Kolaborasi Eksklusif Zenith x Porter untuk Para Penjelajah Waktu

Zenith x Porter meluncurkan jam tangan Pilot edisi terbatas dan tas messenger eksklusif.

Courtesy of Zenith x Porter


Sebuah perjalanan tak hanya soal destinasi, melainkan juga tentang pengalaman dan kenangan yang terukir di sepanjang jalan. Inspirasi inilah yang diwujudkan dalam kolaborasi memukau antara brand tas ikonis asal Jepang, Porter dan Zenith, brand jam tangan mewah asal Swiss. Keduanya mempersembahkan koleksi jam tangan Pilot edisi terbatas yang dibalut dalam keramik khaki nan elegan, sebuah perpaduan sempurna antara kepraktisan dan kemewahan.

BACA JUGA: Zenith Dreamhers Berupaya Menjadi Wadah Women’s Empowerment & Gender Equality

Namun, kolaborasi ini tak berhenti pada mahakarya penunjuk waktu semata. Porter, yang dikenal dengan desain fungsional dan material berkualitas tinggi, turut menghadirkan sebuah tas messenger yang dirancang khusus untuk menyimpan kotak jam tangan Zenith. Tas berwarna khaki khas Porter ini memiliki detail lining berwarna biru khas Zenith, sebuah penghormatan bagi langit malam yang menjadi saksi bisu perjalanan para penerbang. Signature Porter dan Zenith yang tersemat di tas ini semakin mempertegas eksklusivitas kolaborasi tersebut.

Courtesy of Zenith x Porter

Tas messenger ini dirancang dengan memperhatikan detail dan fungsionalitas, sebagaimana halnya jam tangan Pilot yang menjadi centerpiece koleksi ini. Kompartemen utama tas cukup luas untuk menyimpan kotak jam tangan Zenith dengan aman, sementara kantong tambahan di bagian dalam dan luar memberikan ruang ekstra untuk menyimpan barang-barang esensial lainnya. Material yang dipilih pun tak sembarangan; Porter menggunakan bahan kain nilon yang kuat dan tahan lama, menjamin keamanan dan ketahanan tas dalam menemani setiap perjalanan.

Pilot Automatic Porter Edition: Presisi Waktu dalam Balutan Keramik Khaki

Koleksi jam tangan yang menjadi bintang dalam kolaborasi ini terdiri dari dua model, yaitu Pilot Automatic dan Pilot Big Date Flyback chronograph, masing-masing diproduksi terbatas sebanyak 500 buah. Pilot Automatic Porter Edition menampilkan casing berdiameter 40 mm yang terbuat dari keramik khaki. Warna olive yang menawan pada casing jam tangan ini terinspirasi dari warna khas tas Porter. Dengan sentuhan akhir matte di seluruh permukaannya, casing jam tangan ini memberikan kesan kokoh yang begitu maskulin.

Courtesy of Zenith x Porter

Mahkota jam tangan berukuran besar yang menjadi ciri khas jam tangan Zenith Pilot terbuat dari baja black PVD dengan bentuk angular yang modern. Mahkota jam tangan ini tetap mudah diputar meskipun menggunakan sarung tangan.

Dial jam tangan yang bertekstur dan berlekuk terinspirasi dari lembaran logam bergelombang yang digunakan pada badan pesawat terbang tua. Dengan warna khaki yang senada dengan casing-nya, dial jam tangan ini diberi signature Zenith dan Porter. Jarum jam, menit, dan detik hadir dalam warna orange cerah yang kontras, terinspirasi dari warna orange di bagian dalam tas Porter. Angka Arab luminescent berukuran besar dengan font ramping diaplikasikan sebagai penanda logam yang diisi dengan Super-LumiNova putih.

Courtesy of Zenith x Porter

Di posisi jam 6, terdapat jendela tanggal dengan roda tanggal putih di atas dasar khaki. Penanda jam luminescent berbentuk garis putih datar, mengingatkan pada instrumen cakrawala buatan di pesawat terbang. Sebagai kebanggaan Zenith, dial jam tangan ini ditandai dengan "Pilot", karena Zenith tetap menjadi brand pertama dan satu-satunya yang memegang hak untuk menandai dial-nya dengan istilah tersebut.

Pilot Big Date Flyback Porter Edition: Mahakarya Chronograph untuk Para Penjelajah

Courtesy of Zenith x Porter

Model kedua dalam kolaborasi ini adalah Pilot Big Date Flyback Porter Edition. Jam tangan ini hadir dengan casing keramik khaki matte berdiameter 42.5mm yang dilengkapi dengan tombol dan mahkota black PVD.

Ditenagai oleh kaliber chronograph high-frequency otomatis El Primero generasi terbaru, jam tangan ini dibekali dengan dua fungsi yang sangat dihargai oleh para penerbang: big date dan fungsi flyback.

Courtesy of Zenith x Porter

Dial khaki bertekstur dirancang untuk memudahkan pembacaan waktu. Jarum jam berwarna orange digunakan untuk menunjukkan waktu dan fungsi chronograph. Penghitung 30 menit chronograph menampilkan garis orange dan putih yang bergantian untuk memudahkan membedakan tanda 5 menit. Tampilan tanggal berukuran besar dengan angka putih pada disk khaki dioperasikan oleh mekanisme compliant yang dipatenkan, yang memajukan dan menstabilkan kedua roda Big Date dalam waktu kurang dari 0.03 detik.

Fungsi flyback memungkinkan fungsi chronograph diatur ulang ke nol dan dimulai kembali hanya dengan menekan satu tombol. Fungsi ini sangat berguna bagi para pilot karena menyederhanakan pengoperasian dan memungkinkan mereka untuk merekam waktu berturut-turut tanpa harus menghentikan dan memulai ulang chronograph.

Courtesy of Zenith x Porter

Kedua jam tangan dalam koleksi Zenith x Porter ini dilengkapi dengan dua tali jam yang dapat dipertukarkan dengan mudah menggunakan sistem pelepasan cepat tanpa memerlukan alat. Tali pertama terbuat dari kain nilon khaki yang tahan lama dengan elemen Velcro orange dan logo signature Porter. Tali kedua terbuat dari karet berwarna khaki dengan efek cordura dan gesper lipat baja black PVD.

Koleksi Pilot Automatic Porter Edition dan Pilot Big Date Flyback Porter Edition diproduksi terbatas sebanyak 500 buah untuk setiap modelnya dan tersedia secara eksklusif di butik fisik dan online Zenith di seluruh dunia.

BACA JUGA:
12 Jam Tangan Mewah Pilihan Bazaar dari LVMH Watch Week
Kembalinya Antusiasme Dunia Jam Tangan di LVMH Watch Week 2023 Singapura

(Penulis: Matthew De Jano)