Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Daftar Lengkap Hubungan Asmara Jennifer Lopez Mulai dari Kekasih, Tunangan, hingga Pernikahan

Dari Ben Affleck hingga Drake, A-Rod, dan Kembali ke Ben Affleck

Daftar Lengkap Hubungan Asmara Jennifer Lopez Mulai dari Kekasih, Tunangan, hingga Pernikahan
Courtesy of BAZAAR US

Sejak awal perjalannya, kehidupan cinta Jennifer Lopez selalu menarik perhatian. Mulai dari romansa panjangnya dengan Ben Affleck hingga gosip tentang kedekatannya dengan Drake. Daftar pasangan Jennifer terus menyita perhatian publik.

BACA JUGA: Jennifer Lopez dan Ben Affleck Resmi Bercerai Setelah Dua Tahun Menikah

Ketertarikan ini semakin menguat berkat album studio kesembilannya, This Is Me ... Now, serta film musikal yang dirilisnya. Dalam karya ini, Jennifer merujuk pada berbagai hubungan terkenal yang pernah ia jalani, baik sebelum maupun setelah hubungannya yang terbaru dengan Ben. Ia juga mengungkapkan pribadinya sebagai seorang yang romantis. Dalam narasi trailer This Is Me … Now: A Love Story, ia berkata: “Setiap kali ada yang bertanya apa yang ingin saya capai saat dewasa, jawaban saya selalu: ‘Jatuh cinta.’”

Ikuti jejak perjalanan cinta Jennifer, mulai dari pernikahannya dengan Marc Anthony hingga pertunangannya yang batal dengan Alex Rodriguez.

Ben Affleck (2021—2024)

Courtesy of BAZAAR US

Bennifer mengejutkan penggemar di seluruh dunia saat mereka menghidupkan kembali romansa mereka pada April 2021, hampir dua puluh tahun setelah keduanya memutuskan untuk membatalkan pertunangan pertama mereka. Hubungan mereka segera masuk ke jenjang yang lebih serius, dengan Ben dan Jennifer bertunangan kembali pada tahun berikutnya.

“Pernahkah Anda membayangkan bahwa impian terbesar Anda bisa terwujud?” tanya Jennifer dalam edisi khusus buletin penggemarnya, On the JLo. “Pada malam Sabtu, saat saya berada di tempat favorit saya di dunia (dalam bak rendam), kekasih saya yang tercinta berlutut dan melamar. Saya benar-benar terkejut dan hanya bisa menatap matanya sambil tersenyum dan menangis, mencoba mencerna kenyataan bahwa setelah 20 tahun, ini terjadi lagi. Saya benar-benar kehilangan kata-kata dan ia bertanya, ‘apakah itu iya?’ Saya menjawab, ‘YA, tentu saja itu iya.’”

Keduanya secara resmi menikah dalam sebuah upacara kejutan di Las Vegas pada Juli 2022. Mereka merayakan pernikahan tersebut dengan resepsi yang lebih glamor di Georgia pada bulan berikutnya.

Di akhir tahun itu, Jennifer mengumumkan perilisan album terbarunya, This Is Me ... Now, yang sangat dipengaruhi oleh nostalgia kembali hubungan cintanya dengan Ben. “Saat ia kembali dalam hidup saya, saya merasa sangat terinspirasi dan emosi saya begitu meluap-luap hingga semua itu mengalir begitu saja,” ungkapnya dalam wawancara dengan Zane Lowe untuk sebuah media. “Saat saya merasa bahagia, saya menulis musik. Saya mulai menulis musik dan masuk studio sekitar bulan Mei, dan pada bulan Agustus, saat kami menikah, semuanya sudah selesai.”

Ben juga tak segan-segan menyatakan kekagumannya terhadap istrinya setelah reuni mereka yang tak terduga.

“Ia sangat paham bagaimana fashion berkembang melalui budaya, yang merupakan perpaduan dari musik, olahraga, hiburan, serta tari,” katanya kepada sebuah media lain pada Maret 2023.

Di acara karpet merah, ia menambahkan kepada awak media, “Ia sangat brilian dan membantu saya dalam segala hal.”

Namun sayangnya, kesempatan kedua mereka berakhir kandas dengan perpisahan untuk kedua kalinya. Pada Agustus 2024, Jennifer mengajukan perceraian dari Ben, dengan tanggal perpisahan yang tercatat pada 26 April 2024. Kabar ini muncul setelah berbulan-bulan spekulasi mengenai status pernikahan mereka, di mana mereka dikabarkan tinggal terpisah dan menghabiskan sebagian besar musim panas jauh dari satu sama lain.

Alex Rodriguez (2017—2021)

Courtesy of BAZAAR US

Dalam sebuah wawancara pada tahun 2019, Jennifer mengingat pertemuan perdananya dengan pemain MLB, Alex Rodriguez pada pertandingan Yankees tahun 2005 di kota New York. "Kami berjabat tangan dan rasanya ada semacam aliran listrik selama beberapa detik... Selama tiga hingga lima detik kami saling menatap mata, merasa larut."

Namun, mereka baru benar-benar bertemu kembali dan mulai berkencan setelah lebih dari sepuluh tahun. "Suatu hari saya sedang makan siang dan melihatnya lewat. Setelah itu, saya keluar dan entah kenapa, saya merasa ingin menyapanya," ujar Jennifer dalam penampilannya di The Ellen DeGeneres Show pada tahun 2017. "Ia mengirimi pesan, mengajak makan malam, dan saya setuju. Kami pun menikmati makan malam yang menyenangkan."

Selama hubungan mereka, J.Lo dan A-Rod sering tampil bersama di acara-acara besar seperti Met Gala, Golden Globes, Oscars, dan Grammys. Alex juga hadir saat Jennifer tampil di pelantikan presiden Joe Biden pada Januari 2021.

Mereka mengumumkan pertunangan mereka pada tahun 2019, namun pernikahan mereka terpaksa ditunda karena pandemi Covid-19 pada tahun 2020. Pada April 2021, pasangan ini mengumumkan perpisahan mereka. "Kami menyadari bahwa kami lebih baik sebagai teman dan berharap tetap demikian," kata mereka dalam pernyataan bersama. "Kami akan terus bekerja sama dan mendukung proyek serta bisnis bersama. Kami mendoakan yang terbaik untuk satu sama lain dan anak-anak masing-masing. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua yang telah memberikan dukungan dan kata-kata baik."

Seorang sumber menjelaskan alasan Jennifer mengakhiri pertunangannya. "Setelah berbulan-bulan penuh keraguan dan pertengkaran, Jennifer merasa tidak bisa lagi mempercayai Alex," ungkap sumber tersebut.

Drake (2016)

Courtesy of BAZAAR US

Jennifer sempat menjadi sorotan ketika Drake terlihat memberikan dukungan pada penampilannya di Las Vegas pada Desember 2016. Setelah itu, muncul beberapa unggahan Instagram yang kini telah dihapus, termasuk foto Jennifer yang sedang duduk dipangkuan Drake dan potret keduanya yang berpelukan di sebuah acara. “Ia sedang bersenang-senang,” ujar seorang sumber kepada media saat itu.

Namun Jennifer akhirnya membantah kabar tersebut dalam wawancara di The Daily Show pada 2017. “Izinkan saya mengklarifikasi,” ucapnya. “Saya tidak menjalin hubungan dengan Drake.”

Drake kemudian menyebutkan akhir hubungan mereka dalam lagu “Diplomatic Immunity” pada 2018, di mana ia menyanyikan lirik: “2010 was when I lost my halo / 2017 I lost a J.Lo.”

Casper Smart (2011—2016)

Courtesy of BAZAAR US

Jennifer mulai menjalin hubungan dengan Casper Smart, seorang penari latar yang bekerja untuknya, tak lama setelah perpisahannya dari Marc pada tahun 2011. Menurut laporan dari sebuah media, hubungan mereka yang terpaut perbedaan usia 18 tahun itu dianggap sebagai "hiburan semata" dan "tidak dimaksudkan untuk menjadi sesuatu yang serius." Mereka memiliki hubungan yang penuh gejolak sebelum akhirnya berpisah pada tahun 2016.

Meski awalnya dikatakan bahwa perpisahan mereka terjadi secara damai, seorang sumber kemudian mengatakan kepada media bahwa Casper telah berselingkuh dari Jennifer. "Jennifer mengusir Casper karena ia ketahuan berselingkuh," ungkap sumber tersebut. "Peristiwa itu terjadi dua tahun lalu, dan setelah berjanji tidak akan mengulanginya, Casper melanggar lagi janji tersebut dan Jennifer akhirnya memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka."

Marc Anthony (2004—2011)

Courtesy of BAZAAR US

Ketika Jennifer bertemu musisi Marc Anthony saat ia tampil dalam musikal Broadway Paul Simon tahun 1998, Marc dilaporkan mengatakan kepadanya, “Suatu hari nanti Anda akan menjadi istri saya,” menurut memoar Jennifer yang berjudul True Love. Seiring berjalannya waktu, Jennifer dan Marc tetap menjalin persahabatan yang dekat, meski mereka juga menjalin hubungan dengan orang lain.

Beberapa bulan setelah mengakhiri pertunangan pertamanya dengan Ben, Jennifer menikah dengan Marc dalam sebuah upacara intim pada Juni 2004. Beberapa tahun kemudian, ia mengungkapkan betapa berartinya dukungan Marc setelah perpisahannya dengan Ben. “Memiliki salah satu sahabat terbaik saya yang telah saya kenal bertahun-tahun dan memiliki chemistry dengannya, datang ke hidup saya dan berkata, ‘Saya ada di sini,’” katanya dalam wawancara dengan Today pada 2014. “Yang perlu Anda ingat adalah, tidak ada yang bisa menyelamatkan atau menyembuhkan Anda kecuali diri sendiri.”

Pada tahun 2008, pasangan ini menyambut kelahiran bayi kembar mereka, Max dan Emme. “Jennifer dan Marc sangat bahagia dan sangat bersemangat,” kata manajer Jennifer kepada media saat itu.

Meskipun pasangan ini berpisah pada tahun 2011, mereka tetap menjadi teman dekat dan terus bekerja sama. Beberapa bulan setelah perpisahan, mereka berkolaborasi sebagai juri dalam seri kompetisi tari Q’Viva! The Chosen. Pada tahun 2016, mereka merilis versi terbaru dari lagu “Olvídame y Pega la Vuelta,” yang mereka tampilkan bersama di Latin Grammys pada tahun yang sama.

“Jujur saja, kita akan selalu menjadi teman baik. Saya akan selalu ada untuknya, dan ia juga akan selalu ada untuk saya,” ujar Jennifer tentang mantan suaminya dalam wawancara Live With Kelly pada tahun 2017.

Pada tahun 2018, Jennifer menyebut Marc sebagai sosok yang membantu meningkatkan rasa percaya dirinya sebagai penyanyi. “Selama saya menikah dengan Marc, ia benar-benar mendukung kepercayaan saya dan memahami kelemahan saya,” ungkapnya di acara Sunday Today. “[Ia sering bilang,] ‘Anda penyanyi yang hebat. Jangan biarkan siapa pun mengatakan sebaliknya.’ Saya sangat menghargainya karena saya menganggapnya sebagai salah satu penyanyi terbaik sepanjang masa.”

Setelah perpisahan mereka, Marc juga memberikan pujian serupa kepada Jennifer. Dalam wawancara di karpet merah dengan Extra pada tahun 2017, ia berkata, “Kita selalu berada dalam hubungan yang baik sejak awal. Anda tahu, kita bertemu saat bekerja — dua puluh tahun lalu kita bertemu saat bekerja. Ia sahabat saya — that's my girl — seumur hidup.” Ia juga menambahkan, “Jika Anda ingin menjaga hubungan baik dengan wanita, cobalah untuk bercerai.”

Ben Affleck (2002—2004)

Courtesy of BAZAAR US

Jennifer dan Ben bertemu pada tahun 2001 di lokasi syuting film komedi romantis Gigli, di mana mereka membintanginya bersama. Setelah Jennifer mengumumkan perpisahannya dari sang suami Cris Judd, hubungan antara Jennifer dan Ben menjadi sorotan publik — dan pasangan Bennifer pun lahir.

Pada awal 2000-an, Bennifer menjadi pasangan yang paling dibicarakan. Jennifer kemudian mencermati kekacauan media terkait hubungan mereka dalam wawancara tahun 2016 dengan sebuah media: “Kami tidak berniat menjalin hubungan publik. Kami kebetulan bersama pada saat tabloid mulai populer, dan rasanya sangat berat. Itu sangat penuh tekanan.”

Mereka bertunangan dengan cepat pada tahun 2002, dengan Ben melamar Jennifer menggunakan berlian pink seberat 6,1 karat dari Harry Winston, yang dikabarkan berharga 2,5 juta dollar Amerika. Namun pada tahun 2003, mereka menunda pernikahan. “Karena perhatian media yang berlebihan terhadap pernikahan kami, kami memutuskan untuk menunda tanggalnya,” kata mereka dalam pernyataan bersama saat itu. “Ketika kami mempertimbangkan untuk menyewa tiga ‘pengantin pengganti’ di tiga lokasi berbeda, kami menyadari ada yang tidak beres. Kami merasa bahwa hari yang seharusnya penuh kebahagiaan dan sakral ini bisa menjadi hancur bagi kami, keluarga, dan teman-teman.”

Pernikahan itu akhirnya tidak terjadi, dan pasangan tersebut resmi berpisah pada Januari 2004. Jennifer menyebut akhir hubungan mereka sebagai “kekecewaan besar pertama” dalam wawancara tahun 2014.

Meski demikian, mereka tetap saling berhubungan dari waktu ke waktu (dan melalui pernikahan mereka yang berbeda). “Kami tidak memiliki hubungan di mana ia mengandalkan saya untuk sebuah nasihat,” kata Ben kepada media pada tahun 2012, saat ia menikah dengan Jennifer Garner. “Namun, kami memiliki hubungan di mana ada email yang mengatakan, ‘Oh, filmmu terlihat hebat.’ Saya ingat saat ia tampil di American Idol. Saya mengatakan: ‘Ini langkah yang sangat cerdas. Semoga berhasil.’”

Dan, seperti yang ditakdirkan, kisah mereka tidak berakhir di situ.

Cris Judd (2001—2002)

Courtesy of BAZAAR US

Jennifer bertemu dengan suami keduanya, Cris Judd, yang merupakan seorang koreografer dan penari, saat syuting video musik “Love Don’t Cost a Thing” yang ia arahkan. Mereka menikah pada September 2001, namun pernikahan mereka hanya bertahan sembilan bulan dan berakhir dengan perceraian pada Juli 2002.

“Setelah keluar dari hubungan yang penuh masalah, saya bertemu dengan seseorang yang begitu manis dan menyegarkan,” jelas Jennifer dalam wawancara pada tahun 2003. “Tapi, pernikahan bukan hanya soal cinta. Saya pikir saya sudah mempelajari hal ini dari pernikahan pertama saya... Saya mencintai Cris, masih mencintainya, ia salah satu orang terbaik. Ini bukan keputusan yang mudah untuk ditinggalkan, namun kami tidak memiliki apa yang dibutuhkan untuk membuat pernikahan ini bertahan.”

Di sisi lain, Cris mengungkapkan pandangannya tentang hubungan singkat mereka dalam wawancara tahun 2014, menyoroti kesulitan menjadi pasangan selebriti terkenal. “Sangat sulit,” ujarnya. “Privasi Anda terganggu. Anda tidak lagi menjadi orang biasa. [Pernikahan kami] seperti sirkus. Saya pikir beberapa orang bahkan ditangkap karena mencoba memanjat gunung... mencoba menyelinap masuk. Kami bahkan menyewa airspace.”

Akhirnya, masalah privasi tidak mempengaruhi kehancuran pernikahan mereka. “Itu tidak mempengaruhi hasil hubungan kami,” katanya. “Sayangnya, hubungan ini memang tidak berhasil.”

Sean “Diddy” Combs (1999—2001)

Courtesy of BAZAAR US

Jennifer mulai menjalin hubungan dengan Sean Combs, yang dikenal juga dengan nama Puff Daddy, P. Diddy, atau sekadar Diddy pada tahun 1999, bertepatan dengan peluncuran album debutnya, On the 6. Bersama, mereka menjadi salah satu pasangan paling terkenal di Hollywood, dengan Diddy sering mendampingi Jennifer dalam momen-momen fashion yang sangat berpengaruh dalam kariernya. (Siapa yang bisa melupakan gaun hijau plunging Versace di Grammy 2000?)

Dua tahun setelah perpisahan mereka, Jennifer menceritakan pengalamannya dalam wawancara dengan sebuah media, menyinggung bahwa ketidaksetiaan mungkin menjadi penyebab utama perpisahan mereka.

“Ini adalah kali pertama saya berhubungan dengan seseorang yang tidak setia,” ungkapnya. “Saya mengalami banyak kesedihan, kegilaan, dan kekacauan dalam hubungan ini, sampai-sampai hidup saya benar-benar berantakan … Saya tidak pernah menangkap basah ketidaksetiaannya secara langsung, tapi saya merasa ada yang tidak beres. Ia berkata akan pergi ke klub sebentar, tapi seringkali tidak pulang malam itu.”

Ojani Noa (1997—1998)

Courtesy of BAZAAR US

Jennifer bertemu dengan suami pertamanya, Ojani Noa ketika ia masih bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran Kuba di Miami. Mereka menikah pada tahun 1997, tetapi bercerai pada Januari 1998 setelah 11 bulan menikah.

Meskipun pernikahan mereka berakhir, Jennifer dan Ojani tampaknya tetap berhubungan baik untuk beberapa waktu. Jennifer bahkan mempekerjakan Ojani untuk mengelola restoran Kuba yang dibukanya di Los Angeles pada tahun 2002, dengan gaji 1.000 dollar Amerika per minggu. Namun setelah enam bulan, Jennifer memecatnya dan Ojani kemudian menggugatnya karena pelanggaran kontrak. Kasus tersebut diselesaikan dengan perjanjian yang melarang Ojani mengungkapkan atau mencemarkan nama baik Jennifer untuk keuntungan pribadi. Meskipun demikian, Ojani mulai mencari penerbit untuk sebuah buku tentang pernikahan singkat mereka, yang membuat Jennifer menggugatnya pada tahun 2006.

Ketegangan meningkat pada tahun 2009 ketika Jennifer mengirimkan surat perintah penghentian kepada Ojani karena memproduksi film dokumenter parodi berjudul How I Married Jennifer Lopez: The J.Lo and Ojani Noa Story. Produser film tersebut, Claudia Vazquez, berusaha menggugat Jennifer sebesar 10 juta dollar Amerika karena dianggap mengganggu produksi film. Namun, hakim akhirnya menolak gugatan tersebut.

Selama bertahun-tahun konflik hukum, Ojani dan rekannya sempat mengancam akan merilis rekaman video honeymoon Jennifer — meskipun hakim melarang rilis video tersebut pada tahun 2009.

BACA JUGA:

Jennifer Lopez Mengadopsi Gaya Busana Duchess Meghan dengan Celana Linen Longgar Ini

Jennifer Lopez Membagikan Foto Makan Malam dan Gaun Brunch Pasca Pernikahan

(Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari: BAZAAR US; Alih bahasa: Vanesa Novelia; Foto: Courtesy of BAZAAR US)