Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Sudah Tahu Tentang Edge Bonding? Tren Perawatan Gigi Terbaru

Gigi Anda sudah diluruskan tetapi ingin ujungnya terlihat lebih rapi? Anda perlu tahu tentang 'edge bonding'.

Sudah Tahu Tentang Edge Bonding? Tren Perawatan Gigi Terbaru
Courtesy of BAZAAR UK

Dengan melonjaknya popularitas ortodontik, didorong oleh pelurusan gigi melalui aligner, kini muncul lagi penyesuaian gigi yang terbaru: edge bonding. 

Baca juga: Apakah Anda memiliki “Filler Fatigue”?

Yang paling mudah dan paling murah, yang mana adanya penambahan resin komposit dipasang pada tepi atau permukaan gigi, dengan tujuan untuk meningkatkan kesesuaiannya.

“Saya suka melakukan edge bonding setelah perawatan ortodontik, misalnya pasca-Invisalign,” jelas dokter gigi Dr Rhona Eskander. "Setelah gigi benar-benar lurus, kita dapat menempatkan beberapa ikatan untuk membuat tepi gigi terlihat lebih rapi" (karenanya prosedur ini disebut 'edge bonding'). Memang, bagi banyak ahli gigi, kawat gigi dan bonding berjalan beriringan, meskipun yang terakhir mungkin lebih jarang dibicarakan dari keduanya.

Sementara itu 'invisible braces' yang diciptakan terasa seperti fenomena yang relatif baru, edge bonding tentu saja tidak – tetapi telah melalui perjalanan panjang. "Ini hanyalah bahan white filling yang secara tradisional digunakan untuk gigi belakang. Selama lima hingga sepuluh tahun terakhir, estetika bonding telah meningkat; konsistensi dan rentang warna, serta ketahanannya. Dengan demikian, semakin banyak orang menggunakan bonding untuk gigi depan." 

Dr Rhona berteori bahwa 'Zoom boom' yang dipicu pandemi telah menjadi faktor lain dalam meningkatnya popularitas bonding, dengan orang-orang yang tidak hanya memperhatikan citra statis mereka tetapi juga citra dinamis mereka [dari] melihat wajah mereka dan tersenyum dalam gerakan". Sebelum tahun 2020, ia merawat pasien berusia 20 hingga 35 tahun, tetapi sekarang justru dibanjiri permintaan dari mereka yang berusia di atas 40 tahun.." 

Inilah penjelasan dokter gigi mengenai semua hal yang perlu Anda ketahui tentang edge bonding

Siapa yang cocok untuk menggunakan metode edge bonding?

Hanya digunakan untuk memperbaiki penampilan masing-masing gigi yang tidak rapih, "Edge bonding hanya cocok untuk kasus di mana gigi telah benar-benar lurus, yang berarti Anda mungkin memerlukan perawatan ortodontik terlebih dahulu," catatnya.

Beda bonding dan veneer

"Veneer adalah lapisan permukaan depan yang baru untuk gigi. Kita harus memahami bahwa veneer lebih invasif, dan mahal, daripada bonding. Namun, jika Anda menginginkan 'Hollywood look' yang lebih lengkap, veneer komposit akan memberikan bonding di tepi,"

Courtesy of Instagram @drrhonaeskander

Manfaat utama bonding: cepat dan nyaman

Selain untuk hasil estetis yang diinginkan, kelebihan bonding sangat banyak, Dr Rhona mengatakan: "Ini baik jika digunakan untuk meratakan gigi," ia juga menegaskan. "Tidak perlu suntikan untuk perawatannya, Anda tidak perlu mengebor gigi untuk memasang bonding, dan bonding bisa dipasang dalam satu atau dua kali kunjungan." 

Ini juga cepat untuk prosesnya, tambah Dr Rhona. “Biasanya dibutuhkan sekitar 30 menit hingga satu jam untuk menyelesaikan prosedur. Jika Anda memiliki banyak gigi, Anda mungkin perlu menjadwalkan beberapa kunjungan.”

Kelemahan dari bonding: bisa pecah dan menodai

"Ini sangat sensitif terhadap teknik dan jika tidak ditempatkan dengan baik, bonding bisa terlihat sangat buruk," ucapnya. "Bahkan jika tidak ditempatkan dengan baik, itu juga bisa menarik plak yang bisa menyebabkan penyakit gusi." Plus, ini memerlukan perawatannya tinggi dan bisa mudah pecah: "Anda perlu memastikan bahwa diet Anda optimal untuk menjaga bonding agar tetap terlihat bagus, dengan tidak minum terlalu banyak kopi hitam, red wine, ataupun merokok." 

Ketahanan bonding, dan cara merawatnya

Ini bervariasi. “Itu sangat tergantung oleh bahan apa yang digunakan, seberapa baik bahan itu ditempatkan, dan seberapa baik gigi yang dirawat. Secara umum bonding dapat bertahan antara dua hingga lima tahun, meskipun banyak orang berpengalaman yang mengatakan bahwa bahan itu dapat menjadi tumpul setelah beberapa tahun." 

Seperti yang telah dijelaskan, bonding dapat terkelupas dengan mudah, mengingat resin komposit tidak sekuat gigi asli, jadi "hindari menggigit kuku atau mengunyah es batu atau pulpen," sarannya. Orang-orang dengan bonding juga perlu menjadwalkan janji temu secara teratur dengan dokter gigi dan ahli kesehatan mereka, sehingga mereka dapat menjaga kesehatan dan penampilan dari hasil bonding

Bagaimana cara bonding bekerja dengan pemutih

"Bonding tidak bisa diputihkan, hanya gigi yang bisa diputihkan," ungkap Dr Eskander. Jadi jika Anda ingin senyum yang lebih cerah, "Anda harus memutihkan gigi terlebih dahulu – kemudian dokter gigi Anda akan mencocokkan bahan dengan warna gigi". Ada batasan seberapa putih Anda bisa mendapatkan senyum yang diimpikan ketika Anda memiliki bonding, tambahnya, itulah sebabnya beberapa orang lebih memilih veneer komposit.

Berapa biaya edge bonding?

Sekali lagi, ini tergantung pada praktiknya, Dr Rhona mencatat, "harga rata-rata untuk perawatan ini dapat berkisar dari £150-£600 (sekitar 2-6 juta rupiah)".

Baca juga:

Semua yang Anda Harus Ketahui tentang Hydra Facial

Segala Sesuatu yang Patut Anda Pahami Tentang Prosedur Kecantikan No-Knife Face-Lift

(Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR UK, Instagram @drrhoneeskander)