Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Fakta Lengkap Seputar Seri Terbaru Christian Dior

Serial Apple TV "The New Look," yang dibintangi oleh Ben Mendelsohn, Juliette Binoche, dan Maisie Williams, akan menggali kehidupan desainer legendaris tersebut.

Fakta Lengkap Seputar Seri Terbaru Christian Dior
Courtesy of Bazaar UK

Sama seperti Christian Dior sendiri di Paris tahun 1947, Apple TV diam-diam menciptakan salah satu acara mode paling dinantikan musim ini.

BACA JUGA: Pameran Judy Chicago Bersama Dior di New York

Program ini, berjudul "The New Look" dan berdasarkan kehidupan serta warisan desainer mode Christian Dior, dijadwalkan untuk tayang perdana pada bulan Februari 2024. Berikut adalah informasi yang kami ketahui sejauh ini.

Apa yang akan dibahas dalam acara ini?

Dengan dibungkus dalam kerahasiaan, detail mengenai "The New Look" perlahan-lahan muncul. Serial ini akan menjelajahi kebangkitan Christian Dior, persaingannya dengan Coco Chanel, hubungannya yang erat dengan saudara perempuannya, Catherine Dior, dan bagaimana ia mendirikan merek yang masih menjadi pemimpin industri lebih dari 75 tahun kemudian.

Courtesy of Bazaar UK

Syuting yang dimulai pada Mei 2022, berlangsung secara eksklusif di Paris dengan 30 Montaigne (alamat Christian Dior di ibu kota Prancis) memegang peran sentral dalam seri ini. Hingga saat ini, para staf berbicara tentang mendengar hantu Monsieur Dior di tangga terkenalnya, menyebut rumah tersebut sebagai tempat legendaris yang penuh rahasia.

Menurut Apple TV+, drama sejarah 10 episode karya Todd A. Kessler "berfokus pada momen penting pada abad ke-20 ketika [Paris] memimpin dunia kembali ke kehidupan melalui ikon mode-nya, Christian Dior". Soundtrack untuk seri ini diproduksi oleh pemenang Grammy Award, Jack Antonoff, dan menampilkan cover lagu-lagu populer dari awal hingga pertengahan abad ke-20 yang dinyanyikan oleh Florence Welch, Lana Del Rey, Nick Cave, dan lainnya.

Apa cerita sebenarnya di balik "The New Look"?

Lanskap mode kota Paris mendapatkan popularitas baru pasca-perang. Ini adalah waktu yang menarik, itulah sebabnya saya memilihnya sebagai latar belakang novel terbaru saya, "The Last Dress From Paris," dengan koleksi gaun Christian Dior yang tak ternilai menjadi pusat perhatian. Enam bulan penelitian mengungkap seorang desainer yang terobsesi dengan kesempurnaan, seorang pria yang mungkin meminta melihat 30 jenis wol hitam yang berbeda sebelum ia memilih favoritnya, hanya untuk mengubah keputusan itu lagi pada hari berikutnya. Christian Dior memimpin sebuah atelier di mana pembuatan gaun diukur dalam minggu, bukan jam, dan di mana korset internal merupakan pakaian yang begitu rumit, sehingga seorang wanita tidak dapat mengenakan pakaian itu sendiri.

Courtesy of Bazaar UK

Kursi-kursi di pertunjukannya sering kali ditentukan oleh kesetiaan seseorang terhadap brand daripada kekayaannya, dan beberapa tamu terpaksa duduk di tangga atau berdiri di pintu masuk untuk melihat koleksi baru. Tim di belakang panggung sangat mahir membaca suasana, mereka bisa membedakan antara tepuk tangan dari seorang anggota pers dan dari klien favorit.

Hubungan keakraban antara para model, atau manekin seperti yang dikenal, sangat terasa di ruang ganti kecil, the cabine, di mana mereka menulis surat cinta mereka di antara sesi penataan. Para perempuan yang bekerja pada gaun pengantin biasanya menjahit sehelai rambut mereka sendiri ke dalam lipatan untuk menemukan suami dalam tahun yang akan datang, sementara para model sendiri enggan mengenakannya. Dipercayai bahwa siapa pun yang melakukannya tidak akan pernah menjadi seorang pengantin dalam kehidupan nyata.

Akankah mencakup drama di dunia fashion?

Serial ini akan memberikan lebih dari sekadar Dior kepada para penggemar high fashion. Para pesaing dan rekannya, mulai dari Cristóbal Balenciaga, Hubert de Givenchy, Pierre Balmain, dan Pierre Cardin, hingga Yves Saint Laurent (yang kemudian menjadi perancang busana termuda di dunia saat ia mengambil alih dari Christian Dior setelah kematiannya) semuanya akan ditampilkan. Bahkan ada laporan bahwa The New Look akan diadaptasi menjadi seri antologi yang berfokus pada kelompok mode baru setiap musimnya.

Courtesy of Bazaar UK

Apple telah mengonfirmasi bahwa Coco Chanel akan banyak diceritakan di sini, dan mendeskripsikan series tersebut sebagai "cerita hebat yang disebut sebagai Perang Dunia II dalam dunia fashion di Paris, ketika kekuasaan perancang busana ternama di dunia, Coco Chanel, berakhir, dan era Christian Dior mulai menjulang tinggi."

Siapa yang akan membintangi The New Look?

Pertanyaan tentang siapa yang akan membintangi pertunjukan itu berputar sebanyak salah satu rok klasik Dior dengan penuh kegembiraan. Christian Dior sendiri akan diperankan oleh aktor Australia, Ben Mendelsohn, tetapi bagaimana eksekutif produser Todd A. Kessler (yang Anda kenal dari Damages dan The Sopranos) akan menangani kepribadian ganda terkenal Christian Dior?

Courtesy of Bazaar UK

John Malkovich akan memerankan Lucien Lelong, presiden Chambre Syndicale de la Haute Couture, yang pertama kali mempekerjakan Christian Dior saat ia muda, dan bintang Prancis, Juliette Binoche, akan berperan sebagai Coco Chanel. Emily Mortimer telah dipilih sebagai Eva Colozzi, sahabat dan muse Chanel, sementara Claes Bang memerankan perwira intelijen Jerman, Hans Von Dincklage.

Courtesy of Bazaar UK

Courtesy of Bazaar UK

Maisie Williams, yang dikenal lewat Game of Thrones, akan mengambil peran sebagai saudara perempuan Christian Dior, Catherine, yang merupakan pejuang resistensi Prancis dan inspirasi dari wewangian ikonis Miss Dior. Maisie memberikan wawasan menarik tentang pengalamannya di lokasi syuting pada bulan Desember, ketika ia mengunggah gambar dirinya di Instagram, mengenakan setelan wol gelap di salah satu ruang kerja Christian Dior, dengan gulungan dan sampel kain terlihat di latar belakang.

Kapan seri ini akan dirilis?

Dengan sesuai, mengingat musim favorit Christian Dior adalah musim semi, seri ini dijadwalkan akan tayang pada tanggal 14 Februari 2024. Seperti halnya presentasi awal Dior di 30 Montaigne, mungkin salah satu alamat tenar di dunia mode dan tempat kelahiran warisan mode. 

BACA JUGA:

Ratu Camilla Memakai Koleksi Dior Couture di Acara Kenegaraan di Istana Versailles

Dior Spa Mengambil Alih Dunia

(Penulis: Jade Beer; Artikel ini disadur dari: BAZAAR UK; Alih bahasa: Riza Arya; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)