Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Saatnya Lakukan 'Frugal Time Management' Agar Waktu Anda Lebih Berharga

Manajemen waktu hemat bukan sekadar bekerja lebih keras, tetapi bekerja lebih cerdas!

Saatnya Lakukan 'Frugal Time Management' Agar Waktu Anda Lebih Berharga
Courtesy of Pexels/Kaboompics.com

Waktu adalah salah satu sumber daya paling berharga namun sering terbuang sia-sia untuk hal-hal yang tidak penting. Seperti halnya uang, waktu juga harus digunakan dengan bijak agar produktivitas meningkat dan kehidupan tetap seimbang. Oleh sebab itu, penting bagi siapa saja untuk menerapkan manajemen waktu agar tepat guna dan hemat sehingga bisa membantu Anda tetap terorganisir dan terhindar dari stres. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan:

1. Menentukan Prioritas

Courtesy of Pexels/Vlada Karpovich

Tidak semua tugas memiliki tingkat kepentingan yang sama. Untuk mengelola waktu secara efektif, tugas-tugas harus diprioritaskan. Matriks Eisenhower dapat membantu Anda dalam membagi tugas ke dalam empat kategori yaitu mendesak dan penting, penting tetapi tidak mendesak, mendesak tetapi tidak penting, serta tidak mendesak dan tidak penting. Dengan menentukan prioritas, waktu Anda tidak akan terbuang untuk hal-hal yang tidak memberikan dampak signifikan terhadap tujuan utama.

2. Meniadakan Pemborosan Waktu

Courtesy of Pexels/Buro Millennial

Setiap hari, banyak orang kehilangan waktu berharga akibat gangguan seperti media sosial, menonton televisi berlebihan, atau melakukan percakapan yang tidak direncanakan. Aktivitas ini tampaknya tidak berbahaya namun dalam jangka panjang, hal-hal tersebut tentu dapat menyita waktu produktif Anda. So, menyadari dan membatasi faktor penghambat ini sangatlah penting. Menggunakan aplikasi pemantau screen time, menetapkan batas waktu untuk media sosial, dan menghindari multitasking mungkin bisa menjadi langkah awal untuk tetap fokus dan efisien.

3. Membuat Jadwal dan Rutinitas

Courtesy of Pexels/MART PRODUCTION

Jadwal yang terstruktur dapat mengurangi kebingungan dan meningkatkan efisiensi kerja. Membagi waktu dalam blok khusus untuk pekerjaan, tugas rumah tangga, dan istirahat disinyalir bisa membantu memastikan setiap kegiatan terselesaikan dengan baik. Mulailah hari dengan rutinitas pagi yang jelas serta tetapkan jadwal tidur dan makan Anda terutama bagi para orang tua yang memiliki anak. Hal ini dapat mengurangi kekacauan yang tidak perlu. Ketika segala sesuatu berjalan sesuai jadwal, waktu yang terbuang untuk menentukan langkah berikutnya pun dapat dikurangi.

4. Mengerjakan Tugas Sejenis Secara Bersamaan

Courtesy of Pexels/olia danilevich

Melompat dari satu jenis tugas ke tugas lainnya dapat menghambat produktivitas dan menyebabkan kelelahan mental. Sebaliknya, mengelompokkan pekerjaan sejenis dalam satu waktu dapat mempercepat penyelesaian tugas. Misalnya, Anda memilih untuk membalas semua email dalam satu sesi daripada secara berkala sepanjang hari, memasak dalam jumlah besar untuk beberapa hari ke depan, atau menyelesaikan pekerjaan rumah tangga sekaligus dalam satu waktu. Cara ini akan membantu Anda dalam menjaga fokus dan menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu yang lebih singkat.

5. Mendelegasikan dan Mengotomatisasi Tugas

Courtesy of Pexels/MART PRODUCTION

Delegasi dan otomatisasi adalah kunci dalam menghemat waktu. Jika beban pekerjaan terlalu banyak, jangan ragu untuk meminta bantuan. Pekerjaan rumah tangga dapat dibagi dengan anggota keluarga, sementara pembayaran tagihan dan belanja kebutuhan pokok bisa dilakukan secara otomatis melalui aplikasi. Semakin sedikit waktu yang dihabiskan untuk tugas berulang, semakin banyak waktu yang tersedia untuk kegiatan yang lebih produktif.

6. Menetapkan Batas Waktu untuk Setiap Tugas

Courtesy of Pexels/Black Ice

Hukum Parkinson menyatakan bahwa "pekerjaan akan meluas sesuai dengan waktu yang tersedia untuk menyelesaikannya." Jika tidak ada batasan waktu, sebuah tugas bisa memakan waktu lebih lama dari yang seharusnya. Oleh karena itu, menetapkan tenggat waktu yang ketat dapat meningkatkan efisiensi. Teknik Pomodoro, yang membagi waktu kerja menjadi 25 menit dengan jeda 5 menit, dapat membantu meningkatkan fokus dan produktivitas. Selain itu, menantang diri sendiri untuk menyelesaikan tugas lebih cepat serta menghindari perfeksionisme yang berlebihan juga bisa menjadi cara efektif untuk bekerja lebih efisien.

7. Merencanakan Hari dengan Matang

Courtesy of Pexels/Bruno Bueno

Perencanaan yang baik dapat menghemat waktu dan mencegah stres di menit-menit terakhir. Meluangkan waktu setiap malam untuk menyusun daftar tiga prioritas utama keesokan harinya, mengatur jadwal, serta mengantisipasi kemungkinan hambatan akan membantu menjaga keteraturan. Dengan rencana yang jelas, hari bisa dimulai dengan lebih terarah dan produktif.