Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini Manfaat Cokelat untuk Kecantikan Kulit dan Juga Rambut

Cokelat ternyata dapat menjadi proteksi kulit dan rambut Anda dari sinar UV!

Ini Manfaat Cokelat untuk Kecantikan Kulit dan Juga Rambut
Courtesy of [email protected]

Saat mendengar kata cokelat apa yang ada di pikiran Anda? Tentunya manis dan lezat. Di luar sebagai bahan yang dapat dimakan, ternyata cokelat sudah banyak digunakan untuk bahan dasar dari berbagai macam produk kecantikan. Dari mulai masker wajah, lip balm, lulur badan, hingga beberapa perawatan rambut. Faktanya, menggunakan perawatan dengan kandungan cokelat, tidak memberikan hasil yang maksimal. Anda harus mengkonsumsinya dengan jumlah secukupnya atau mengolahnya langsung tanpa bahan tambahan yang tidak diperlukan.

Namun, belum banyak yang menggunakannya secara alami dikarenakan asumsi bahwa mengkonsumsi cokelat dapat membuat tubuh tidak sehat. Hal tersebut, memang akan terjadi jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak dan memilih cokelat yang salah.

Cokelat yang salah? Ya betul, cokelat memiliki berbagai macam jenis dan di antaranya ada yang sama sekali tidak mengandung bahan dasar cokelat yaitu biji kakao. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak penjelasan serta manfaat cokelat untuk kecantikan yang telah Bazaar kurasi di bawah ini!

APA ITU COKELAT?

Pastinya Anda semua sudah sering dengar apa itu cokelat yaitu makanan manis yang biasanya dihidangkan untuk makanan penutup. Tapi, untuk lebih dalamnya dari mana cokelat berasal? Menurut penjelasan seorang pelatih kebugaran Lacey Baier, penulis buku A Sweet Pea Chef, cokelat pada dasarnya berasal dari buah kakao, yang di dalamnya terdapat biji-bijian kakao.

Biji tersebut lalu akan melewati proses ekstraksi, fermentasi, dan dikeringkan sebelum akhirnya dipanggang. Pada proses ini, kulit dari biji kakao akan terlepas dan sisanya akan dihaluskan, hasilnya itulah yang akhirnya dapat disebut cokelat.

Memang akan cukup memakan waktu sedikit lama untuk akhirnya menjadi halus, tetapi Anda langsung dapat mengkonsumsinya setelah dihaluskan menjadi bubuk, bahkan setiap hari dengan takaran. Jadi semua cokelat dapat dikonsumsi setiap hari? Tidak semuanya.

JENIS-JENIS COKELAT

Sekarang mungkin Anda bingung, lalu cokelat apa yang dapat dikonsumsi setiap hari? Jawabannya hanya cokelat murni atau yang biasa disebut dengan dark chocolate. Hanya dark chocolate yang mengandung nutrisi terbanyak dari berbagai jenis cokelat lainnya, karena prosesnya yang tidak banyak menambahkan pemanis atau gula yang tidak diperlukan. Adapun beberapa jenis cokelat lainnya seperti:

  • Cokelat susu atau milk chocolate, memiliki kandungan cokelat yang sangat minim serta adanya penambahan pemanis yang luar biasa dan susu yang pastinya penuh lemak untuk menambahkan cita rasa.
  • Cokelat putih atau white chocolate, jenis yang satu ini sama sekali tidak mengandung bahan dasar biji kakao. Terbuat hanya dari minyak kakao, pemanis, dan susu, pada dasarnya Anda dapat lebih pantas menyebutkan permen, bukan cokelat.
  • Cokelat murni atau dark chocolate, ketika sudah diolah menjadi chocolate bar memang tidak akan semurni jika mengkonsumsinya langsung setelah dihaluskan. Tetapi dalam pembicaraan ini, Anda dapat memilih produk cokelat yang memiliki kandungan minimal 70% kakao atau lebih, untuk bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Dengan presentase tersebut Anda tidak harus menderita saat mengkonsumsi jenis cokelat yang memiliki rasa dasar pahit.

Di sinilah yang biasanya membuat banyak orang keliru. Mulai dari sekarang, jika Anda ingin membeli cokelat di supermarket, pastikan cokelat yang mengandung paling sedikit 70% kakao. Dan hindari cokelat lainnya yang hanya akan membuat tubuh Anda tidak sehat.

Courtesy of belchonock@123RF.com
Courtesy of [email protected]

MANFAAT UNTUK KECANTIKAN

Setelah mengerti lebih dalam mengenai cokelat, mari membahas mengenai manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan untuk kecantikan.

1. Mencegah kanker kulit

Mengkonsumi cokelat murni akan memberikan proteksi pada kulit saat terkena paparan sinar UV. Sehingga akan lebih sedikit terjadinya kemerahan dan juga hidrasi kulit yang berkepanjangan. Flavonoid yang ada dalam cokelat membantu memantulkan sinar UV yang berbahaya, mencegah terjadinya kulit terbakar, melawan perubahan warna kulit, dan mencegah hal paling berat dari itu semua yang dapat dialami karena paparan sinar UV secara terus menerus adalah kanker kulit. Ini juga termasuk untuk rambut, cokelat murni juga dapat melindungi kulit rambut Anda seperti mereka melindungi kulit.

2. Mengurangi peluang breakout

Menurut Dr. Eric Berg, DC, yang merupakan ahli dalam healthy keto dan intermittent fasting berbasis di Virginia, cokelat dapat mengurangi kortisol dan juga adrenalin. Hal tersebut akan membuat diri Anda lebih santai yang dapat membantu tingkat stres. Jika manajemen stres telah teratur dengan baik, maka secara langsung juga dapat mempengaruhi hormon untuk tidak mengeluarkan jerawat-jerawat yang tidak diinginkan. Dan untuk rambut, dapat mengurangi terjadinya kerontokan yang biasanya terjadi saat stres. Tapi sekali lagi ingat ya, cokelat yang mengandung 70% kakao. Kalau cokelat susu dan manis dengan kandungan gula berlebih justru malah memicu jerawat!

3. Mengurangi inflamasi

Polifenol yang terkandung dalam ekstrak kakao, dapat mengurangi peradangan, inflamasi, dan menyembuhkan gejala alergi lain yang berkaitan. Maka dari itu, cokelat murni juga pastinya dapat membantu kondisi kulit seperti kulit kering, psoriasis dan eksim. Begitupun dengan kondisi rambut, terkadang kulit kepala kering, gatal, dan merah dapat sangat mengganggu.

4. Meningkatkan kolagen

Selain membantu mengurangi bintik hitam dan pigemntasi, kakao juga dapat berfungsi untuk mengembalikan kelembaban kulit serta membuatnya tetap terkunci agar tetap bersinar dan sehat. Secara tidak sadar, hal tersebut secara perlahan akan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Sehingga kulit akan lebih halus, kencang, dan terhindar dari tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan.

5. Meningkatkan pertumbuhan sel kulit

Mineral penting yang ada dalam cokelat seperti zat tembaga, zat besi, dan zinc, dapat meningkatkan pertumbuhan sel dan menyehatkan kulit Anda. Cokelat murni juga mendetoksifikasi kulit serta mengelupas sel-sel kulit mati yang ada pada kulit. Dalam hal rambut, zat-zat tersebut akan meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan memfasilitasi transfer nutrisi yang lebih baik ke sel, sehingga menghasilkan rambut yang sehat, kuat, dan bervolume.

(Penulis: Gracia Sharon)