Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

20 Film Tentang Kerajaan Terbaik Yang Wajib Anda Tonton!

Film tentang kerajaan terbaik yang harus Anda tambahkan ke dalam daftar tontonan Anda!

20 Film Tentang Kerajaan Terbaik Yang Wajib Anda Tonton!

Film tentang kerajaan memang bisa memikat Anda, yang menghadirkan perpaduan antara sejarah, drama, dan kemewahan khas bangsawan kerajaan. Film tentang kerajaan seperti ini banyak menampilkan alur cerita yang menarik, dari kisah epik biografi hingga kisah fiksi romansa. Berikut ini Bazaar telah merangkum 20 film tentang kerajaan terbaik yang harus Anda tambahkan ke dalam daftar tontonan Anda!


1. The Queen (2006)

Film “The Queen” yang dirilis tahun 2006 mengambil latar waktu sekitar setelah kematian Diana Spencer, Princess of Wales. Film ini mengeksplorasi tentang bagaimana sang ratu menanggapi kontroversi perdebatan tentang kejadian tragis yang menimpa Diana, sekaligus bagaimana anggota keluarga kerajaan lainnya menanggapi kematian Putri Diana. 


2. The King’s Speech (2010)

film tentang kerajaan

Film ini menceritakan tentang bagaimana Raja George VI, yang diperankan oleh Colin Firth, berhasil mengatasi kegagapan yang dialaminya dengan bantuan terapis bicara non konvensional sebelum dirinya harus berpidato untuk menyatakan perang terhadap Nazi Jerman. Alur cerita yang menarik ditambah akting yang memukau dari para aktornya, membuat film ini memenangkan Oscar untuk kategori “Best Picture” dan Colin Firth untuk kategori “Best Actor”. 


3. Marie Antoinette (2006)

film tentang kerajaan

Tak diragukan lagi, film “Marie Antoinette” garapan Sofia Coppola ini adalah salah satu film tentang kerajaan terbaik. Sesuai judulnya, film ini menampilkan kehidupan Ratu Marie Antoinette, yang diperankan oleh Kirsten Dunst, pada tahun-tahun menjelang Revolusi Prancis. Selain alur ceritanya, visual film ini juga sebuah maha karya, terutama kostum-kostumnya. 


4. The Duchess (2008)

Film tentang kerajaan berikutnya yaitu film garapan Saul Dibb yang berjudul “The Duchess.” Film ini didasarkan pada kisah nyata Georgiana Spencer, Duchess of Devonshire, yang menjalin kisah cinta dengan seorang politikus muda, yang menambah rumit kehidupan pernikahannya dengan suaminya, Duke of Devonshire. 


5. The Favourite (2018)

“The Favourite” adalah film dark comedy yang dirilis tahun 2018. Film ini berlatar di Inggris Raya pada awal abad ke-18, yang mengisahkan tentang persaingan sepupu antara Duchess of Marlborough, Sarah Churchill, dan Abigail Hill untuk menjadi wanita kesayangan Ratu Anne. 

Skenario dan penampilan akting yang kuat dari para pemeran utama di dalam film ini membuatnya menjadi salah satu film tentang kerajaan terbaik, dan berhasil memenangkan banyak penghargaan bergengsi, termasuk Academy Awards, BAFTA Awards, European Film Award, dan British Independent Film Awards. 


6. Diana, Our Mother: Her Life and Legacy (2017)

 

“Diana, Our Mother: Her Life and Legacy” merupakan sebuah film dokumenter untuk memperingati 20 tahun kematian Putri Diana. Pertama kalinya melalui film dokumenter ini, keduanya putra Putri Diana, Pangeran William dan Pangeran Harry membuka diri dan menceritakan tentang ibu mereka, termasuk kenangan-kenangan manis masa kecil bersama dan ketika mereka harus kehilangan sang ibu tercinta dalam sebuah kecelakan tragis. Film dokumenter ini benar-benar sangat menyentuh!


7. The Young Victoria (2009)

Film biografi ini mengambil latar waktu sebelum dan setelah penobatan Queen Victoria. “The Young Victoria” berfokus pada awal masa kekuasaan Ratu Victoria, pernikahannya dengan Prince Albert of Saxe-Coburg and Gotha, dan kisah asmaranya dengan Pangeran Albert. 


8. Mary Queen of Scots (2018)

Disutradarai oleh Josie Rourke, film “Mary Queen of Scots” menceritakan kisah dua ratu pada masa itu, Mary of Scots dan Ratu Elizabeth I, yang saling bertarung untuk memperebutkan takhta Inggris. Saoirse Ronan sebagai Mary, Queen of Scots, dan Margot Robbie sebagai Ratu Elizabeth I memberikan penampilan yang sangat apik dan memukau. 


9. Elizabeth at 90: A Family Tribute (2016)

“Elizabeth at 90: A Family Tribute” merupakan film dokumenter untuk memperingati ulang tahun Ratu Elizabeth II yang ke-90. Film berdurasi 90 menit ini banyak memperlihatkan video rekaman yang belum pernah dirilis sebelumnya oleh keluarga kerajaan, termasuk wawancara dengan Pangeran Harry, Pangeran William, Putri Anne, Pangeran Edward, dan Pangeran Charles, sebagai narasinya.


10. The King (2019)

“The King” adalah film sejarah epik yang berfokus pada kisah Raja Henry V yang harus menavigasi politik istana sekaligus melanjutkan perang yang ditinggalkan ayahnya. Dalam film ini, Timothée Chalamet berperan sebagai Raja Henry V, yang sebelumnya sebagai Prince of Wales. 


11. The Girl King (2015)

“The Girl King” adalah film biografi mengagumkan yang didasarkan pada kehidupan Ratu Christina dari Swedia. Ratu Kristina naik takhta di usianya yang ke 6 tahun. Ia dikenal sebagai ratu yang senang mengenakan busana maskulin dan tak pernah menikah, sehingga orang-orang mempertanyakan seksualitasnya. 

Film ini lebih berfokus tentang rumor hubungannya dengan salah satu teman dekat wanitanya, Ebba Sparre, dan juga menceritakan peristiwa-peristiwa yang menyebabkan Swedia berpindah agama dari Lutheranisme ke Katolik.


12. Victoria & Abdul (2017)

Film ini didasarkan pada buku berjudul Victoria & Abdul: The True Story of the Queen's Closest Confidant karya Shrabani Basu. Film “Victoria & Abdul” menggambarkan persahabatan yang tak biasa antara Ratu Victoria, yang diperankan oleh Judi Dench, dan kepala pelayan pribadi dari India bernama Abdul Karim, yang diperankan oleh Ali Fazal. 


13. Elizabeth (1998)

Film garapan Shekhar Kapur yang dirilis tahun 1998 ini adalah salah satu film tentang kerajaan terbaik yang mengambil latar waktu pada tahun-tahun awal pemerintahan Ratu Elizabeth I, yang meraih takhta setelah kematian saudari tirinya, Mary I. Film ini juga menggambarkan tentang hubungan rahasia sang ratu dengan seorang bangsawan bernama Robert Dudley. 

Film ini memadukan drama sejarah dengan sinematografi yang memukau, membuatnya banyak memenangkan nominasi dan penghargaan di beberapa ajang penghargaan bergengsi, termasuk Golden Globe Awards, British Academy Film Awards, dan Oscar. 


14. Elizabeth: The Golden Age (2007)

Sembilan tahun setelah film pertamanya dirilis, sekuel film keduanya dirilis dengan judul “Elizabeth: The Golden Age.” Film ini berfokus pada Ratu Elizabeth I yang harus menghadapi berbagai ancaman terhadap kekuasaannya, dan menahan cintanya udah seorang pelaut karismatik bernama Sir Walter Raleigh. 

Mengikuti kesuksesan film pertamanya, film Elizabeth: The Golden Age juga kembali dinominasikan dalam beberapa ajang penghargaan bergengsi, seperti Oscar, British Academy Film Awards, dan Golden Globe Awards.


15. The Other Boleyn Girl (2008)

film tentang kerajaan

“The Other Boleyn Girl” adalah film tentang kerajaan yang diadaptasi dari novel karya Philippa Gregory dengan judul yang sama. Film ini mengisahkan kehidupan bangsawan abad ke-16, Mary Boleyn dan saudara perempuannya, Anne Boleyn, dan hubungan keduanya yang rumit dengan Raja Henry VIII.


16. Grace of Monaco (2014)

film tentang kerajaan

Film tentang kerajaan terbaik berikutnya yang bisa Anda masukan ke daftar tontonan, yaitu “Grace of Monaco.” Film ini mengisahkan tentang Princess of Monaco, Grace Kelly, seorang aktris asal Amerika yang menikah dengan anggota keluarga kerajaan Monaco, Pangeran Rainier III. Dalam film ini, Nicole Kidman berperan sebagai Grace Kelly, seorang putri kerajaan yang mengenakan tiara, tetapi merindukan kehidupannya di Amerika. 


17. The Madness of King George (1994)

“The Madness of King George” adalah film drama sejarah yang menggambarkan tentang perjuangan Raja George III, diperankan oleh Nigel Hawthorne, melawan penyakit mental yang dideritanya, dan dampaknya pada pemerintahan dan kekuasaannya. 


18. Spencer (2021)

Film “Spencer” berfokus tentang krisis eksistensial Putri Diana yang dialaminya selama Natal tahun 1991. Pada saat itu, Putri Diana mempertimbangkan untuk menceraikan Pangeran Charles dan meninggalkan keluarga kerajaan Inggris. Kristen Stewart dan Jack Farthing masing-masing berperan sebagai Putri Diana dan Pangeran Charles. Film ini mendapat ulasan positif dari para kritikus film, termasuk penampilan Kristen Stewart sebagai Putri Diana yang sangat luar biasa. 


19. A Royal Night Out (2015)

film tentang kerajaan

Film “A Royal Night Out” menggambarkan bagaimana Putri Elizabeth (Sarah Gadon) dan Putri Margaret (Bel Powley) di kala muda meninggalkan Istana Buckingham dalam semalam dengan izin dari ayahnya, (Raja George VI tentunya) untuk berpartisipasi di perayaan VE Day tahun 1945.


20. Diana: In Her Own Words (2017)

film tentang kerajaan

Satu lagi, “Diana: In Her Own Words” adalah film dokumenter yang menceritakan kehidupan pribadi Putri Diana, Princess of Wales, yang diceritakannya sendiri melalui rekaman suara yang tak pernah dirilis. Film ini menampilkan kesulitan yang dialami Putri Diana beradaptasi pada kehidupan kerajaan, kehidupan pernikahannya dengan King Charles III (sebelumnya Pangeran Charles, Prince of Wales), perannya sebagai seorang ibu, termasuk hal yang membuatnya depresi dan mengalami gangguan makan. 

Film-film tentang kerajaan di atas menampilkan sejarah dan kehidupan kerajaan, serta kisah cinta yang manis sekaligus rumit dikalangan anggota kerajaan. 

(Foto: Courtesy of IMDb)