Daftar Film Komedi Romantis Terbaik yang Dibuat pada Tuhan 2000-an

Termasuk film-film klasik dari legenda komedi romantis seperti Sandra Bullock, Jennifer Lopez, Kate Hudson, dan Queen Latifah.

Courtesy of BAZAAR US


Dekade '90-an sering disebut sebagai era keemasan film komedi romantis. Namun, formula yang mungkin awalnya diracik pada tahun 90-an akhirnya disempurnakan pada tahun 2000-an.

BACA JUGA: 10 Komedi Romantis Klasik Terbaik Sepanjang Masa

Komedi romantis yang dibuat pada milenium baru terasa berbeda. Film-film ini biasanya dibintangi oleh jajaran wanita pekerja keras dan kosmopolitan (Lihat: Andie Anderson di How to Lose a Guy in 10 Days, atau Sara Melas di Hitch), dan seorang kekasih yang memesona yang pasti menghancurkan ekspektasi kencan generasi mendatang (saya melihatmu, Mark Ruffalo di 13 Going on 30). Secara keseluruhan, dekade antara tahun 2000 dan 2010 melahirkan beberapa film paling romantis yang pernah ada di Hollywood, dan membantu mengukuhkan status bintang film dari beberapa aktris favorit kita, termasuk Anne Hathaway, Jennifer Lopez, dan Kate Hudson.

Berikut ini, Bazaar telah mengumpulkan 20 film komedi romantis terbaik yang dibuat pada tahun 2000-an, dari film klasik seperti My Big Fat Greek Wedding hingga film blockbuster asing seperti Bridget Jones's Diary.

How to Lose a Guy in 10 Days (2003)

Courtesy of BAZAAR US

Bisa dibilang tidak ada contoh yang lebih baik dari film komedi romantis yang dieksekusi dengan sempurna selain How to Lose a Guy in 10 Days. Film tahun 2003 ini memberikan semua yang penonton inginkan dari genre ini: chemistry yang menular antara dua pemeran utama (dalam hal ini, Kate Hudson dan Matthew McConaughey), kiasan miskomunikasi yang membuat pemeran utama wanita dan kekasihnya lepas kendali, dan pakaian kosmopolitan yang akan selamanya hidup di Hall of Best-Dressed Movie Characters (perlukah saya menyebutkan slipdress kuning Kate?). Di majalah wanita tempat ia bekerja, Andie Anderson mengajukan panduan tentang cara kehilangan seorang pria, yang bermaksud untuk menunjukkan semua cara berbeda wanita mengusir calon suami karena terlalu lengket atau terlalu tersedia terlalu cepat. Korban pilihannya adalah Benjamin Barry, seorang eksekutif pemasaran yang bertaruh untuk membuat seorang wanita jatuh cinta padanya dalam rentang waktu 10 hari untuk mendapatkan akun perhiasan yang menguntungkan. Kekacauan pun terjadi!

She’s the Man (2006)

Courtesy of BAZAAR US

Banyak film komedi romantis yang dibuat pada tahun 2000-an mengambil inspirasi dari karya sastra klasik, dan She's the Man tidak terkecuali. Berdasarkan Twelfth Night karya William Shakespeare, film ini mengikuti Viola (Amanda Bynes), seorang pemain sepak bola yang memutuskan untuk menyamar sebagai saudara laki-lakinya di sekolah asrama barunya untuk membuktikan bahwa perempuan bisa sama atletisnya dengan laki-laki. Tapi, keadaan menjadi rumit ketika ia bertemu dengan teman sekamar dan rekan satu tim sepak bolanya yang sangat menarik, Duke (Channing Tatum). Bynes memiliki beberapa momen komedi terbaiknya di film ini, memberikan penampilan yang jenaka dan fisik yang berhasil membuat Anda tertawa terbahak-bahak dan mendukung akhir bahagia Viola.

13 Going on 30 (2004)

Courtesy of BAZAAR US

Yang diinginkan Jenna Rink (Jennifer Garner) hanyalah melewati masa remajanya yang canggung dan langsung terjun ke dunia yang menarik dan seksi yang tampaknya menelan orang-orang di usia 30-an. Ketika keinginannya secara ajaib menjadi kenyataan, dengan Jenna bangun dalam tubuh dirinya yang berusia 30 tahun, ia segera menyadari bahwa kenyataan jauh lebih rumit daripada yang dijanjikan oleh majalah. 13 Going on 30 adalah kisah yang menyenangkan, mencapai setiap ciri khas film komedi romantis yang hebat (seorang pemeran utama wanita yang bekerja di majalah mode dan tinggal di New York, dengan kekasih yang tulus yang terobsesi dengannya) semua dengan sentuhan orisinalnya sendiri.

Hitch (2005)

Courtesy of BAZAAR US

Seorang akuntan yang tidak tahu apa-apa (Kevin James) menyewa Alex “Hitch” Hitchens (Will Smith), seorang ahli kencan yang memproklamirkan diri, untuk melatihnya dalam seni berkencan, berharap untuk memikat salah satu klien selebriti di perusahaan investasi tempat ia bekerja. Tapi, saat Alex membantu hubungan mereka berkembang, ia bertemu dengan seorang wanita yang membuatnya mengevaluasi kembali semua yang ia pikir ketahui tentang cinta dan wanita. Sara Melas (Eva Mendes) adalah seorang jurnalis tabloid, seorang pecandu kerja, dan seorang sinis romantis, yang ketertarikannya pada Hitch memungkinkannya untuk menurunkan pertahanannya untuk pertama kalinya. Tapi, ketika pekerjaan Alex terungkap, keduanya harus mencari tahu apa artinya benar-benar membuat hubungan berhasil.

500 Days of Summer (2009)

Courtesy of BAZAAR US

Ini adalah kisah setua waktu: seorang romantis tanpa harapan dan seorang sinis jatuh cinta satu sama lain, dan patah hati pasti mengikutinya. Tom (Joseph Gordon-Levitt) telah jatuh cinta pada Summer (Zooey Deschanel) sejak ia pertama kali melihatnya, tetapi Summer jelas dalam niatnya untuk hanya mengejar hubungan kasual dengannya. Ketika Summer akhirnya mencampakkan Tom, ia merenungkan kenangan mereka bersama untuk menyatukan momen ketika segalanya mulai memburuk. Dalam prosesnya, ia terpaksa mengevaluasi kembali keyakinannya sendiri tentang cinta.

50 First Dates (2004)

Courtesy of BAZAAR US

Henry (Adam Sandler) dan Lucy (Drew Barrymore) langsung cocok satu sama lain sejak mereka bertemu sambil makan wafel di sebuah restoran di Oahu, tempat Henry bekerja sebagai dokter hewan di Sea Life Park Hawaii. Tapi, ketika ia melihat Lucy keesokan harinya, Lucy tidak ingat pernah bertemu dengannya. Ia mengetahui bahwa, satu tahun yang lalu, Lucy mengalami kecelakaan mobil yang mengubah hidupnya yang menyebabkannya mengembangkan amnesia anterograde, suatu bentuk kehilangan ingatan jangka pendek yang memungkinkannya untuk mengingat hidupnya sampai hari kecelakaan itu dan menghapus setiap ingatan yang dibuat setelahnya. Berita itu menghancurkan, tetapi juga menanamkan dalam diri Henry tekad baru untuk membuat setiap pertemuan berarti.

Bridget Jones’s Diary (2001)

Courtesy of BAZAAR US

Menonton Bridget Jones's Diary mungkin akan membuat Anda merasa dejavu dengan Pride and Prejudice karya Jane Austen dan itu bukan hanya karena Colin Firth berperan sebagai kekasih utama. Penulis skenario Helen Fielding sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa film komedi romantis ini mengambil inspirasi dari novel era Regency yang terkenal itu, tetapi alih-alih seorang pahlawan wanita yang kutu buku dan berkemauan keras, kita mendapatkan Bridget Jones (Renée Zellweger), seorang asisten publisitas yang canggung secara sosial yang memendam rasa suka yang kuat pada bosnya (Hugh Grant) dan membentuk kesan pertama yang buruk pada seorang pengacara Inggris, Mark (Firth).

The Proposal (2009)

Courtesy of BAZAAR US

Seorang bos yang tegang memaksa asisten pribadinya untuk menikahinya dalam upaya untuk mendapatkan kartu hijau adalah jenis premis cerita yang, secara teoritis, seharusnya tidak berhasil untuk film komedi romantis tetapi, dalam hal ini, berhasil. Diancam dengan prospek dideportasi ke negara asalnya, Kanada, Margaret (Sandra Bullock) berjanji untuk mempromosikan asistennya, Andrew (Ryan Reynolds), jika ia setuju untuk menikahinya. Untuk meyakinkan agen imigrasi AS yang curiga tentang kisah cinta mereka, keduanya berangkat ke kota asal Andrew yang menawan untuk menikah, di mana mereka menemukan bahwa mereka sebenarnya memiliki lebih banyak kesamaan satu sama lain daripada yang mereka pikirkan sebelumnya.

Love & Basketball (2000)

Courtesy of BAZAAR US

Love & Basketball adalah film roman, drama, dan olahraga yang semuanya digabung menjadi satu. Film ini melacak perjalanan paralel dari teman masa kecil dan pemain bola basket Quincy (Omar Epps) dan Monica (Sanaa Lathan), yang keduanya bermimpi untuk bermain bola basket secara profesional suatu hari nanti. Saat keduanya menjalani SMA, kuliah, dan akhirnya kehidupan dewasa mereka secara berdampingan, mereka menyadari bahwa satu hal yang mereka tahu selalu dapat mereka andalkan adalah satu sama lain.

Mamma Mia! (2008)

Courtesy of BAZAAR US

Satu-satunya hal yang lebih baik dari film komedi romantis adalah musikal komedi romantis yang dibintangi oleh Meryl Streep. Streep akhirnya mendapatkan nominasi Golden Globe untuk penampilannya di musikal jukebox ABBA ini, di mana ia berperan sebagai Donna, seorang ibu tunggal yang membesarkan putrinya, Sophie (Amanda Seyfried), di sebuah pulau terpencil di lepas pantai Yunani. Dengan pernikahan Sophie yang akan datang, ia mengundang tiga mantan kekasih Donna ke pulau itu, berharap salah satu dari mereka ternyata adalah ayahnya.

The Wedding Planner (2001)

Courtesy of BAZAAR US

Terlepas dari kesuksesannya sebagai perencana pernikahan, Mary (Jennifer Lopez) tidak memiliki banyak keberuntungan dengan kehidupan cintanya sendiri yaitu, sampai Steve (Matthew McConaughey) menyelamatkannya dari apa yang bisa menjadi pengalaman hampir mati dengan truk sampah di jalanan San Francisco. Setelah pertemuan lucu mereka, keduanya akhirnya menghabiskan malam romantis bersama, hampir berciuman sampai badai hujan yang tak terduga memotong ketegangan. Untuk sesaat, Mary berhak untuk percaya bahwa ia akhirnya menemukan "yang tepat", sampai ia mengetahui bahwa Steve sebenarnya adalah tunangan klien pernikahannya yang paling penting saat ini.

Maid in Manhattan (2002)

Courtesy of BAZAAR US

J.Lo-naissance berlanjut dengan Maid in Manhattan, film komedi romantis awal tahun 2000-an lainnya yang berlatar di New York City. Jennifer berperan sebagai Marisa, seorang ibu tunggal dan pelayan di Hotel Beresford yang mewah. Ketika calon senator dan politikus terkenal Christopher Marshall (Ralph Fiennes) salah mengira Marisa sebagai sosialita Manhattan, ia memutuskan untuk mempertahankan penyamarannya, semakin dalam terlibat dalam hubungan cinta yang tampaknya tidak bisa ia lepaskan.

Love Actually (2003)

Courtesy
of
BAZAAR
US

Love Actually mungkin dianggap sebagai film komedi romantis liburan, tetapi film ini benar-benar dapat dinikmati kapan pun Anda memutuskan untuk menontonnya. Menampilkan pemeran ansambel yang penuh dengan legenda akting Inggris (termasuk Hugh Grant, Emma Thompson, Kiera Knightley, Colin Firth, Liam Neeson, dan Bill Nighy), film ini mengikuti 10 pasangan terpisah saat mereka menghadapi berbagai tantangan dan rintangan romantis pada minggu-minggu sebelum Natal. Beberapa cerita saling bersilangan dan terjalin satu sama lain dengan cara yang tak terduga dan menyenangkan, yang pada akhirnya mengikat setiap alur cerita dengan sebuah pita meriah.

The Princess Diaries (2004)

Courtesy of BAZAAR US

Anne Hathaway melakukan debut film fiturnya di The Princess Diaries dari Disney, sebuah film tentang seorang siswa SMA San Francisco yang introvert yang mengetahui bahwa ia sebenarnya adalah keturunan bangsawan. Film ini juga berfungsi sebagai film komedi romantis yang ramah PG, dengan romansa Mia yang lambat dengan kakak laki-laki sahabatnya, Michael (Robert Schwartzman), memberikan fondasi yang menawan untuk premis film yang berlebihan.

Last Holiday (2006)

Courtesy of BAZAAR US

Georgia (Queen Latifah) telah menjalani sebagian besar hidupnya dengan takut terlihat yaitu, sampai dokternya mendiagnosisnya dengan penyakit otak langka yang membuatnya hanya memiliki beberapa minggu lagi untuk hidup. Bertekad untuk memanfaatkan hari-hari terakhirnya sebaik mungkin, Georgia menguras rekening banknya dan melakukan perjalanan ke tujuan wisata musim dingin di Grandhotel Pupp di Republik Ceko, di mana ia memesan suite presiden, menghabiskan banyak uang untuk pakaian dan makanan, dan berteman dengan tokoh-tokoh terkenal. Terlepas dari petualangan barunya, Georgia mendapati pikirannya mengembara ke mantan rekan kerjanya, Sean (LL Cool J), yang telah lama ia sukai.

My Big Fat Greek Wedding (2002)

Courtesy of BAZAAR US

Setelah jatuh cinta pada Ian (John Corbett), seorang pelanggan di restoran orang tuanya di Chicago, Fotoula “Toula” Portokalos (Nia Vardalos) memutuskan untuk mengubah dirinya sendiri. Ia mengambil kelas komputer di perguruan tinggi terdekat, melakukan makeover yang layak untuk montase, dan mulai bekerja di biro perjalanan bibinya. Di biro perjalanan, Ian memperhatikan Toula dan mengajaknya kencan. Sementara keduanya mulai berkencan secara rahasia, hubungan mereka akhirnya terungkap. Sekarang, untuk pertama kalinya dalam hidupnya, Toula akhirnya harus belajar bagaimana melawan keluarganya yang sangat Yunani dan sangat besar, baik untuk pacarnya yang bukan orang Yunani maupun untuk dirinya sendiri.

A Cinderella Story (2004)

Courtesy of BAZAAR US

Dongeng klasik mendapatkan pembaruan modern di A Cinderella Story, yang dibintangi oleh Hillary Duff sebagai Sam, seorang siswa SMA yang tidak populer dan introvert dengan kehidupan rumah tangga yang bermasalah, berkat tirani ibu tirinya (Jennifer Coolidge). Satu hal yang berhasil membuat Sam tersenyum adalah sahabat pena digitalnya, "Nomad," tanpa sepengetahuannya, sebenarnya adalah Austin Ames (Chad Michael Murray), quarterback tim sepak bola dan pria paling populer di sekolahnya. Keduanya akhirnya setuju untuk bertemu di pesta dansa kostum sekolah mereka, tetapi Sam merahasiakan identitasnya dengan mengenakan topeng, sebuah tindakan yang memicu pencarian Austin di seluruh sekolah untuknya.

Definitely, Maybe (2008)

Courtesy of BAZAAR US

Siapa yang butuh How I Met Your Mother ketika Definitely, Maybe exists? Di tengah perceraiannya dengan istrinya, Will Hayes (Ryan Reynolds) menyetujui permintaan putrinya yang berusia 10 tahun (Abigail Breslin), yang meminta cerita pengantar tidur yang menceritakan saat Will bertemu ibunya. Tapi, Will tidak begitu terbuka dengan detail pertemuan mereka. Memperkenalkan kekasih lain dan mengubah nama karakter, ia melukiskan potret tiga wanita terpisah yang semuanya berpotensi menjadi cinta besar dalam hidupnya.

27 Dresses (2008)

Courtesy of BAZAAR US

27 Dresses membawa klise "selalu menjadi pengiring pengantin, tidak pernah menjadi pengantin" ke tingkat yang baru. Jane (Katherine Heigl) adalah pengiring pengantin serial, telah berpartisipasi dalam pesta pengantin dari 27 pernikahan terpisah. Tapi, tidak sampai adik perempuannya, Tess (Malin Åkerman), mengumumkan pertunangan kejutannya dengan bos Jane dan kekasih lamanya, Jane menyadari bahwa ia memiliki masalah dengan memprioritaskan kebahagiaan orang lain dan seringkali dengan mengorbankan kebahagiaannya sendiri. Sepanjang jalan, Jane bertemu Kevin (James Marsden), seorang jurnalis yang tampaknya telah menemukan berita besar berikutnya dalam kebiasaan pernikahan Jane yang aneh.

The Holiday (2006)

Courtesy of BAZAAR US

The Holiday wajib ditonton di rumah saya setiap bulan Desember. Film klasik Nancy Meyers ini menampilkan Iris (Kate Winslet) dan Amanda (Cameron Diaz), dua wanita yang tidak beruntung dalam cinta yang memutuskan untuk bertukar rumah mereka di London dan Los Angeles untuk musim liburan untuk menjauh dari mantan mereka yang selingkuh. Tapi, alih-alih menjauhkan diri dari kehidupan kencan mereka yang penuh bencana, setiap wanita menemukan bahwa apa yang mungkin benar-benar mereka butuhkan selama ini hanyalah perubahan pemandangan dan perkenalan dengan dua pria muda yang gagah (Jude Law dan Jack Black).

BACA JUGA:
20 Film Aksi Komedi Terbaik yang Wajib Anda Tonton!
10 Serial Komedi Situasi yang Tersedia di Netflix Ini Bisa Mengisi Akhir Pekan Anda

(Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Alih Bahasa: Matthew De Jano; Foto: Courtesy of BAZAAR US)