Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Bahan Skincare yang Berfungsi Ampuh Melawan Anti-Aging atau Penuaan

Bisa digunakan juga pada wanita yang berumur lebih muda untuk menunda penuaan dini!

Bahan Skincare yang Berfungsi Ampuh Melawan Anti-Aging atau Penuaan
Courtesy of [email protected]

Menyadari bahwa semua orang di dunia ini akan bertambah tua setiap harinya, Anda pastinya menginginkan kulit, khususnya wajah untuk selalu tampak muda. Pemilihan bahan dalam perawatan kulit Anda akan sangat berpengaruh bagi tampilan dan kesehatan kulit.

Terlebih, Anda pastinya miliki aktivitas di luar ataupun di dalam ruangan yang mungkin secara tidak disadari membuat kulit wajah mengalami tanda-tanda penuaan. 

Seperti kerutan, garis halus, bintik hitam, dan lainnya, dapat Anda tangani dengan bahan-bahan perawatan kulit yang terfokus dengan permasalahan  kulit tersebut. Simak beberapa bahan skincare anti aging yang dapat digunakan sejak usia muda untuk membantu Anda menangani atau mencegah tanda penuaan. 

Courtesy of Instagram @juliaroberts
Courtesy of Instagram @juliaroberts

1. SPF

Sudah banyak sekali para ahli kecantikan mengatakan bahwa penggunaan bahan SPF diketahui sangat penting untuk semua orang, tanpa terkecuali pria. Anda pastinya sudah tahu bahwa bahan ini terkandung dalam semua produk tabir surya, ya karena itulah fungsinya, untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari. Sinar UV yang dihasilkan matahari dapat sangat merugikan, kasus terburuknya itu dalam membuat Anda terkena kanker kulit. Jadi, pastikan Anda selalu menggunakannya saat keluar rumah, bukan di saat hanya ingin pergi ke pantai.

Baca juga: Cara Benar Mengaplikasikan Produk Tabir Surya atau Sunscreen ke Wajah Anda

2. Glycolic Acid

Bahan alami satu ini sangat populer di dunia kecantikan, merupakan salah satu jenis alpha-hydroxy acid (AHA) yang berasal dari tebu. Dikenal dengan sifatnya yang dapat mengekfoliasi kulit, glycolic acid memang dapat melepaskan ikatan sel kulit mati dari lapisan terluar hingga dalam, karena miliki molekul yang paling rendah dari AHA lainnya. Sehingga menurut direktur pendidikan dari Luzern Laboratories, Lisamarie Gargulio, ini dapat memperbaikin tekstur akibat kulit kering, kerutan, dan pada akhirnya kulit kembali terhidrasi, sehingga produksi kolagen meningkat. 

Baca juga: Tak Hanya Mengatasi Jerawat, Ini Manfaat Lain Glycolid Acid!

3. Niacinamide

Menurut Andrea Suarez, MD, FAAD, atau dikenal dengan sebutan Dr. Dray di media sosial, seorang ahli dermatologi berbasis di Houston, Texas, mengatakan bahwa, "Ini adalah vitamin B3, yang mampu untuk mencegah paparan radikal di lingkungan luar."

Niacinamide sangat umum terkandung di produk kecantikan seperti serum dan pelembap, yang dapat menekan melanin agar tidak mencapai permukaan kulit, "sehingga dapat mencerahkan bintik hitam akibat paparan sinar matahari atau penuaan." 

4. Retinol

Kalau sebelumnya B3, sekarang kami akan membahas vitamin A. Bagi Anda para pemburu skincare anti-aging pasti sangat sering mendengar retinol, karena ini merupakan salah satu bahan utama untuk masalah penuaan. Retinol dapat membantu memudarkan garis halus, menyembuhkan sel kulit yang rusak karena matahari, dan dalam pemakaian jangka panjang dapat meningkatkan produksi kolagen di bagian terdalam kulit. "Penggunaan bahan satu ini tidak akan membuat kulit Anda semakin sensitif dengan paparan sinar matahari. Faktanya, menggunakannya dengan tabir surya pada keseharian Anda, dapat sangat berguna untuk mencegah kerusakan dari sinar UV. 

Baca juga: Sebagai Anti Aging, Ini Manfaat Retinol Untuk Wajah

5. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang dapat digunakan semua orang, baik dikonsumsi ataupun diaplikasikan. Fungsinya adalah untuk membangkitkan produksi kolagen, mengembalikan elastisitas pada kulit, dan memberantas serangan radikal dari polusi. Setelah memperbaiki tekstur, ini juga dapat mencerahkan bagian kulit gelap sekaligus meratakannya. 

Baca juga: Manfaat Vitamin C untuk Kulit Wajah

6. Kolagen

"Kolagen merupakan sebuah komponen dari kulit kita yang secara esensial meningkatkan kekuatan kulit serta elastisitasnya, untuk selalu tampak muda dan halus. Semakin bertambah umur kita, produksi kolagen pada kulit akan berkurang dan di situlah tanda penuaan muncul," ucap Hyram Yarbro seorang makeup artist dan sosok berpengaruh dalam dunia perawatan wajah. Bahan produk yang mengandung, sudah pasti, dapat membantu Anda dalam meningkatkan produksi kolagen pada wajah. Sehingga Anda akan mendapatkan muka yang terhidrasi dan plump

Baca juga: 10 Krim Pelembap dengan Kolagen Terbaik untuk Membantu Meraih Tampilan Kulit yang Kenyal dan Halus

7. Peptida

Membicarakan kolagen, peptida merupakan salah satu gabungan dari peptida dan asam amino, yang membangun protein tertentu di kulit. Namun, bahan ini juga bisa terproduksi terpisah dari asam amino yang membuatnya disebut hanya dengan sebutan peptida. Menambahkan peptida pada perawatan kulit Anda, dapat mencegah kerutan atau garis-garis halus yang akan muncul. Anda akan menemukan produk yang mengandung peptida miliki kemasan bertuliskan mengencangkan. 

8. Hyaluronic acid

Salah satu penyebab munculnya tanda penuaan juga karena menurunnya produksi minyak atau sebum seiring bertambahnya usia, yang mengakibatkan kulit menjadi kering. Dan asam hialuronat diciptakan untuk membantu Anda dalam menghidrasi kulit. Asam hialuronat adalah bahan pelembap yang kuat dan menjaga kulit tetap kenyal dan terhidrasi. Menahan kadar air pada kulit untuk menggantikan minyak yang hilang, biasa terdapat di toner dan juga serum. 

Baca juga: Pentingnya Hyaluronic Acid Untuk Kulit

9. Ceramide

Masih dalam bahan kuat yang dapat menghidrasi kulit, ceramide juga membantu kulit mempertahankan tingkat kelembapannya. “Ceramide adalah lipid alami yang diproduksi kulit Anda,” kata Lisamarie. “Mereka adalah komponen penting dari epidermis dan memainkan peran penting dalam perlindungan skin barrier, memungkinkannya untuk menangkap dan mengikat air agar tetap terhidrasi.” Selain itu, ceramide juga cocok untuk Anda yang miliki kulit sensitif, karena dapat mencegah kemerahan atau gagal.

10. Vitamin E

Sumber antioksidan yang kuat, dan lagi-lagi, dapat membantu melawan radikal polusi yang mengakibatkan tanda penuaan. Tubuh Anda tidak dapat memproduksinya secara alami, jadi sangat penting untuk mendapatkannya dari produk perawatan kulit. Vitamin E dapat membantu keadaan kulit dan tubuh Anda, dari luar dan dalam serta mengurangi inflamasi yang terjadi. 

11. Salicylic Acid

Terakhir, terasa kurang jika di awal kita sudah membahas AHA, namun tidak membahas kawannya BHA (beta hydroxy acid). Sebenarnya, untuk fungsinya tidak jauh berbeda dengan AHA, tetapi BHA lebih dianjurkan untuk para pemilik jenis kulit berminyak (karena berbasis minyak) yang miliki pori-pori besar. Karena salah satu tanda penuaan itu termasuk dengan membesarnya pori-pori wajah, dan pastinya Anda tidak ingin pori-pori Anda semakin membesar dengan hanya menggunakan AHA.

Baca juga: 

Tak Hanya untuk Mengatasi Jerawat, Ini yang Perlu Anda Ketahui Tentang Salicylic Acid

10 Pilihan Krim Leher Anti Penuaan Terbaik

Senam Wajah Anti Penuaan Dini

7 Minuman Anti Aging

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of [email protected], Instagram @juliaroberts)