Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bagaimana Desain Paling Ikonis Cristóbal Balenciaga Direkonstruksi untuk Acara TV Baru

Perancang kostum, Bina Daigeler, mengambil tantangan untuk menghormati karya desainer tersebut dalam seri Disney + ini.

Bagaimana Desain Paling Ikonis Cristóbal Balenciaga Direkonstruksi untuk Acara TV Baru
Courtesy of Bazaar UK

Untuk para penggemar sejarah mode, tahun 2024 menjanjikan pengalaman yang luar biasa. Kami memiliki "The New Look," yang menceritakan kisah persaingan antara Christian Dior dan Coco Chanel; "Kaiser Karl," yang menggambarkan kehidupan dan karya Karl Lagerfeld; dan "Cristóbal Balenciaga," sebuah seri berisi enam bagian yang berpusat pada karier menarik dari desainer ikonis asal Spanyol.

BACA JUGA: Dokumenter Parfum Baru dari Dior Beauty yang Wajib Anda Tonton Bulan Ini

Seri terakhir ini, yang dirilis hari ini, menyajikan gambaran indah tentang kehidupan Balenciaga, dengan rekreasi luar biasa dari beberapa karyanya yang paling berkesan, sebuah tugas yang tidak mudah dilakukan.

"Ada banyak tekanan," kata perancang kostum Bina Daigeler tentang proyek ini, yang melibatkannya dalam membangun kembali beberapa penampilan catwalk Balenciaga yang paling terkenal dari awal, sementara ia juga ditugaskan untuk mendandani seluruh pemeran. "Saya ingin sangat menghormati karena ada begitu banyak minat dalam era sejarah mode ini, dan saya benar-benar ingin mewakili desainnya dengan sebaik mungkin."

Seperti halnya dalam setiap proyek film, terutama yang melibatkan mode sebagai pendorong naratif, Bina harus melakukan sejumlah penelitian yang signifikan. "Saya sangat familier dengan karyanya, tetapi ketika Anda memulai proyek seperti ini, Anda menyadari bahwa ada begitu banyak hal yang perlu diketahui." Ini melibatkan membaca setiap buku yang mungkin tentang desainer tersebut, mengunjungi berbagai pameran di seluruh dunia, serta menelusuri arsip Balenciaga, Chanel, dan Dior. "Saya beruntung bisa melakukannya," katanya. "Ini sangat membantu dalam merekonstruksi kostum karena sebaliknya semuanya akan didasarkan pada foto dan sketsa."

Penampilan di runway adalah yang paling intensif. Bukan hanya desain-desain ini yang sebenarnya dikenali oleh orang, tetapi semuanya dibuat dari awal, sementara sebagian besar pakaian yang dikenakan para aktor diperoleh dari toko-toko vintage atau dipinjam dari rumah kostum.

Courtesy of Bazaar UK

"Tantangan terbesar sebenarnya adalah jadwal waktu yang kami miliki, kami sedang dalam tahap produksi dan harus mematuhi jadwal pengambilan gambar, sering kali kami menunggu pemilihan pemeran karena kami membutuhkan yang tepat untuk setiap model, dan itu sangat ketat," katanya. "Penelitian kain, itu juga sangat sulit. Untungnya, kami memiliki arsip dengan kain-kain lama sebagai referensi, jadi kadang-kadang kami harus menggabungkan beberapa kain bersama untuk mendapatkan berat, struktur, dan bentuk tubuh yang tepat dan yang kami butuhkan untuk rekonstruksi. Kami kemudian membuat banyak prototipe untuk mendapatkan bentuk yang tepat, standar kami sangat tinggi sehingga kami harus memenuhinya."

Ini jelas merupakan pekerjaan keras, tetapi proses tersebut membuat Bina jatuh cinta dengan setiap kostum yang ia buat dan membuatnya sangat menghargai produk akhir.

Courtesy of Bazaar UK

"Ketika Anda menghabiskan begitu banyak waktu untuk menyempurnakan sesuatu, Anda mulai mencintai setiap kostum yang Anda buat karena prosesnya begitu indah," katanya. "Saat Anda menemukan kain yang tepat dan kemudian melihatnya di manekin, dan kemudian di model, semuanya menyatu dengan rambut dan riasan, itu sangat indah."

Tentu saja, ini adalah pekerjaannya, dan Bina telah bekerja pada beberapa film besar yang dikenal karena gayanya (yang paling terkenal adalah film Tár yang dibintangi Cate Blanchett), tetapi proyek ini memberinya wawasan baru ke dalam dunia mode.

"Tentu saja saya adalah seorang penjahit, tetapi saya belajar begitu banyak tentang bentuk-bentuk dan apa yang terlibat dalam pembuatan prototipe. Saya juga belajar banyak tentang bagaimana rumah mode beroperasi pada masa itu, dan bagaimana mereka beroperasi sekarang. Saya mendapatkan begitu banyak apresiasi untuk couture, tetapi juga untuk mode kontemporer."

Courtesy of Bazaar UK

Menyelami dunia Balenciaga, membangun rasa penghargaan besar terhadap dampak yang dimilikinya pada dunia mode saat ini, katanya. "Ia benar-benar menciptakan beberapa potongan paling ikonis pada tahun 1950-an dan 1960-an, sangat maju untuk zamannya dan mengubah banyak hal. Ada bentuk-bentuk yang dilakukan desainer lain dan ia memilih untuk melakukan sesuatu yang benar-benar berlawanan dengan itu. Ketika ia mulai membuat bentuk desain balon, disaat itu Dior membuat busana 'The New Look', jadi itu adalah kebalikan total, yang sangat berani. Ia tidak takut dan benar-benar memiliki gaya sendiri, yang membuatnya menjadi ikon dan seniman yang sangat istimewa."

Minat terhadapnya, dan secara lebih luas terhadap lahirnya mode modern, jelas belum pernah sebesar sekarang ini dengan rilisnya semua acara TV ini. Mengapa menurutnya kita tidak bisa mendapatkan cukup dari dunia ini saat ini?

"Ini sesuatu yang begitu indah, saya pikir orang ingin melihat kreasi-kreasi ini. Itu adalah waktu ketika segalanya masih dibuat secara handmade, dan ini adalah refleksi yang sangat baik dari sejarah, dari zamannya. Tetapi juga, berbeda dengan seni atau arsitektur, kita semua berpakaian setiap hari dan jadi selalu ada minat lebih terhadap mode karena setiap orang memiliki hubungan pribadi dengannya."

"Cristóbal Balenciaga" sudah dapat ditonton sekarang di Disney+.

BACA JUGA:

Mengapa Musim Keenam Menjadi Koleksi Pakaian Terbaik Seri The Crown

Fakta Lengkap Seputar Seri Terbaru Christian Dior

(Penulis: Clara Strunck; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)