Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Film Perempuan Tanah Jahanam Berhasil Masuk Dalam Nominasi Piala Oscar 2021

Film garapan Joko Anwar menjadi film horor pertama yang mengisi nominasi Piala Oscar dalam industri film Indonesia.

Film Perempuan Tanah Jahanam Berhasil Masuk Dalam Nominasi Piala Oscar 2021
(Foto: Courtesy of @jokoanwar)

Kisah dua sahabat Maya (Tara Basro) dan Marissa Anita (Dini) berusaha menjalani hidup di tengah berbagai misteri yang mengelilingi hidup Maya dan kisah keluarga Maya yang rumit serta penuh rahasia menjadi cerita utama dalam film horor garapan sutradara kenamaan Tanah Air, Joko Anwar yang bertajuk Perempuan Tanah Jahanam.

Film yang menghiasi dunia perfilman Indonesia pada 17 Oktober 2019 mengukir sejarah baru dalam industri dengan berhasil mewakili Indonesia sebagai salah satu nominasi Best International Feature Film di Academy Award ke-93 yang diadakan pada 2021 mendatang. Sebelum mewakili Indonesia dalam ajang penghargaan film bergengsi tersebut, film dengan judul internasional Impetigore ini telah meraih berbagai prestasi di ajang film internasional, seperti terpilih untuk melakukan International Premiere di Sundance Festival Film pada Januari 2020, kemudian meraih Piala Melies Award for Best Asian Film di Bucheon International Fantastic Film Festival 2020 di Korea Selatan.

(Foto: Courtesy of BASE Entertainment)
(Foto: Courtesy of BASE Entertainment)

Perempuan Tanah Jahanam pun berhasil meraih 50 juta penonton selama penayangannya di Indonesia serta menghiasi layar internasional di Hong Kong, Singapura, Malaysia, dan Thailand. Dengan masuknya Perempuan Tanah Jahanam ke dalam nominasi Piala Oscar, film kedelapan garapan Joko Anwar ini telah mengukir sejarah baru dalam dunia perfilman dengan menjadi film horor pertama yang masuk ke dalam nominasi tersebut.

“Semoga Perempuan Tanah Jahanam bisa jadi representasi yang baik untuk film Indonesia dan membuat audiens internasional ingin mengetahui lebih banyak tentang film Indonesia,” ungkap Joko Anwar menyambut kabar nominasi karyanya. Kabar ini juga disambut baik oleh produser BASE Entertainment yang juga terlibat dalam pembuatan film ini, Shanty Harmayn dengan mengungkapkan bahwa film ini terus, “mengejutkan kami dari mulai terpilih untuk tayang di Sundance, hingga sekarang Academy Award. Ini adalah testament bagaimana kekuatan unsur lokal yang dikemas apik di Perempuan Tanah Jahanam bisa menembus dan diterima oleh dunia film internasional.”

Film Perempuan Tanah Jahanam ini juga melibatkan aktor-aktor ternama seperti Tara Basro, Marissa Anita, Ario Bayu, Christine Hakim, dan Asmara Abigail. Dalam proses produksinya, BASE Entertainment juga bekerjasama dengan Rapi Films serta perusahaan film asal Hollywood Ivanhoe Pictures, dan CJ Entertainment asal Korea Selatan.

(Penulis: Vanessa Masli)