Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Episode Terbaik Gilmore Girls untuk Sesi Tonton Maraton

Selamat datang di musim Gilmore Girls yang penuh kebahagiaan bagi semua yang merayakannya!

Episode Terbaik Gilmore Girls untuk Sesi Tonton Maraton
Courtesy of BAZAAR US

Jika Anda merasa kesepian dan kedinginan saat di perjalanan, cukup putar kembali serial Gilmore Girls

BACA JUGA: Paduan Gaya Dari Karakter Favorit Gilmore Girls

Bagi banyak orang, hari pertama musim gugur menjadi tanda untuk memulai ulang tontonan tahunan Gilmore Girls. Serial Warner Bros ini terus memiliki penggemar setia sejak pertama kali ditayangkan pada tahun 2000, bahkan mencatatkan 500 juta jam penayangan di Netflix antara Januari hingga Juni tahun lalu saja. Jadi, baik Anda yang baru pertama kali mengenal Stars Hollow atau yang sudah lama mengikutinya, Anda tidak sendirian saat menekan tombol play.

Gilmore Girls mengisahkan kehidupan ibu dan anak, Lorelai dan Rory Gilmore, yang kembali memperbaiki hubungan mereka dengan orang tua Lorelai yang kaya dan terasing, Emily dan Richard Gilmore. Amy Sherman-Palladino, sebagai pencipta serial ini, menggunakan premis ini untuk menggali dinamika keluarga yang rumit antar generasi. Namun, selain kisah tentang trauma keluarga yang diwariskan, tak sulit untuk memahami bagaimana serial ini menjadi tontonan wajib saat musim gugur. Ada suasana kota kecil di New England yang bisa dinikmati, kopi yang selalu menemani, percakapan cepat yang khas, dan kisah cinta yang bisa disukai atau dibenci. Di balik semua itu, hubungan kuat antara Lorelai, Rory, dan Emily tetap menjadi inti dari drama ini.

Dengan datangnya musim gugur, kesempatan untuk kembali menonton Gilmore Girls pun semakin dekat. Saya menyarankan Anda untuk memulai maraton dari episode pertama, tapi jika Anda merasa terbebani dengan memulai dari awal (mengingat Gilmore Girls memiliki tujuh musim dan 153 episode), tak masalah. Jika Anda hanya ingin menikmati momen-momen terbaik dari Stars Hollow, Bazaar sudah menyiapkan 11 episode terbaik Gilmore Girls yang pasti akan membangkitkan suasana musim gugur Anda. Oy with the poodles already, ayo mulai daftar tersebut!

1. “Rory’s Birthday Parties” (Musim 1, Episode 6)

Courtesy of BAZAAR US

Episode ini bisa saya sebut sebagai pengantar dari Gilmore Girls, di mana kita diperkenalkan pada beragam konflik yang akan membentuk inti cerita. Dalam episode ini, Emily dan Lorelai terlibat perselisihan, siswa di Chilton bersikap tidak menyenangkan, Rory terobsesi untuk masuk Harvard, dan Amy memberikan sinyal awal mengenai romansa antara Luke dan Lorelai yang akan berkembang. "Pesta Ulang Tahun Rory" juga memperkenalkan sebuah kalimat ikonis yang kini menjadi viral di TikTok. Setelah Rory memberikan Richard sebuah majalah yang berisi kuis tentang musim, ia bertanya, “Jadi, bagaimana hasilnya?” Jawaban Richard sangat jelas: “Saya adalah musim gugur.”

2. “A-Tisket, A-Tasket” (Musim 2, Episode 13)

Courtesy of BAZAAR US

Jika Anda bertanya-tanya seberapa banyak lagi tradisi unik dari Stars Hollow yang akan Anda saksikan, Anda mungkin merasakan hal yang sama dengan Jess, keponakan Luke yang tersesat dan memiliki ketertarikan khusus pada Rory (yang masih menjalin hubungan dengan Dean, ya). Dalam lelang keranjang piknik, Jess mengalahkan Dean untuk mendapatkan makan siang Rory. Tentu saja, Dean sangat marah, tetapi Rory dengan lembut mengingatkannya tentang pentingnya mengikuti tradisi kota sebelum pergi untuk menggoda Jess sambil menikmati sisa makanan dari kulkas. Jika ada episode yang bisa menggambarkan "Saya mendukung hak perempuan, tetapi yang lebih penting adalah kesalahan perempuan," maka ini adalah episode itu.

3. “A Deep-Fried Korean Thanksgiving” (Musim 3, Episode 9)

Courtesy of BAZAAR US

Apa yang membuat episode Thanksgiving di acara TV awal 2000-an selalu menarik perhatian saya? Episode ini, khususnya, adalah salah satu favorit saya dalam tema Thanksgiving. Lorelai dan Rory memiliki agenda liburan yang padat, sepakat untuk menghadiri empat perayaan Thanksgiving yang berbeda tanpa melewatkan satupun. Meski keduanya selalu cepat tanggap, sebenarnya Lane lah yang mencuri perhatian. Dalam upaya membuat ibunya yang konservatif menerima kekasihnya, Lane mempekerjakan Dave (diperankan oleh Adam Brody yang selalu memesona) untuk memainkan lagu pujian di latar belakang saat mereka menikmati hidangan tofurkey. Meskipun mereka hanya memiliki sedikit waktu bersama di layar, apa yang terjadi di antara mereka sangat menggugah hati.

4. “Raincoats & Recipes” (Musim 4, Episode 22)

Courtesy of BAZAAR US

Di episode final musim keempat ini, setiap hubungan dalam dunia Gilmore Girls mengalami perubahan yang tidak dapat dihindari. Ketegangan antara Luke dan Lorelai mencapai titik klimaks, Richard dan Emily mengumumkan perpisahan mereka yang mengejutkan, sementara Rory mencatat kesalahan romantis pertamanya di daftar panjang.

5. “You Jump, I Jump, Jack” (Musim 5, Episode 7)

Courtesy of BAZAAR US

Setelah kehadiran Dean dan Jess, masuknya tokoh cinta ketiga untuk Rory harus memperlihatkan sisi baru yang belum pernah dilihat penggemar sebelumnya. Episode ini berhasil melakukannya dengan sangat baik. Bertekad untuk menulis laporan tentang Life and Death Brigade, sebuah organisasi rahasia di Yale, Rory bergabung dengan Logan Huntzberger, sosok percaya diri dan berkelas, untuk berpetualang di hutan. Di sana, Logan memberikannya akses yang belum pernah ia lihat sebelumnya ke acara-acara glamor dan fantastis kelompok tersebut. Pengalaman baru ini benar-benar membuat Rory terpesona, baik secara fisik maupun emosional.

6. “Presenting Lorelai Gilmore” (Musim 2, Episode 6)

Courtesy of BAZAAR US

Tidak ada yang lebih mengguncang keseimbangan di dunia Gilmore Girls daripada kehadiran pria-pria dalam hidup mereka. Ketika Richard menghadapi masalah di kantor, ia meluapkan emosinya kepada Emily, meremehkan acara-acara sosial yang diadakannya melalui D.A.R. Sementara itu, Rory dengan sukarela ikut berpartisipasi dalam salah satu acara, bersiap untuk debutnya di sebuah pesta. Momen penting ini membawa ayahnya, Christopher, kembali ke kota. Christopher telah berubah banyak sejak terakhir kali kita bertemu, akhirnya menemukan sumber penghasilan yang stabil. Perubahan ini menarik perhatian Lorelai dan membuatnya penasaran.

7. “Let the Games Begin” (Musim 3, Episode 8)

Courtesy of BAZAAR US

Ini adalah hari setelah maraton dansa 24 jam dan pemutusan hubungan yang tak terduga (namun sangat pantas) antara Dean dan Rory. Namun, Rory tampak siap untuk memulai lembaran baru. Selain menjalin hubungan baru dengan Jess, ia juga mulai mengeksplorasi opsi kuliah di luar Harvard, termasuk mengikuti tur kampus di almamater kakeknya, Universitas Yale.

8. “Ted Koppel's Big Night Out” (Musim 4, Episode 9)

Courtesy of BAZAAR US

Dalam pandangan saya, Gilmore Girls mencapai puncak gemilangnya ketika matriarki keluarga, Emily, menghadapi tantangan besar. Di episode kesembilan musim keempat, kita mulai melihat tanda-tanda transformasi Emily saat keluarga Gilmore menghadiri acara tailgate untuk pertandingan sepak bola Yale vs. Harvard. (Kita tahu sesuatu yang dramatis akan terjadi ketika acara keluarga Gilmore dimulai dengan suasana yang ceria dan tampaknya tak berbahaya). Di acara tersebut, Richard bertemu dengan mantan kekasihnya dari masa kuliah, dan Emily berhasil mengungkap rahasia yang disembunyikan oleh suaminya.

9. “Kiss and Tell” (Musim 1, Episode 7)

Courtesy of BAZAAR US

Episode ini memperlihatkan bagaimana Stars Hollow menyemarakkan acara-acara uniknya, seperti Festival Musim Gugur tahunan. Bayangkan ribuan labu dan jerami yang menghiasi seluruh kota! Selain kegembiraan di alun-alun, hubungan Rory dengan Dean semakin menghangat, sementara Lorelai merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan kenyataan baru ini.

10. “The Lorelais’ First Day at Yale” (Musim 4, Episode 2)

Courtesy of BAZAAR US

Tidak ada yang lebih merepresentasikan musim gugur selain episode yang berkaitan dengan kembali ke sekolah. Lorelai mendampingi Rory saat hari pindah ke asrama di Yale. Di sini, perbedaan kepribadian mereka, Type A dan Type B, terlihat jelas, dengan Lorelai berusaha agar Rory meletakkan peta kampus dan brosur keamanannya, sejenak menikmati momen tersebut. Meskipun telah menyiapkan segalanya, Rory menemukan bahwa mengucapkan selamat tinggal kepada ibunya lebih sulit dari yang ia kira. Mereka akhirnya saling berpamitan dengan penuh haru, menandai awal dari babak baru dalam cerita Gilmore Girls.

11. “Let Me Hear Your Balalaikas Ringing Out” (Musim 6, Episode 9)

Courtesy of BAZAAR US

Ada yang harus menarik Rory dari tepi jurang emosionalnya, dan siapa yang menyangka itu adalah Jess? Karakter yang menjadi favorit para penggemar di antara semua pasangan Rory tiba-tiba muncul di episode ini, di mana ia menemukan Rory yang sangat berbeda dari terakhir kali ia melihatnya. Meskipun terasing dari ibunya dan dikelilingi oleh kakek-neneknya, Rory terjebak dalam suasana hati yang menyedihkan hingga kedatangan Jess. Bersiaplah untuk merasakan momen ketika Jess dengan tegas menyampaikan kebenaran pahit yang harus ia hadapi.

BACA JUGA:

Kembalinya Film GIlmore Girls

7 Drakor yang Tayang di Bulan Oktober 2024

(Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Vanesa Novelia; Foto: Courtesy of BAZAAR US)