekstra. Maka sangat memungkinkan untuk menggunakan sleeping mask sebanyak 2 - 4 kali seminggu. 

Apa perbedaan sleeping mask dan krim malam?

Kedua skincare ini memiliki tujuan yang sama: melembapkan. Lantas dimana letak perbedaannya? Pada night cream memiliki kelembapan yang lebih intens, dan lebih berat daripada sleeping mask. 

Sehingga, night cream lebih sesuai bagi Anda yang memiliki kulit kering. Sedangkan sleeping mask menjadi opsi yang lebih baik untuk Anda yang mempunyai kulit acne-prone dan berminyak. 

Rekomendasi sleeping mask

Dr. Jart+, Cicapair Tiger Grass Sleepair Intensive Night Mask

Courtesy of Dr.Jart+

Jenis kulit: Kulit sensitif.

Salah satu sleepmask asal Korea yang favorit bagi kulit sensitif. Disusun dengan tiger grass yang terkenal akan sifatnya yang antibakterial serta mampu memberikan efek meredakan bagi kulit sensitif. 

L'Occitane, Immortelle Precious Overnight Mask

Courtesy of L'Occitane

Jenis kulit: Semua jenis kulit.

Melalui kandungan minyak bunga Immortelle dan hyaluronic acid, sleeping mask dari L'Occitane ini memiliki manfaat khusus untuk melawan tanda-tanda penuaan. Sekaligus mencerahkan wajah yang kusam.

Laneige, Water Sleeping Mask EX

Courtesy of Laneige

Jenis kulit: Semua jenis kulit.

Sleeping mask yang satu ini sudah menjadi favorit bagi pecinta skincare Korea. Dengan bahan kunci berupa squalane yang mampu melembapkan kulit hingga lapisan terdalam. Selain itu, diklaim mampu meningkatkan keelastisan kulit 

Sisley, Velvet Sleeping Mask With Saffron Flowers

Courtesy of Sisley

Jenis kulit: Kering.

Sesuai dengan namanya, sleeping mask ini mengandung safron yang mampu mengembalikan kelembapkan yang hilang dari kulit kering, sekaligus mencerahkan serta merevitalisasi kulit Anda. 

Fresh, Floral Recovery Calming Mask

Courtesy of Fresh

Jenis kulit: Sensitif.

Mengandung paduan berbagai ekstrak bunga, passion flower, cornflower, bunga Sakura dan Peony. Sleeping mask ini bermanfaat untuk meredakan kemerahan pada kulit sensitif, dan meratakan warna kulit. 

BACA JUGA:
Keindahan Malam di Dalam Botol Sublimage L’Extrait de Nuit dari Chanel
MRA Beauty Talks 2023: Bicara Tentang Ritual Skincare dari yang Basic Sampai Terbaru

(Foto: Courtesy of Dr.Jart+, L'Occitane, Laneige, Sisley, Fresh. Layout by: Nuraini Saraswati)