Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini Perkembangan Terbaru Kesehatan Putri Kate Setelah Kemoterapi yang Harus Anda Ketahui

Segala informasi tentang diagnosis kanker Putri Wales, proses pemulihan selama beberapa bulan berakhir, dan kondisi terbarunya.

Ini Perkembangan Terbaru Kesehatan Putri Kate Setelah Kemoterapi yang Harus Anda Ketahui
Courtesy of BAZAAR US

Catherine, Putri Wales, tetap tegar saat menjalani proses pemulihan dari kanker.

BACA JUGA: Putri Kate Mengungkapkan Rencana Masa Depan di Tengah Pengobatan Kankernya

Pada 9 September, ia mengungkapkan dalam sebuah video penuh emosi bahwa dirinya kini telah bebas dari kanker.

“Ketika musim panas berakhir, saya merasa sangat lega karena akhirnya menyelesaikan perawatan kemoterapi,” ucapnya dalam narasi yang mengiringi rekaman dirinya di rumah bersama suaminya, Pangeran William, dan ketiga anak mereka, Pangeran George (11 tahun), Putri Charlotte (9 tahun), dan Pangeran Louis (6 tahun). “Sembilan bulan terakhir ini sangat menantang bagi keluarga kami. Hidup yang kita kenal bisa berubah dalam sekejap, dan kami harus menemukan cara untuk menghadapi masa-masa sulit ini dan jalan yang penuh ketidakpastian.”

Ia juga menyampaikan bahwa sekarang fokus utamanya adalah melakukan segala hal “untuk tetap bebas dari kanker.”

Berikut adalah informasi lengkap tentang diagnosis kanker yang dialami Putri Kate, proses pemulihannya selama beberapa bulan terakhir, dan kondisi kesehatannya saat ini.

Pada bulan Maret, Kate mengumumkan kabar diagnosanya.

Putri Wales menyampaikan berita tentang diagnosis kankernya dalam sebuah pernyataan video yang diunggah pada 22 Maret, setelah menjalani operasi perut yang telah direncanakan pada musim dingin sebelumnya. “Beberapa bulan terakhir benar-benar berat bagi keluarga kami, tetapi saya sangat beruntung memiliki tim medis yang luar biasa yang merawat saya dengan penuh perhatian, dan saya sangat berterima kasih untuk itu,” ungkapnya.

Kate juga menjelaskan bahwa pada awalnya dokter mengira kondisinya tidak berbahaya, namun setelah operasi yang “berhasil,” hasil tes selanjutnya menunjukkan adanya selkanker.

Lihat pernyataan video lengkapnya di sini:

Video tersebut merupakan momen pertama Kate berbicara secara terbuka tentang kesehatannya. Pada bulan Januari, Istana Kensington menginformasikan kepada Harper’s Bazaar bahwa mereka hanya akan memberikan update tentang kondisi kesehatan sang putri jika benar-benar diperlukan. Pada bulan Februari, seorang sumber yang dekat dengan keluarga mengatakan kepada Bazaar bahwa Kate dalam “keadaan baik” dan “menunjukkan kemajuan yang positif.”

Apa jenis kanker yang diidap Kate?

Kate belum mengungkapkan jenis kanker yang ia alami, hanya mengatakan bahwa kanker tersebut ditemukan setelah dirinya menjalani operasi perut pada bulan Januari.

Perawatan kanker apa yang ia jalani?

Bazaar mengungkapkan bahwa Kate mulai menjalani kemoterapi pencegahan pada bulan Februari.

Juru bicara Istana Kensington menyatakan, "Sang putri saat ini berada dalam proses pemulihan setelah memulai kemoterapi pencegahan pada akhir Februari."

Dalam pesan videonya, Kate menjelaskan bahwa setelah operasi, dokter menemukan adanya sel kanker dalam tubuhnya. Tim medisnya pun menyarankan untuk menjalani kemoterapi pencegahan, dan saat ini, ia masih berada dalam tahap awal pengobatan tersebut.

Apa itu kemoterapi pencegahan?

Menurut Mayo Clinic, kemoterapi adalah pengobatan yang menggunakan bahan kimia kuat untuk membunuh sel-sel yang tumbuh dengan cepat di dalam tubuh. Kate tampaknya menjalani "kemoprevensi," yang menurut National Cancer Institute adalah penggunaan obat-obatan atau zat tertentu untuk membantu mengurangi risiko seseorang terkena kanker atau mencegahnya kembali.

Bagaimana kondisinya sekarang?

Pada bulan Maret, Kate mengungkapkan bahwa diagnosis yang diterimanya adalah “kejutan besar,” namun ia dan William telah berusaha keras untuk memproses dan mencerna situasi ini secara privat demi kebaikan keluarga kecil mereka.

“Seperti yang bisa dibayangkan, ini membutuhkan waktu. Saya memerlukan waktu untuk pulih dari operasi besar sebelum memulai pengobatan. Namun yang terpenting, kami memerlukan waktu untuk menjelaskan situasi ini kepada George, Charlotte, dan Louis dengan cara yang sesuai dengan usia mereka, serta meyakinkan mereka bahwa saya akan baik-baik saja,” ujarnya.

Secara keseluruhan, Kate menyatakan bahwa kondisinya cukup baik.

“Seperti yang saya sampaikan kepada anak-anak, saya sehat dan setiap hari semakin kuat dengan fokus pada hal-hal yang membantu pemulihan saya, baik dari segi fisik maupun mental. Memiliki William di sisi saya memberikan rasa nyaman dan ketenangan, begitu pula dengan cinta, dukungan, dan kebaikan dari begitu banyak orang. Itu sangat berarti bagi kami.”

Sumber dari istana juga menyampaikan kepada Bazaar pada bulan Maret bahwa Kate “berada dalam semangat yang baik dan fokus pada pemulihan sepenuhnya.” Ia akan kembali bekerja sesegera mungkin ketika sudah siap. Sementara itu, William “akan terus menyeimbangkan perannya dalam mendukung sang istri dan keluarganya dengan tugas resmi yang diembannya sejak awal tahun ini.”

Pada bulan Mei, William menyampaikan kepada seorang penggemar bahwa Kate “dalam kondisi baik,” mengingat semua yang telah terjadi.

Pada 14 Juni, Istana Kensington merilis surat terbaru dari Kate, di mana ia memberikan gambaran sekilas tentang pengobatan kemoterapi yang dijalaninya dan proses pemulihan — meskipun ia masih belum mengungkapkan jenis kanker yang dihadapinya.

“Saya mengalami kemajuan yang baik, namun seperti yang dialami oleh siapa pun yang menjalani kemoterapi, ada hari-hari baik dan hari-hari buruk. Pada hari-hari buruk, Anda merasa lemah, lelah, dan harus mundur sejenak untuk beristirahat. Namun, pada hari-hari baik, ketika tubuh terasa lebih kuat, Anda ingin memanfaatkan setiap momen merasa sehat itu dengan sebaik mungkin,” tulisnya. “Pengobatan saya masih berjalan dan akan berlanjut selama beberapa bulan ke depan. Pada hari-hari ketika saya merasa cukup sehat, merupakan kebahagiaan bagi saya untuk berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, meluangkan waktu untuk hal-hal yang memberi saya energi dan semangat, serta mulai melakukan sedikit pekerjaan dari rumah.”

Di mana ia selama ini?

Sang putri, yang memutuskan untuk lebih banyak menghabiskan waktu di rumah bersama keluarganya beberapa kali terlihat bersama William dan anak-anak mereka sejak diagnosanya. Ia juga tampil di acara Trooping the Colour pada bulan Juni dan Wimbledon pada bulan Juli. Ke depannya, ia diharapkan tampil bersama keluarganya pada bulan November mendatang.

Apakah ia akan baik-baik saja?

Kate mengungkapkan bahwa tim dokternya merekomendasikan kemoterapi sebagai langkah pencegahan, mengingat operasi untuk menangani masalah di perutnya sudah berhasil.

"Meskipun saya sudah menyelesaikan kemoterapi, jalan menuju pemulihan total masih panjang, dan saya harus menjalani setiap hari dengan sabar," ungkap Kate pada 9 September lalu.

BACA JUGA:

Reaksi Putri Charlotte Terhadap Sambutan Hangat untuk Ibunya di Wimbledon

Putri Kate dan Pangeran William Membuka Lowongan Sekretaris Pribadi Baru

(Penulis: Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Vanesa Novelia; Foto: Courtesy of BAZAAR US)