Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Semua di atas Venice-Simplon Orient Express

Kita menghabiskan 24 jam di kereta yang luar biasa ini, bergabung dalam salah satu 'Perjalanan Solaire' Veuve Clicquot yang dikurasi secara khusus.

Semua di atas Venice-Simplon Orient Express
Courtesy of BAZAAR UK

Melangkah ke atas Venice Simplon-Orient-Express, sebuah kereta Belmond, bagaikan memasuki era lampau; era di mana petugas membungkuk menyambut Anda dengan seragam rapi, para tamu berdandan untuk makan malam, dan koktail disajikan dengan iringan musik jazz yang dibawakan oleh penyanyi secara langsung. Glamornya tak terbantahkan dan memanjakan – apalagi jika Anda bergabung dalam salah satu perjalanan khusus Veuve Clicquot, yang mencakup pasangan sampanye dengan setiap hidangan.

BACA JUGA: Menjelajah Eropa Dengan Kereta Mewah

Rumah sampanye bersejarah ini telah bermitra dengan kereta legendaris tersebut dalam serangkaian Perjalanan Solaire untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-250, 'mengejar matahari' dari Timur ke Barat melintasi dunia (matahari telah lama menjadi pengaruh inti merek ini, tercermin dalam label kuning cerah). Perjalanan pertama mereka melakukan perjalanan dari Singapura ke Malaysia, sementara yang kedua – yang saya ikuti – membawa tamu dari Wina ke Paris melalui Reims. Petualangan ketiga di Amerika Selatan selama lima malam melakukan perjalanan dari Cusco ke Arequipa – melalui salah satu dari tujuh keajaiban dunia, kota kuno Machu Picchu – dan akan berangkat pada 21 Oktober 2024.

Courtesy of BAZAAR UK

Lebih dari sekadar perjalanan kereta sederhana, setiap Perjalanan Solaire juga menampilkan pengalaman dan tamasya yang memungkinkan para tamu menjelajahi daerah yang mereka lewati. Jadwal perjalanan saya, misalnya, termasuk makan malam gala di istana bersejarah Wina pada malam sebelum naik, ditambah tur kereta kuda keliling kota, dan makan siang eksklusif empat tangan di gudang bawah tanah Veuve Clicquot begitu kami tiba di Reims. Perjalanan Amerika Selatan yang akan datang termasuk makan malam di biara yang diubah di Cusco; singgah di Belmond Sanctuary Lodge di tengah pemandangan Machu Picchu yang menakjubkan; kunjungan matahari terbit ke danau tertinggi di dunia yang dapat dilayari, Titicaca; dan menginap semalam di dua kereta Belmond yang unik.

Di berikut ini, saya menceritakan 24 jam saya di atas Venice Simplon-Orient-Express – sebuah pengalaman yang tiada duanya.

Hari pertama: tengah hari

Courtesy of BAZAAR UK

Dengan tiket di tangan, saya diarahkan oleh seorang asisten berseragam ke peron yang benar di stasiun Wina – bukan berarti ada kesalahan di peron mana seharusnya. Kereta biru tengah malam yang tampan, dengan tulisan emasnya, langsung menarik perhatian, diapit oleh kondektur dan portir berseragam serasi yang cerdas. Saya diantar ke kabin Art Deco saya, bernama Le Lac (atau Danau, karena interiornya berwarna biru), di mana tas saya sudah menunggu. Tur singkat mengungkapkan kamar mandi en-suite, dengan pancuran yang ringkas namun tetap mewah; lemari pakaian terpisah lengkap dengan jubah mandi dan sandal; sofa beludru (yang nantinya dapat diubah menjadi tempat tidur); dan sebuah meja, di atasnya terdapat berbagai pilihan makanan pembuka selamat datang dan sebotol Veuve Clicquot Yellow Label.

Hari pertama: 13:30

Makan siang disajikan di salah satu gerbong makan, dengan menu tiga hidangan — disiapkan dengan bahan-bahan musiman paling segar — yang dirancang oleh koki Jean Imbert, yang bertanggung jawab atas semua makanan yang disajikan di kereta. Makanan tersebut ditemani oleh Veuve Clicquot dan pemandangan pedesaan Austria saat kami melaju kencang.

Courtesy of BAZAAR UK

Courtesy of BAZAAR UK

Courtesy of BAZAAR UK

Hari pertama: 16:00

Para tamu berkumpul di Bar Car '3674' (dikenal sebagai 'jantung berdebar' kereta) untuk menikmati minuman beralkohol dan permainan ruang tamu opsional, termasuk kuis – yang pemenangnya menerima sebotol besar champagne.

Hari pertama: 19:00

Setelah kembali ke kabin kami untuk berganti pakaian, kami berkumpul untuk makan malam dasi hitam yang dikurasi oleh Jean Imbert, disajikan di salah satu gerbong makan tahun 1920-an yang didekorasi dengan indah. Setiap hidangan dalam menu — mulai dari lobster ala Amerika hingga ayam Bresse dengan jamur morel — dipasangkan dengan cuvée Veuve Clicquot terbaik, termasuk vintage yang berasal dari tahun 1985, dipandu oleh Cellar Master rumah tersebut, Didier Mariotti.

Courtesy of BAZAAR UK

Courtesy of BAZAAR UK

Courtesy of BAZAAR UK

Hari pertama: 22:00

Setelah makan malam, kami kembali ke gerbong bar untuk hiburan malam, yang dipersembahkan oleh pianis tetap,seorang penyanyi yang membawakan lagu-lagu klasik vintage, dan penari berbulu – ditambah koktail yang luar biasa (atau, jika Anda mau, lebih banyak sampanye). Saat makan malam, kabin kami telah dengan cepat diubah menjadi kamar tidur yang nyaman, dengan tempat tidur ganda yang nyaman – siap untuk ditidurkan setelah malam minum dan menari – dan masker mata sutra di setiap bantal.

Hari kedua: 08:00

Kami bangun untuk sarapan telur dan kaviar di kabin kami, yang disajikan pada waktu yang Anda pilih (bagi mereka yang menginginkannya, tersedia sajian matahari terbit – dan tidak ada penilaian jika Anda memesan Mimosa). Kami menghabiskan pagi hari bersantai di kabin, menikmati pemandangan Pegunungan Alpen saat kami memasuki Prancis.

Hari kedua: 10:00

Ada waktu luang untuk menikmati secangkir teh dan membaca The Clicquot Gazette, sambil bersandar di salah satu kursi beludru mewah di gerbong lounge, saat kami melaju kencang melintasi pedesaan Prancis dan memasuki wilayah Champagne.

Courtesy of BAZAAR UK

Courtesy of BAZAAR UK

Hari kedua: 12 siang

Setibanya di Reims, kami turun dari kereta dan menuju ke rumah Veuve Clicquot untuk tur menarik ke tambang kapur yang terdaftar di UNESCO, diikuti dengan pengalaman kuliner yang unik: makan malam empat tangan yang dibuat oleh koki berbintang Michelin Mory Sacko dan Jean Imbert (dengan kedua koki merancang hidangan mereka sendiri berdasarkan bahan inti yang sama untuk setiap hidangan). Tentu saja, setiap hidangan dipasangkan dengan cuvée terbaik dari rumah tersebut.

Hari kedua: 15:00

Kembali ke kereta untuk perjalanan terakhir menuju Paris. Gerbong bar menjadi tuan rumah bagi acara koktail perpisahan, dengan minuman dan makanan ringan, termasuk slider daging dan vegetarian yang lezat, disajikan dengan iringan musik yang meriah dari DJ tetap. Di sinilah para tamu berkesempatan untuk bertukar informasi kontak (akun Instagram untuk generasi Milenial, alamat email untuk generasi X dan Boomer), semua bersemangat untuk tetap berhubungan dengan teman-teman baru yang ditemui dalam petualangan luar biasa ini.

Courtesy of BAZAAR UK

Untuk informasi lebih lanjut dan untuk mendaftar Perjalanan Veuve Clicquot Solaire terakhir di Amerika Selatan, kunjungi di sini.

BACA JUGA: 
Sensasi Spa Mewah Melintasi Asia Tenggara Bersama Dior
Dior Spa Royal Scotsman: Kolaborasi Terbaru Dior Beauty dan Royal Scotsman

(Penulis: Sarah Karmali; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Alih bahasa: Matthew De Jano: Foto: Courtesy of BAZAAR UK)