Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Perasaan Emosional Para Bangsawan Saat Menghadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

Dari Raja Charles hingga Pangeran Harry, lihat foto-foto dari para bangsawan hari ini di sini.

Perasaan Emosional Para Bangsawan Saat Menghadiri Pemakaman Ratu Elizabeth II

Anggota keluarga kerajaan Inggris mengucapkan selamat tinggal kepada ibu pemimpin mereka, Ratu Elizabeth II, hari ini dalam upacara pemakaman yang diadakan di Westminster Abbey, dan beberapa di antaranya terlihat sangat emosional selama acara.

Baca juga: Semua Foto Prosesi Peti Mati Ratu Elizabeth II

Meghan, Duchess of Sussex, meneteskan air mata sambil berdiri di samping Pangeran Harry, ketika mereka dan anggota keluarga kerajaan lainnya mengamati peti mati ratu saat dipindahkan dari kereta meriam ke mobil jenazah di Wellington Arch setelah kebaktian.

Salah satu berita siaran televisi melaporkan dalam siaran langsung pemakamannya bahwa Raja Charles III juga terlihat dengan air mata di wajahnya selama upacara yang intens. Foto-foto prosesi peti mati ratu ke biara juga menunjukkan raja tampak sangat sedih.

"Saya tidak pernah berpikir saya akan tersentuh seperti ini, tetapi berada begitu dekat dengan peti mati, melihat kesedihan di wajah Charles, itu benar-benar menyentuh hati," Hsien Chew, seorang penerima MBE (The Most Excellent Order of the British Empire) dan tamu pemakaman, mengatakan kepada satu majalah lainnya.

Kakak-beradik, Pangeran William dan Pangeran Harry, berjalan berdampingan di belakang peti mati Ratu Elizabeth, mengikuti ayah mereka dan anak-anak ratu lainnya, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Di foto-foto, Harry, terlihat menghapus air mata selama prosesi peti mati sang ratu minggu lalu, dan tampak sangat muram dengan kepala tertunduk.

Pada suatu saat, Sophie, Countess of Wessex, juga terlihat sedang mengusap wajahnya.

Sebelum pemakamannya, Raja Charles mengucapkan terima kasih atas curahan penghormatan di seluruh dunia yang didedikasikan untuk sang ratu.

"Selama sepuluh hari terakhir, saya dan istri saya sangat tersentuh oleh banyaknya pesan-pesan belasungkawa dan dukungan yang kami terima dari negara ini dan di seluruh dunia," ditulis dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Istana Buckingham kemarin. "Di London, Edinburgh, Hillsborough, dan Cardiff, kami sangat tersentuh oleh semua orang yang bersusah payah untuk datang dan memberikan penghormatan mereka atas jasa seumur hidup ibuku tersayang, mendiang Ratu."

Ia menutup dengan, "Ketika kita semua bersiap-siap untuk mengucapkan selamat tinggal terakhir kita, saya hanya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang tak terhitung jumlahnya, yang telah memberikan dukungan dan penghiburan kepada Keluarga saya, dan saya sendiri, di waktu kesedihan ini."

Baca juga: 

Putri Kate Mengenakan Kalung Mutiara Milik Ratu Elizabeth II di Acara Pemakamannya

Anjing Corgi Ratu Elizabeth Dibawa Keluar untuk Jalan di Hari Pemakamannya

(Penulis: Chelsey Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Aimee Mihardja; Foto: Courtesy of BAZAAR US)