Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ide Padu Padan Busana Bermotif Tartan yang Tidak Membosankan

Deretan cara eksplorasi dengan motif tartan untuk mengelevasi penampilan Anda

Ide Padu Padan Busana Bermotif Tartan yang Tidak Membosankan
Layout by Sophie El Fasya

Sama seperti animal print yang telah eksis sejak lama, tartan juga menjadi tren yang tidak lekang waktu. Semula merupakan pakaian kenegaraan Skotlandia sejak abad ke-16 di mana dulu hanya para pria yang mengenakannya dan cara penggunaannya sebagai Kilt yang diikatkan pada pinggang serta dilengkapi belt dan juga kantong kecil, motif ini telah melalui banyak perubahan dengan pengaplikasiannya yang beragam pada busana, seperti blazer, crop top dan masih banyak lagi.

Motif yang juga dikenal sebagai plaid ini sekarang telah menjadi motif dalam benda fashion yang universal dan pastinya akan membuat Anda tampak semakin trendi. Kali ini, Bazaar telah mengumpulkan beberapa cara bergaya dengan tartan yang akan memperkaya inspirasi Anda untuk bereksplorasi dengan motif tartan!

Baca juga: Sejarah Motif Ikonis Tartan, Ternyata Sudah Eksis Dari Abad Ke-16!

1. Camisole top 

Courtesy of Instagram @bellahadid
Courtesy of Instagram @bellahadid

Camisole top dan tanktop memang memiiiki kemiripan, namun keduanya tidak serta merta persis. Meski keduanya sama-sama merupakan garmen tidak berlengan, hal yang membedakannya ada pada strap dari atasan ini. Camisole top biasanya memilki spagetthi strap. Biasanya, pakaian tanpa lengan ini akan membuat Anda tampak lebih santai. Infusi motif tartan yang modis pada atasan ini menjadikannya good to go, namun, Anda tetap bisa membuatnya semakin fun dengan padu padan berlapis entah itu di dalam ataupun di luar ala Y2k seperti yang dilakukan oleh Bella Hadid. 


2. Kemeja 

Courtesy of Instagram @alexachung
Courtesy of Instagram @alexachung

Kemeja tartan merupakan pilihan yang tepat untuk penampilan kasual bila Anda sudah bosan dengan kemeja putih ataupun kemeja monokrom lainnya. Kemeja motif ini cocok bagi Anda yang ingin tampil edgy. Selain itu, Anda juga bisa mengkreasikan kemeja ini menjadi outer ataupun menjadikannya sebagai dalaman untuk padu padan lainnya. 


3. Puff shirt

Courtesy of Instagram @_imyour_joy
Courtesy of Instagram @_imyour_joy

Atasan bervolume seperti puff shirt ini telah melekat dengan pakaian wanita yang kontemporer. Siluet ini juga menjadi salah satu tren terbesar di musim ini. Detail bulat di bahu yang menciptakan volume bagi baju ala zaman Edwardian dan juga motif tartan khas estetika abad ke-16 dari Skotlandia membuat siapapun yang mengenakannya tampak seperti bangsawan lintas era. Bila puff shirt Anda terlampau bervolume namun Anda masih ingin menampilkan siluet tubuh, Anda bisa menambahkan ikat pinggang untuk menegaskan garis tubuh Anda, dengan demikian, Anda juga bisa menimbulkan siluet peplum pada pakaian Anda. 


4. Suit

Courtesy of Instagram @inanna
Courtesy of Instagram @inanna

Dulunya diidentikkan sebagai simbol patriarki karena kemelekatannya dengan pria, kini suit justru dianggap sebagai simbol pemberdayaan dan garmen yang patut diselebrasikan. Sekarang dianggap sebagai salah satu pakaian klasik dan kontemporer, Anda bisa mengenakannya kemanapun, imbuhan motif tartan pada pakaian yang klasik ini tidak hanya membuat Anda tampak semakin chic, namun juga memancarkan aura independen! 


5. Crop top suit

Courtesy of Instagram @zaralarsson
Courtesy of Instagram @zaralarsson

Apa yang bisa membuat suit terkesan lebih badass dan tidak terlalu konvensional? Jawabannya adalah crop top suit yang tentunya bernapaskan motif tartan! Pakaian ini juga akan membuat Anda tampak sangat chic secara effortless, opsi yang sempurna bila Anda ingin penampilan formal yang lebih santai. Penggunaannya juga bisa dengan atau tanpa dalaman, selain itu, untuk semakin mengelevasi penampilan Anda dengan crop top suit ini, Anda bisa memilih penggunaan rantai seperti pelantun lagu Symphony ini. 


6. Cardigan

Courtesy of Instagram @claurakiehl
Courtesy of Instagram @claurakiehl

Pencinta bahan rajutan bisa bersorak untuk busana yang satu ini karena tartan juga hadir pada cardigan! Cardigan merupakan tren yang masih tetap bertahan hingga musim ini. Cardigan tidak hanya berperan sebagai pakaian yang chic, namun juga bisa menjadi busana yang praktikal sebab penggunaannya yang beragam, entah itu untuk padu padan dengan pakaian apapun atau langsung dikenakan. 

7. Coat

Courtesy of Instagram @oliviapalermo
Courtesy of Instagram @oliviapalermo

Garis horizontal dan vertikal yang saling berlawanan membuat coat panjang tentunya akan mengelevasi gaya Anda yang ingin tampil dengan motif tartan yang masif. Untuk menyambut musim yang lebih dingin, coat merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga Anda tetap hangat. Tidak mesti musim dingin dan gugur, coat juga bisa Anda kenakan untuk menjaga Anda dari dinginnya musim hujan di Indonesia ataupun saat Anda ingin berpelisir ke tempat yang suhunya lebih dingin seperti Bandung ataupun Malang. Gaya Olivia Palermo dengan coat tartan yang berwarna tidak biasa patut Anda coba!


8. Masker 

Courtesy of Instagram @reesewitherspoon
Courtesy of Instagram @reesewitherspoon

Bosan dengan masker bergaya biasa? Cobalah masker berpola tartan ini! Poin plus bila Anda mengenakan pakaian tartan lainnya, masker ini akan membuat Anda tampil lebih totalitas dengan pola ikonis ini! 


9. Maxi dress

Courtesy of Instagram @yulyulk
Courtesy of Instagram @yulyulk

Satu lagi garmen yang tidak boleh dilewatkan, maxi dress berpola tartan ini siap menjaga Anda tetap hangat saat pergantian musim. Gaun ini tidak hanya membuat Anda tampil feminin, namun juga memudahkan Anda dalam bergaya, pasalnya Anda tidak perlu lagi dipusingkan dengan cara padu padannya. 


10. Tennis skirt

Courtesy of Instagram @_imyour_joy
Courtesy of Instagram @_imyour_joy

Injeksi motif tartan pada rok Anda akan membuat Anda memancarkan aura It Girl di sekolahan ala Cher Horowitz dalam film ikonis Clueless. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan kesan sporty bila Anda memadukannya dengan sneaker


11. High waist pants

Courtesy of Instagram @davikah
Courtesy of Instagram @davikah

Penunjang gaya chic yang sempurna? Jawabannya adalah celana high waist! Celana ini merupakan pilihan yang sempurna bagi Anda pemilik tubuh berbentuk pir karena potongannya yang tinggi akan menutupi bagian bawah tubuh Anda sehingga menyeimbangkan bentuk tubuh Anda. Celana high waist tartan juga sangat mudah dipadu padankan, Anda tetap akan tampak stylish sekalipun hanya mengenakannya dengan kaus polos. 


12. Baggy pants

Courtesy of Instagram @kehlani
Courtesy of Instagram @kehlani

Salah satu kelebihan dari motif tartan adalah sifatnya yang universal, Anda bisa mengenakannya untuk menunjang gaya yang chic ataupun gaya boyish. Bagi Anda yang sedang tidak mood tampil chic, baggy pants adalah pilihan yang tepat. Selain nyaman, Anda juga akan tampak keren ala penyanyi rock tahun ‘70-an! 

Baca juga : 

Bella Hadid Hadirkan Lagi Fashion dengan Motif Kotak-Kotak

40 Momen Perhiasan Paling Ikonis dari Film Sepanjang Masa, Salah Satunya Kalung di Titanic

(Penulis : Jeslin L. Tang, Layout : Sophie El Fasya, Foto : Courtesy of Instagram @alexachung, @oliviapalermo, @claurakiehl, @bellahadid, @_imyour_joy, @reesewitherspoon, @kehlani, @davikah)