Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Oura Ring: Teknologi Kesehatan Canggih Berbentuk Cincin yang Bisa Anda Coba

Bantu Anda merekam aktivitas sehari-hari (termasuk tidur) dengan akurasi dan tetap bergaya.

Oura Ring: Teknologi Kesehatan Canggih Berbentuk Cincin yang Bisa Anda Coba
(Foto: Courtesy of @ouraring)

Menjalani sebuah kebiasaan atau membangun gaya hidup baru, tentu harus dimulai. Namun, jika Anda bingung untuk memulai kebiasaan sehat seperti apa dan dari mana, mungkin cara sederhana yang dapat dilakukan adalah mengenali kondisi tubuh dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Meski pola makan dan rutin berolahraga menjadi dua hal penting dalam membangun pola hidup sehat, kebiasaan yang kita lakukan sehari-hari seperti membersihkan rumah, bekerja hingga tidur juga menentukan kondisi tubuh agar tetap prima.

Dengan demikian, rekaman aktivitas yang Anda lakukan dapat membantu untuk mengenali kondisi tubuh sehari-hari. Perusahaan teknologi kesehatan asal Finlandia, Oura Health Oy menghadirkan inovasi teknologi yang dapat merekam dan menganalisa kebiasaan sehari-hari Anda, serta hanya membutuhkan satu jari untuk melakukannya.

(Foto: Courtesy of @ouraring)
(Foto: Courtesy of @ouraring)

Oura Ring, sebuah produk cincin yang memadukan teknologi sensor terbaru untuk memberikan gambaran kondisi kesehatan Anda dengan presisi. Dengan desainnya yang sederhana dan elegan, cincin ini memberikan akurasi pada pengukuran dan analisa yang dilakukan dengan fitur sensor infra merah photoplethysmography, untuk mengukur sistem peredaran darah, dan sensor NTC temperature, untuk mengukur suhu tubuh dengan akurasi tinggi ketika cincin tersebut disematkan pada jari Anda.

Produk ini menganalisa tiga aspek utama yaitu Readiness (merekam kebiasaan sehari-hari serta kondisi mental, emosi, dan fisik tubuh setiap saat), Sleep (merekam kondisi tidur lelap, detak jantung ketika beristirahat, hingga waktu tidur), serta Activity (menandakan minimnya aktivitas, target pergerakan setiap hari, hingga mendeteksi pergerakan setiap saat). Cincin yang disematkan selama tujuh hari, 24 jam ini akan merekam sinyal-sinyal kunci dari tubuh Anda secara maksimal sehingga dapat memberikan informasi yang kritis dan akurat sehingga membantu Anda dalam menentukan pola diet atau jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh dan kebiasaan sehari-hari.

(Foto: Courtesy of @ouraring)
(Foto: Courtesy of @ouraring)

Semua hasil perekaman dan analisa dari Oura Ring dapat Anda akses melalui aplikasi Oura yang juga terhubung dengan aplikasi Apple Health dan Google Fit sehingga memudahkan Anda untuk memantau kondisi kesehatan setiap saat. Setelah merilis dua varian warna yaitu perak dengan harga 299 dolar Amerika Serikat (atau setara 4.224.959 rupiah) serta cincin perak dengan detail berlian dengan harga 999 dolar Amerika Serikat (atau setara 14.116.169 rupiah), Oura Health Oy menambahkan warna baru dalam rangkaian koleksinya dengan warna emas kuning seharga 399 dolar Amerika Serikat (atau setara 5.637.989 rupiah).

(Foto: Courtesy of @ouraring)
(Foto: Courtesy of @ouraring)

Rangkaian koleksi Oura Ring ini dapat mencari cara baru bagi Anda untuk memulai gaya hidup yang lebih. Dengan mengenali kondisi dan kebiasaan diri secara lebih baik dapat membantu Anda unruk menentukan gaya hidup sehat yang sesuai dan tepat bagi tubuh sehingga gaya hidup sehat yang Anda jalani tidak hanya baik bagi tubuh dalam jangka pendek, tetapi dapat dijalani dalam waktu yang panjang.

(Penulis: Vanessa Masli)