Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

12 Novel Wajib Baca Sebelum Anda Menyaksikan Filmnya

Kisah-kisah menarik yang tak boleh Anda lewatkan untuk dibaca sebelum diadaptasi menjadi film layar lebar

12 Novel Wajib Baca Sebelum Anda Menyaksikan Filmnya

Ada sekian banyak cerita novel yang diangkat ke layar lebar akhir-akhir ini. Sebut saja seperti Crazy Rich Asians, A Wrinkle In Time, dan The Children Act yang tayang di tahun 2018 lalu. Tak ketinggalan adalah novela berjudul Codename Villanelle karangan Luke Jennings yang dilambungkan melalui serial televisi BBC Amerika, Killing Eve.


Cerita film yang diadaptasi dari novel tentu akan terus berkembang dan bertambah. Kabar baiknya, tahun ini kita pun akan dimanjakan dengan kisah-kisah menarik dengan kehadiran bintang-bintang ternama yang akan menghidupkan narasi para pengarang. Keira Knightley, Blake Lively, dan Cate Blanchett adalah beberapa aktris yang siap menghibur Anda lewat layar lebar dan televisi.


Sebelum menikmati filmnya, alangkah baiknya bila Anda menyiapkan waktu untuk membaca bukunya terlebih dahulu. Daftar berikut akan membantu Anda untuk melihat film apa saja yang akan dibuat berdasarkan novel-novel laris yang siap tayang tahun ini.

1. The Goldfinch karangan Donna Tartt


Novel sensasional The Goldfinch merupakan karya ketiga dari penulis asal Amerika, Donna Tartt, yang akan naik ke layar lebar pada bulan Oktober 2019 mendatang. Buku yang mendapatkan penghargaan Pulitzer di tahun 2014 ini bercerita tentang kehidupan seorang anak laki-laki bernama Theo yang berubah drastis sejak tragedi yang menimpanya.

Meski selamat, Theo yang saat itu berusia 13 tahun terpaksa kehilangan ibunya. Karakter Theo akan diperankan oleh bintang film Baby Driver yaitu Ansel Elgort yang juga akan bermain bersama Nicole Kidman dan Sarah Paulson.


2. Little Women oleh Louisa May Alcott


Sutradara film Lady Bird, Greta Gerwig, dipercaya untuk mengarahkan cerita fiksi klasik dari novel Little Women yang dipublikasikan untuk pertama kalinya pada tahun 1868. Pemain film papan atas akan mengisi daftar pemeran, di antaranya adalah Meryl Streep, Saoirse Ronan, Emma Watson, Florence Pugh, Laura Dern, dan Timothée Chalamet.

Karya literatur Amerika ini mengisahkan tentang perjuangan hidup empat wanita bersaudara dan wajib untuk masuk ke dalam daftar baca Anda. Diperkirakan, Little Women akan tayang di bioskop pada bulan Desember 2019 atau awal tahun 2020.


3. Elizabeth is Missing oleh Emma Healey


Cerita menyentuh datang dari Maud, seorang wanita tua yang menderita penyakit demensia. Suatu ketika ia menemukan sebuah catatan bertuliskan 'Elizabeth is missing' dalam tulisan tangannya sendiri. Sejak saat itu ia berupaya untuk mencari tahu apa yang terjadi dengan sahabatnya tersebut meski harus berjuang untuk mengingat.

Emma Healey sang pengarang berhasil mengantarkan novel karangannya ini untuk meraih penghargaan Costa First Novel di tahun 2014. Kini karyanya akan diadaptasi menjadi film berdurasi 90 menit di bawah arahan penulis naskah Andrea Gibb yang sebelumnya mengerjakan Swallows and Amazons. Elizabeth is Missing dijadwalkan akan tayang di BBC pada bulan September 2019.


4. The A.B.C. Murders karangan Agatha Christie


The A.B.C. Murders menjadi salah satu dari sekian bukti yang menunjukkan bahwa cerita detektif karangan Agatha Christie akan selalu abadi. Novel fiksi bergenre thriller yang diterbitkan pada tahun 1930 tersebut akan dibuat menjadi tiga bagian mini-series BBC dengan John Malkovich sebagai detektif Hercule Poirot bersama dengan Rupert Grint dan Shirley Henderson. Episode pertamanya sudah ditayangkan di saluran BBC One pada tanggal 26 Desember 2018 lalu.


5. Les Misérables karya Victor Hugo


Selain The A.B.C Murder, BBC One juga menayangkan serial televisi dari buku klasik terkenal terbitan tahun 1862 yaitu Les Misérables. Tak kalah dengan film layar lebarnya, serial ini pun bertabur bintang, di mana Anda dapat melihat aksi Dominic West, Lily Collins, dan Olivia Colman sebagai para pemeran utamanya.

Episode pertamanya telah ditayangkan pada tanggal 30 Desember lalu. Pastikan Anda meluangkan waktu yang cukup untuk menikmati buku roman ini mengingat bahwa Les Misérables merupakan karya sastra dengan halaman yang sangat tebal.


Baca juga: Kumpulan Novel Romantis Terbaik yang Patut Anda Baca


6. If Beale Street Could Talk karangan James Baldwin


Dengan latar belakang wilayah Harlem di kota New York, cerita ini dinarasikan dari sudut pandang Tish, seorang perempuan berusia 19 tahun yang tengah hamil. Pria yang ia cintai sekaligus ayah dari anak yang dikandungnya mendekam di dalam penjara akibat tuduhan yang salah terkait kasus pemerkosaan. Film If Beale Street Could Talk diarahkan oleh sutradara peraih piala Oscar, Barry Jenkins. Dapat dipastikan filmnya tak akan kalah menyentuh dengan buku karya James Baldwin ini.


7. A Private War oleh Marie Brenner


A Private War adalah kisah yang menggambarkan keberanian seorang jurnalis dan koresponden perang asal Amerika, Marie Colvin, yang tewas terbunuh saat konflik di Suriah pada tahun 2012. Rekan jurnalisnya, Marie Brenner, mendokumentasikan kisah hidupnya dalam sebuah buku dan kini diadaptasi menjadi film layar lebar.

Rosamund Pike akan memerankan sosok Marie Colvin dan di sini ia juga bermain bersama aktor kawakan lainnya, Stanley Tucci dan Jamie Dornan.


8. The Rhythm Section karya Mark Burnell


Blake Lively dan Jude Law akan berakting bersama dalam cerita thriller yang ditulis pada tahun 1999. Blake akan berperan sebagai tokoh utama bernama Stephanie. Ia bergabung dalam sebuah organisasi intelijen rahasia setelah mengetahui bahwa kecelakaan pesawat yang menewaskan keluarganya terjadi karena serangan teroris. Sejak saat itu ia berusaha untuk melakukan balas dendam. The Rhythm Section dijadwalkan akan tayang di bioskop pada tanggal 22 Februari 2019.


9. The Aftermath karangan Rhidian Brook


The Aftermath mengambil latar waktu pasca perang di Jerman tahun 1946. Rachael Morgan (Keira Knightley) tiba di Hamburg untuk bertemu kembali dengan suaminya, seorang kolonel Inggris bernama Lewis Morgan yang ditugaskan untuk membangun kembali kota tersebut.

Secara tak terduga, suaminya memutuskan untuk tinggal bersama seorang duda Jerman dan anak perempuannya. Apa yang terjadi selanjutnya adalah sebuah kisah yang diliputi dengan kesedihan, emosi, dan pengkhianatan. Film yang disutradarai oleh James Kent ini akan tayang pada tanggal 1 Maret 2019 di Inggris.


10. Where’d You Go, Bernadette karangan Maria Semple


Ketika dipublikasikan pada tahun 2012 lalu, novel ini diklaim sebagai karya yang cerdas dan menggugah. Bulan Maret 2019 mendatang akan menjadi momen untuk menyaksikan bagaimana Cate Blanchett dan Kristen Wiig menghidupkan karakter dalam buku tersebut melalui sebuah film.

Drama komedi arahan Richard Linklater ini menceritakan tentang seorang ibu baik hati yang tiba-tiba menghilang sesaat sebelum wisata keluarga ke Antartika. Anak perempuannya yang bernama Bee berusaha sekuat tenaga untuk mecari tahu kemana sang ibu pergi.


11. Pet Sematary oleh Stephen King


Bukanlah hal yang asing lagi bila film-film horor dan thriller terbaik hingga saat ini lahir dari adaptasi karya Stephen King. Sebagai contoh adalah The Shawshank Redemption, It, dan The Shining. Kisah Pet Sematary telah menghantui para pembacanya sejak novelnya diterbitkan untuk pertama kali pada tahun 1983.

Sutradara Kevin Kölsch dan Dennis Widmyer siap membuat film remake ini tak kalah menyeramkan. Pet Sematary akan tayang di bioskop pada bulan April mendatang.


12. The Woman in the Window karangan A. J. Finn


Buku best-selling karya penulis asal Amerika ini dapat dikatakan memiliki cerita thriller yang gelap dan penuh kejutan. Karakter utamanya, Anna Fox (diperankan oleh Amy Adams), memiliki gangguan kecemasan sehingga ia tak pernah keluar dari apartemennya selama sepuluh bulan. Namun semua itu kemudian berubah ketika ia menyaksikan sesuatu yang mengerikan lewat jendela rumahnya, sesuatu yang tak seharusnya ia lihat. Film ini dijadwalkan untuk dirilis pada bulan Oktober 2019.


(Penulis:Anna Bonet ; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Alih Bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)