Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Maid of Honor dari Ratu Elizabeth II Meninggal Sehari Sebelum Pemakaman Ratu

Lady Mary Russell adalah salah satu yang ikut membawa kerudung Ratu pada hari penobatannya.

Maid of Honor dari Ratu Elizabeth II Meninggal Sehari Sebelum Pemakaman Ratu
Courtesy of BAZAAR US

Satu hari sebelum dunia mengucapkan selamat tinggal kepada Ratu Elizabeth II di pemakaman kenegaraannya, salah satu maid of honor Ratu juga meninggal dunia.

Baca juga: Tempat Peristirahatan Terakhir Ratu Elizabeth II Ditandai Dengan Batu Nisan Yang Besar

Lady Mary Russell meninggal pada tanggal 18 September pada usia 88 tahun. Ia adalah salah satu dari enam pelayan kehormatan Ratu Elizabeth yang ada pada hari penobatannya, 2 Juni 1953. Para wanita inilah yang membawa kereta gading dan ungu berhiaskan emas milik ratu ketika upacara.

Keduanya sudah saling mengenal selama bertahun-tahun, dikarenakan ayah dari Lady Mary, Earl of Haddington, adalah teman masa kecil ibunda Ratu Elizabeth II. 

Sebuah berita duka untuk Lady Mary diterbitkan oleh salah satu media pada awal bulan ini. Terbaca bahwa ia adalah seorang istri tercinta, ibu dari tiga putra dan dua putri, dan nenek dari 12 cucu, dikatakan bahwa ia telah meninggal "dengan damai" di rumah bersama keluarganya. 

Pemakaman dan penguburan Ratu Elizabeth diadakan sehari setelah kematian pelayannya, tepatnya pada 19 September, di Westminster Abbey di London. Ia meninggal pada 8 September. Westminster Abbey juga merupakan tempat mendiang Ratu dinobatkan pada tahun 1953, satu tahun setelah kematian ayahnya, Raja George VI.

Keluarga kerajaan Inggris juga menghadiri upacara pemakaman, seperti yang dilakukan bangsawan dari negara lain dan para pemimpin dunia. Ratu kemudian dimakamkan di Kapel St. George di Kastil Windsor, tempat sang suami, Pangeran Philip dimakamkan tahun lalu. Kapel St. George juga merupakan tempat peristirahatan ayah Ratu, Raja George VI; ibu, Ratu Elizabeth; dan saudara perempuannya, Putri Margaret.

Baca juga:

Tampilan Elegan Ratu Letizia dari Spanyol Pada Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II

Semua Foto Prosesi Peti Mati Ratu Elizabeth II

(Penulis:Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR US)