Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara London Fashion Week Memberikan Penghormatan Kepada Mendiang Ratu Elizabeth II

Perancang busana Harris Reed dan Richard Quinn memberikan penghormatan mereka kepada Yang Mulia Ratu dalam pertunjukannya.

Cara London Fashion Week Memberikan Penghormatan Kepada Mendiang Ratu Elizabeth II
Courtesy of BAZAAR UK

Spring/Summer season 2023 memperlihatkan London Fashion Week tidak seperti biasanya, karena berlangsung selama periode resmi berkabung nasional atas meninggalnya Yang Mulia Ratu Elizabeth II. Sementara banyak desainer yang masih dapat melanjutkan hal ini, mereka melakukannya tanpa keributan dan keriuhan, yang mana hal tersebut adalah sesuatu yang melekat dengan acara London Fashion Week (semua makan malam dan pesta dibatalkan, dan fotografer jalanan juga tidak disarankan), acara yang telah dijadwalkan pada hari pemakaman (Senin 19 September) harus segera diatur ulang. 

Baca juga: Tradisi Kerajaan dalam Pakaian Berkabung

Beberapa nama besar dalam jadwal – termasuk Burberry dan Raf Simons – mengumumkan pembatalan pertunjukan mereka dalam waktu 24 jam setelah kematian Ratu, hal itu dilakukan untuk menghormati Ratu, sementara Roksanda juga tidak dapat melanjutkan, karena lokasi pertunjukannya berada di taman kerajaan.

Sebuah media fashion merilis sebuah pernyataan yang menyerukan kepada pers mode dan calon pembeli untuk terus mendukung para desainer London Fashion Week, banyak di antaranya yang telah menginvestasikan waktu dan uang untuk pertunjukan mereka, dan mereka yang terus maju justru menemukan cara unik untuk membayar rasa hormat terhadap mendiang Ratu. 

Begini cara para desainer, mulai dari Harris Reed, Erdem dan Richard Quinn, menghormati Yang Mulia:

1. Richard Quinn

Courtesy of BAZAAR UK

Richard Quinn mendedikasikan koleksi Spring/Summer 2023-nya kepada Yang Mulia Ratu, dengan mengatakan bahwa "ia telah menyentuhnya diantara begitu banyak orang dengan keanggunan dan kebaikannya,". 

Pertunjukan dibuka dengan rangkaian gaun agung yang seluruhnya berwarna hitam, dilengkapi dengan banyak hiasan, dan dipadukan dengan kudung serta mahkota, cuplikan video lama milik Ratu pun diputar di tengah-tengah catwalk.

2. Erdem

Courtesy of BAZAAR UK

Erdem juga mendedikasikan seluruh pertunjukan Spring/Summer 2023 untuk Yang Mulia Ratu, ia membagikan salah satu kutipannya yang paling terkenal: "Kesedihan adalah harga yang kita bayar untuk cinta". Pertunjukan dibuka dan ditutup dengan model yang mengenakan kudung hitam.

3. JW Anderson

Courtesy of BAZAAR UK

Tampilan penutup JW Anderson adalah gaun T-shirt satin berwarna hitam yang bertuliskan: "Yang Mulia Ratu, 1926-2022, Terima kasih".

4. Halpern

Courtesy of BAZAAR UK

Dalam pembukaan pertunjukan Halpern, seorang model terlihat berjalan di atas catwalk dalam suasana hening total, mengenakan jubah dan jilbab agung, dalam warna-warna cerah, sebagai bentuk anggukkan kepada Yang Mulia.

"Tampilan unik ini adalah cara bagi saya untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada Ratu karena telah mendorong desainer seperti saya untuk mengekspresikan sesuatu melalui kekuatan mode dan optimisme," ucap Michael Halpern. 

"Selalu menjadi etos saya bahwa, bahwa pada masa yang gelap, saya melihat fantasi  dari sebuah mode sebagai optimisme dan kekuatan. Seperti contoh kasus ini"

5. Harris Reed

Courtesy of BAZAAR UK

Harris Reed mengirim pengantin terakhirnya (Lily McMenamy) ke runway dengan memegang buket bunga favorit Yang Mulia, Lily of the Valley, di saat Adam Lambert menyanyikan 'Who Wants To Live Forever?'

6. Nensi Dojaka

Courtesy of BAZAAR UK

Nensi Dojaka juga memilih untuk membayar pernghormatannya dengan menggunakan bunga favorit dari Ratu, ia mengirimkan masing-masing model ke catwalk pada sesi akhir (dipimpin oleh Emily Ratajkowski) yang membawa Lily of the Valley.

7. Christopher Kane

Courtesy of BAZAAR UK

Sebagai bagian dari banyak pengaruh untuk pertunjukan Spring/Summer 2023-nya, Christopher Kane mengambil inspirasi dari Ratu Elizabeth muda dan Putri Margaret yang berkeliaran di halaman Balmoral. Look ke 40 (pada gambar) mengacu pada foto resmi terakhir Ratu yang diambil di Skotlandia, yang mana Ratu mengenakan rok dan rajutan berwarna abu-abu.

8. SS Daley

Courtesy of BAZAAR UK

Pertunjukan SS Daley dibuka dengan nyala lilin yang muram, para model mengenakan pakaian hitam dan putih terlihat berjalan di runway sembari diiringi dentingan lonceng gereja. 

9. Bora Aksu

Courtesy of BAZAAR UK

Para tamu termasuk Ramla Ali memiliki pin pita hitam yang disiapkan untuk mereka di kursi yang telah ditentukan dalam pertunjukan Bora Aksu, pin pita hitam itu nantinya akan dipakai untuk mengenang Ratu. 

10. Daniel W. Fletcher

Courtesy of BAZAAR UK

Daniel W.Fletcher membuka London Fashion Week dengan mengheningkan cipta selama satu menit untuk menghormati sang Ratu, sebelum menampilkan pembukanya: seorang model yang mengenakan setelan hitam dengan armband tunggal dalam sebuah penghormatan khusyuk.

Baca juga:

Kenangan Manis dari Keluarga Kerajaan Akan Ratu Elizabeth II Setelah Pemakamannya

Semua Foto Prosesi Peti Mati Ratu Elizabeth II

(Penulis:Sarah Karmali; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Diah Pithaloka; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)