Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Apakah Anda memiliki "Filler Fatigue"?

Panduan yang disetujui para ahli untuk menghindari kecerobohan dalam memiliki prosedur estetika umum ini.

Apakah Anda memiliki
Courtesy of BAZAAR UK

Sejak hari dimana Kylie Jenner menjadi pelanggan dalam klinik kecantikan kami pada tahun 2015, dermal filler menjadi hal yang semakin diminati. Sementara industri bedah kosmetik di Inggris saat ini bernilai sekitar 3,6 miliar poundsterling, perawatan estetika seperti wrinkle-relaxing toxins dan dermal fillers yang menyumbang 9 dari 10 prosedur terbesar. 13,6 juta perawatan non-bedah dilakukan di seluruh dunia pada tahun 2019 saja dan meningkat 50,6 persen sejak 2015.

Baca juga: Semua yang Anda Harus Ketahui tentang Hydra Facial

Penyesuaian suntik yang cepat dan non-invasif, di mana dokter atau ahli kecantikan memasukkan asam hialuronat melalui jarum ke dalam kontur tertentu dari wajah untuk memanipulasi strukturnya, telah memenangkan banyak penggemar selama bertahun-tahun berkat hasil alami dibandingkan dengan operasi bedah. Tapi apa jadinya bila kita menjadi sedikit senang dengan jarum suntik? Kami mendapatkan 'filler fatigue' – sebuah istilah yang sayangnya, semakin sering digunakan dalam industri estetika karena pencarian kami akan kesempurnaan menjadi hal yang dicari.

Di sini, kami bertanya kepada para ahli bagaimana menghindari filler fatigue dan mencapai tampilan alami yang banyak diinginkan.

Apa itu filler fatigue?

Meskipun istilah tersebut menunjukkan bahwa kita seperti letih terobsesi dengan filler, namun sebenarnya mengacu pada apa yang terjadi ketika pengisi hidrofilik menarik lebih banyak air dan menciptakan hasil akhir yang menjadi tampak bengkak daripada yang dimaksud. Salah satu yang berpengalaman dengan istilah ini adalah ahli bedah gigi kosmetik dan dokter kecantikan wajah tingkat lanjut bernama Dr Nina Bal. Tampil di Body Fixers, Dr Nina telah melihat kecerobohan filler. “Sayangnya kita melihat semakin banyak filler fatigue akhir-akhir ini,” ucapnya. “Ini adalah hasil dari pasien yang memiliki beberapa tambahan mililiter filler yang disuntikkan, dan area bibir menjadi bertambah secara negatif. Ini mungkin tampak seperti bengkak dan tidak simetris,” ucapnya.

Tanpa regulasi yang tepat, tidak heran jika jumlah keluhan resmi tentang prosedur non-bedah meningkat dua kali lipat menjadi lebih dari 600 kasus dalam tiga tahun terakhir, menurut Save Face, daftar nasional praktisi terakreditasi. “Area yang paling umum kita lihat terjadi di klinik adalah di bawah mata (saluran air mata), rahang, bibir dan pipi,” ungkapnya.

Bagaimana mengidentifikasi apakah Anda mengalami filler fatigue?

Apakah Anda seorang ahli kecantikan atau pemula filler, kegelisahan akan hal-hal yang salah adalah kenyataan yang menakutkan. Meskipun kita semua pernah mendengar cerita horor dan melihat gambar perawatan yang gagal, filler fatigue terlihat tidak terlalu kentara penampilannya. “Secara anatomis, setiap pasien akan hadir secara berbeda,” jelas Dr Nina. 

Meskipun bertujuan untuk meremajakan atau menyegarkan secara alami, ada tanda-tanda buatan yang tidak dapat disangkal dari perawatan yang salah. “Apa yang saya lihat adalah pasien yang menjalani filler rahang akan merasa bagian bawah dari wajah mereka terlihat lebih berat setelah perawatan."

Sementara mereka yang telah menjalani perawatan berlebihan pada pipinya mungkin melihat atau merasakan kepenuhan di area ini, yang tidak sesuai dengan sewajarnya. Jika kantung air mata terlalu penuh atau pengisi telah disuntikkan di atas ligamen zygomatic, ini dapat menyebabkan pembengkakan yang sangat tidak wajar di bawah mata yang justru membuat Anda terlihat lebih lelah,” 

Penyalahgunaan tear trough filler sangat memprihatinkan. "MRI telah diselesaikan pada pasien yang telah menjalani perawatan lebih dari 10 tahun yang lalu dan ditemukan bahwa banyak yang masih memiliki pengisi kulit. Pasien-pasien ini mengalami pembengkakan kronis dan drainase limfatik yang buruk di daerah tersebut."

Apa yang menyebabkan terjadinya filler fatigue?

Anda telah melakukan penelitian dan membaca testimonial – tetapi terkadang hal-hal itu tidak berjalan sesuai rencana dan, menurut Dr Nina, alasannya ada dua. Pertama, perlakuan buruk: "Ini, misalnya, ketika pasien diberitahu bahwa filler pipi atau rahang akan 'mengangkat' pipi atau rahang mereka, itu tidak benar," pungkasnya. "Ilusi ini mengakibatkan pasien melakukan penyuntikkan berulang-ulang dengan harapan membentuk efek 'lifting’, ini bukanlah pilihan pengobatan terbaik untuk pasien.” 

Yang kedua adalah over-treatment: "Ini lebih mengacu pada pasien yang terus-menerus mendapatkan perawatan yang sama dan injektor yang merawat tidak menyelesaikan pemeriksaan ulang dan konsultasi secara menyeluruh dengan pasien. Kami paling sering melihat ini di bibir yang mana pasien memiliki beberapa perawatan, dan mereka mulai kehilangan bentuk 'anatomi' dari wajah asli mereka.” 

Hasilnya? Wajah yang terlalu mengembang jauh dari hasil akhir yang seimbang. Selain teknik dan pengendalian, para ahli dengan cepat memperingatkan bahwa pengisi hidrofilik khususnya adalah penyebab utama filler fatigue. Merek-merek populer seperti Juvederm Ultra, dua sentimeter dari tempat suntikan mengarah ke cadangan limfatik dan menciptakan hasil akhir yang lebih pucat. 

Bagaimana cara mencegah filler fatigue?

"Kenyataannya adalah filler itu mahal dan bukanlah sebuah perawatan yang hemat. Area sesuai permintaan pasien ini harus menjadi diskusi yang sangat bijaksana, holistik dan dinamis antara pasien dan injektor; daripada mereka meminta sejumlah filler, injektor harus mengedukasi pasien tentang rekomendasi perawatan yang paling aman dan terbaik untuk menghindari filler fatigue,” ucap, Dr Nina.

Di sisi lain, Dr Nina juga berpendapat bahwa pasien harus memilih injektor yang memiliki pendekatan pengobatan holistik dan pemahaman mendalam tentang anatomi wajah dan perubahan jangka panjang akibat penuaan yang harus dipertimbangkan. 

Baca juga:

Samarkan Lingkaran Hitam & Garis Halus dengan Serum Mata dari Clarins

Punya Wajah Flat? Anda Wajib Coba Serangkaian Treatment yang Bisa Membentuk Kontur Wajah Secara Natural

(Penulis: Jessica Harris; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)