Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Pangeran Harry Sebut "Megxit" Adalah Istilah Misoginis

Duke of Sussex menyerukan kebencian tabloid dan salah paham informasi daring.

Pangeran Harry Sebut
Courtesy of Bazaar US

Pangeran Harry menatap mata para pengganggu media dan online trolls. Selama panel 9 November untuk majalah WIRED, Duke of Sussex berbicara menentang kebencian online dan media, serta jurnalis tabloid Inggris yang "memperkuat" teori konspirasi palsu dan retorika kebencian.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle Dikabarkan "Bangga" dengan Keputusan Mereka untuk Meninggalkan Kehidupan Kerajaan

“Mungkin orang tahu ini dan mungkin juga tidak, tetapi istilah Megxit dulu atau merupakan istilah misoginis, dan itu dibuat oleh troll, diperkuat oleh koresponden kerajaan, dan itu tumbuh dan tumbuh dan tumbuh menjadi media arus utama. Tapi itu dimulai dengan troll, ”kata Harry, yang saat ini berada di New York untuk upacara penghormatan pahlawan perang.

Percakapan sang duke adalah bagian dari panel acara RE:WIRED berjudul The Internet Lie Machine, yang berfokus pada dampak kebohongan online terhadap komunitas, demokrasi, dan dunia.

Menyebut informasi yang salah sebagai "krisis kemanusiaan global," Harry berbagi pengalaman pribadinya dengan sensasional dan taktik kejutan media, masalah yang sekarang menjadi masalah baik online maupun offline. “Saya merasakannya secara pribadi selama bertahun-tahun, dan sekarang saya menyaksikannya terjadi secara global yang memengaruhi semua orang, bukan hanya Amerika, secara harfiah semua orang di seluruh dunia. Saya belajar dari usia yang sangat dini bahwa insentif penerbitan tidak selalu sejalan dengan insentif kebenaran,” kata Harry, yang kehilangan ibunya, Putri Diana, karena kecelakaan mobil pada Agustus 1997 setelah dikejar paparazi di Paris. “Saya tahu ceritanya dengan sangat baik. Saya kehilangan ibu saya karena kegilaan yang dibuat sendiri ini, dan jelas saya bertekad untuk tidak kehilangan ibu dari anak-anak saya karena hal yang sama.”

Courtesy of Bazaar US

Berbicara kepada editor besar WIRED Steven Levy, sang pangeran melanjutkan, “Skala informasi yang salah sekarang menakutkan. Tidak ada yang aman darinya, tidak ada yang terlindungi darinya. Anda tidak dapat bersembunyi darinya, dan kami terus melihat kehidupan hancur dan keluarga hancur dalam satu rumah tangga.”

Rashad Robinson, kepala Color of Change, dan Renée DiResta, manajer riset teknis di Stanford Internet Observatory, juga ambil bagian dalam percakapan tersebut. Mereka berdua telah mengenal sang pangeran dengan baik melalui usahanya di bidang ini. Rashad dan Harry saat ini bertugas di Aspen Institute Commission untuk Gangguan Informasi, yang akan segera mengungkapkan hasil studi enam bulan yang mengeksplorasi informasi yang salah di Amerika Serikat dan menyajikan "pendekatan berorientasi solusi untuk krisis gangguan informasi."

Pada bulan Oktober, layanan analisis media sosial bernama Bot Sentinel mengidentifikasi 83 akun di Twitter yang bertanggung jawab atas sekitar 70 persen konten kebencian dan informasi yang salah di platform yang ditujukan untuk keluarga Sussex.

Mengacu pada penelitian tersebut, Harry menambahkan bahwa “mungkin bagian yang paling mengganggu dari ini adalah jumlah jurnalis Inggris yang berinteraksi dengan mereka dan memperkuat kebohongan. Tapi mereka mengeluarkan kebohongan ini sebagai kebenaran.”

Sebelumnya pada hari itu, penelitian Bot Sentinal baru menyoroti interaksi sekelompok jurnalis, termasuk penulis biografi kerajaan Angela Levin dan ahli kerajaan yang meresmikan diri Richard Fitzwilliams, dan akun kebencian yang menargetkan Harry dan Meghan. Dalam kasus Angela, klaim palsu yang dibuat oleh pengguna Twitter bahkan telah menjadi bagian dari komentar televisi penulis tentang Duke dan Duchess.

Courtesy of Bazaar US

“Ini bukan hanya masalah media sosial. Ini masalah media," tambah Harry. “Saya telah tumbuh dewasa belajar bahwa berita harus menjadi tanah suci. Anda tidak perlu menjadi Logan Roy (majikan media fiksi di pusat drama TV Succession) atau Rupert Murdoch untuk memahami bahwa clickbait adalah keturunan dari iklan bertarget.”

Harry melanjutkan untuk membahas peran media sosial dalam kerusuhan Capitol 6 Januari, mengingat email yang ia kirim ke CEO Twitter Jack Dorsey sehari sebelum serangan. "Jack dan saya saling mengirim email sebelum 6 Januari. Saya memperingatkan ia bahwa platformnya memungkinkan kudeta untuk dipentaskan," katanya. "Email itu dikirim sehari sebelumnya dan kemudian itu terjadi dan saya belum mendengar kabar darinya sejak itu."

Pertarungan melawan misinformasi dan korupsi media adalah salah satu dari banyak masalah yang menjadi fokus Harry sejak ikut mendirikan Archewell Foundation dengan Duchess of Sussex, yang pada hari sebelumnya mengatakan bahwa tabloid harus dilengkapi dengan “label peringatan seperti rokok.” Harry menjelaskan, “Orang-orang sekarang lebih dari sebelumnya menginginkan dan membutuhkan kebenaran. Mereka menginginkan dan membutuhkan kepercayaan, dan mereka menginginkan serta membutuhkan transparansi. Kami di sini untuk mendukung mereka dengan cara apa pun yang memungkinkan.”

Namun, terlepas dari masalah tersebut, Harry berharap perubahan itu mungkin terjadi. “Wartawan sejati memiliki kekuatan dan keinginan untuk mengatasi rasisme, kebencian terhadap wanita, kebohongan, semuanya dari dalam sistem mereka sendiri,” katanya.

Baca juga:

Pangeran Harry dan Meghan Markle Merambah ke Dunia Keuangan

Pangeran Harry dan Meghan Markle Masuk Daftar 100 Orang Berpengaruh dari Majalah Time

Pangeran William dan Pangeran Harry Akan Tampil dalam Sebuah Film Dokumenter untuk Menghormati Pangeran Philip

(Penulis: Omid Scobie; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Gracia Sharon; Foto: Courtesy of Bazaar US)