Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rekomendasi Baju Renang yang Cocok untuk Tubuh Besar

Tampil modis dan percaya diri dengan baju renang yang sesuai dengan tubuh Anda!

Rekomendasi Baju Renang yang Cocok untuk Tubuh Besar
Layout by Sophie El Fasya

Berenang merupakan salah satu aktivitas olahraga yang menyenangkan dan biasanya, berenang dilakukan untuk menambah keseruan waktu luang ataupun selama berlibur, terlebih bagi yang berada di negara beriklim tropis seperti di Indonesia.

Untuk pengalaman berenang yang nyaman, tentunya diperlukan pakaian khusus untuk aktivitas tersebut, poin plus bila pakaian tersebut berdesain modis sehingga mampu menjaga para fashionista tetap dalam gaya sekalipun dalam air.

Namun terkadang pemilihan pakaian renang bisa menjadi tricky bagi sebagian orang karena bentuk tubuh berbeda dan juga suguhan baju renang yang ada beragam. Kali ini, Bazaar telah merangkum beberapa rekomendasi beserta tips untuk memilih baju renang bagi Anda yang memiliki tubuh besar  : 

One-piece 

Courtesy of Instagram @gabifresh
Courtesy of Instagram @gabifresh

Pakaian renang ini berbentuk terusan dan menutupi tubuh bagian atas secara keseluruhan, biasanya bagian bawah dari baju renang ini memiliki model seperti celana dalam berpotongan segitiga. Baju renang ini akan membuat siapapun yang mengenakannya tampak lebih seksi. Baju renang jenis ini juga akan membuat Anda tampak lebih ramping dari potongannya yang menutupi pinggul. Bila Anda menginginkan sentuhan lebih feminin, Anda bisa memilih potongan one piece dengan detail dress.


Surf suit

Courtesy of Instagram @makarawear
Courtesy of Instagram @makarawear

Sebenarnya jenis pakaian ini memang ditujukan untuk kegiatan berselancar ataupun menyelam. Namun, pakaian ini juga bisa Anda kenakan bila tidak ingin terlalu mengekspos bagian lengan Anda sebab surf suit ini biasanya berlengan panjang untuk mencegah luka bagi orang-orang yang mengenakannya selama beraktivitas di laut. 


Bikini Two Pieces, boleh saja!

Courtesy of Instagram @taralynn
Courtesy of Instagram @taralynn

Bikini merupakan pakaian renang dengan potongan bra dan juga celana dalam. Bagi Anda dengan ukuran payudara besar, Anda bisa memiliki bikini yang dilengkapi dengan kawat dan bertali tebal ataupun jenis halterneck sebagai penopang yang lebih maksimal untuk dada Anda agar bisa menjamin kebebasan bergerak Anda. Selain itu, Anda juga bisa memilih bikini dengan celana high waist agar tampak lebih ramping. 


Tankini 

Courtesy of Torrid
Courtesy of Torrid

Bra yang terlalu mengekspos bagian tubuh digantikan dengan tanktop dan menghadirkan tankini. Tipe baju renang ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh Apel dan juga Pir lantaran tankini bisa memberi efek pada pinggang berukuran besar sehingga menjadi lebih ramping. 

Usai mendapatkan gambaran tentang pilihan baju renang yang sekiranya tepat untuk bentuk tubuh Anda, berikut ini merupakan beberapa tips tambahan dari Bazaar agar dapat memaksimalkan penampilan Anda selama bersenang-senang : 

Do

Courtesy of Instagram @swimsuitsforall
Courtesy of Instagram @swimsuitsforall

Pilihlah baju renang yang memiliki pola dan hiasan agak ramai di bagian bawah, seperti ruffles atau manik-manik. Anda juga bisa memilih atasan berpotongan V-Neck untuk mengalihkan perhatian dari kaki Anda.

Don't

Bagi Anda yang memiliki bentuk tubuh apel di mana bagian tubuh atas dari dada hingga bagian bokong yang lebih bulat, dengan bagian kaki yang cenderung lebih kecil, maka sebaiknya hindari mengenakan bawahan yang terlalu minim karena hal tersebut akan mengekspos kaki Anda yang kurus dan menyebabkan bagian atas tubuh Anda tampak lebih besar sehingga menimbulkan ketidak seimbangan. 

Do

Courtesy of Instagram @swimsuitsforall
Courtesy of Instagram @swimsuitsforall

Pilihlah atasan gaya halter yang akan menonjolkan dada Anda dan Anda bisa mencoba setelan strapless untuk menyeimbangkan siluet Anda. 

Don't

Bagi Anda yang memiliki tubuh pir dengan ukuran pinggang yang kecil dan pinggul cenderung lebar dengan paha dan bokong biasanya lebih bulat dan padat, sebaiknya menghindari boy shorts dan bawahan rok sebab hal tersebut akan membuat pinggul Anda tampak semakin padat. 

Do

Courtesy of Amazon
Courtesy of Amazon

Untuk membuat pinggang tampak lebih ramping, Anda bisa memilih baju renang yang dilengkapi dengan detail ruched yang minim dan juga pakaian renang yang dilengkapi dengan belt. 

Don't

Detail baju pada baju renang memang akan membuat Anda tampak lebih stylish, namun jangan mengenakan pakaian renang yang terlalu ramai akan detail sebab hal tersebut akan membuat Anda semakin besar.

Do

Courtesy of Instagram @swimsuitsforall
Courtesy of Instagram @swimsuitsforall

Pilih baju renang yang pas dengan ukuran tubuh Anda, sebaiknya beli atasan dan bawahan secara terpisah karena terkadang ukuran tubuh bisa berbeda-beda, sesuaikan dengan rasa nyaman karena tujuan utama dari mengenakan baju renang adalah untuk mendapatkan pengalaman berenang yang nyaman. 

Don't

Jangan membeli baju renang yang terlalu ketat, karena selain menekan tubuh Anda dan membuat tidak nyaman. Hindari corak atau motif super ramai dengan warna mencolok, hal tersebut juga akan membuat Anda tampak lebih besar. 

Additional Tips : 

  • Warna gelap memang bisa memberikan efek yang lebih ramping, namun bukan berarti Anda harus selalu terjebak dalam warna-warna gelap, beranilah bereksperimen dengan warna, karena sejatinya pakaian renang merupakan salah satu sarana agar Anda bisa tampil lebih percaya diri. Sebagai alternatif lain, cobalah bereksperimen dengan motif animal print atau stripped yang juga bisa memberi ilusi yang lebih ramping bagi tubuh Anda.
  • Mengekspos bagian tubuh mampu membuat Anda tampak lebih seksi dan percaya diri, namun bila Anda merasa tidak nyaman mengekspos tubuh, Anda bisa mencoba pakaian renang dengan detail cutouts

Baca juga : 

Rekomendasi Sweater Crop dan Tips Padu Padan Buat Beragam Bentuk Tubuh

Tren Aksesori yang Akan Naik Daun dari Akhir Tahun 2021 sampai 2022

(Penulis : Jeslin L. Tang, Layout by : Sophie El Fasya, Foto : Courtesy of Instagram @taralynn, @swimsuitsforall, @gabifresh, @makarawear, Torrid, Amazon)