Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

27 Fakta Kim Seon Ho, Aktor yang Akhirnya Mendunia Semenjak 12 Tahun Debut di Dunia Teater

Deretan fakta menarik mengenai Kim Seon Ho yang layak untuk Anda ketahui jika Anda mengukuhkan diri sebagai penggemarnya.

27 Fakta Kim Seon Ho, Aktor yang Akhirnya Mendunia Semenjak 12 Tahun Debut di Dunia Teater
(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Korea)

Kembali menyapa penggemar setianya lewat drama Korea yang sedang tayang dan mencuri banyak perhatian berjudul Hometown Cha Cha Cha, ini memang menjadi "kemenangan besar" bagi penggemar setia dari sang aktor, Kim Seon Ho terutama setelah di proyek drama sebelumnya ia berhasil mendapat gelar sebagai "sad boy" dari para penonton dan juga menebar demam second lead syndrome karena perannya sebagai Han Ji Pyeong di drama Start-Up.

Baca juga: Aktor Korea dengan Karakter Second Lead Syndrome Terbaik Sepanjang Masa

Lantas sudah sejauh apa Anda mengenal sosok aktor yang satu ini? Sudah tahukah Anda bahwa Seon Ho awalnya memulai karier di dunia teater dan baru resmi melakukan debutnya di industri hiburan ketika ia berusia 32 tahun? Umur yang tergolong sudah cukup tua bagi seorang aktor memulai berkarya sehingga banyak pihak yang merasa pesimis akan jalan kariernya? 

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut Bazaar telah merangkum 25 fakta yang perlu Anda ketahui mengenai sosok yang pernah berbincang dan melakukan sesi pemotretan dengan majalah Harper's Bazaar Korea untuk edisi Oktober 2019:

1. Kim Seon Ho lahir di Seoul pada tanggal 8 Mei 1986. Zodiak Taurus, dengan shio Macan.

(Foto: Courtesy of Instagram @seonho__kim) (Foto: Courtesy of Instagram @seonho__kim)

2. Merupakan anak tunggal di keluarganya, Kim Seon Ho memiliki golongan darah A.

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Korea)

(Foto: Courtesy of Harper's Bazaar Korea)

3. Memiliki nickname “Dimple Prince” berkat kedua lesung pipi yang menjadi salah satu daya tariknya. Dalam sebuah wawancara dengan Netflix, ia bercerita bahwa ia sangat berterima kasih kepada bibinya karena ia mewarisi kelebihan ini dari dirinya.

4. Setelah lulus dari sekolah menengah, Seon Ho kemudian memutuskan untuk melanjutkan studi di Institut Seni Seoul di mana ia mengambil jurusan Departemen Penyiaran dan Hiburan.

5. Semasa kuliah, rupanya Seon Ho telah aktif berkecimpung di industri hiburan dengan bergabung dengan grup teater dan telah melakoni sejumlah karakter dalam berbagai pertunjukkan musikal.

(Foto: Courtesy of Instagram @min_namkoong)

(Foto: Courtesy of Instagram @min_namkoong)

6. Namun kariernya di industri perfilman dan televisi baru benar-benar dimulai ketika ia melakukan debut di serial Good Manager yang tayang pada tahun 2017. Walaupun tergolong sudah cukup tua, tepatnya di usia 32 tahun baru debut sebagai seorang aktor, namun ia mampu membuktikan talentanya saat dipercayakan untuk melakoni peran Sun Sang Tae bersama dengan aktor Nam Koong Min dan Lee Jun Ho.

7. Masih di tahun yang sama, Seon Ho kemudian turut bergabung dalam jajaran pemain drama Strongest Deliveryman yang juga dibintangi oleh aktor Go Kyung Pyo dan Chae Soo Bin. Namun alih-alih mengikuti casting untuk peran yang ia dapatkan seperti yang kita ketahui yaitu pemeran pria kedua, tahukah Anda bahwa awalnya Seon Ho hanya mengikuti audisi untuk peran pendukung?

8. Berkat dirinya yang berhasil duduk sebagai salah satu pemeran utama dalam drama Strongest Deliveryman, ini pun menjadi pintu awal menuju kesuksesannya, mengingat setelah itu ia kerap kali dipercayakan untuk selalu mengisi posisi pemeran utama mulai dari drama Two Cops yang ia bintangi bersama Jo Jung Seok, hingga 1000 Days My Prince bersama D.O, Nam J Hyun, dan Han So Hee.

(Foto: Courtesy of Instagram @seonho__kim)

(Foto: Courtesy of Instagram @seonho__kim)

9. Pada September 2018, setelah kontraknya berakhir dengan agensi teater yang menaungi dirinya, Kim Seon Ho pun resmi bergabung dengan Salt Entertainment yang merupakan rumah bagi deretan aktor besar lainnya seperti Park Shin Hye, Kim Ji Won, hingga Kim Joo Hun.

10. Lambat namun pasti, kariernya pun semakin bersinar lewat deretan drama yang ia perani mulai dari Welcome to Waikiki 2, Catch the Ghost, hingga drama Start-Up yang rilis pada tahun 2020 dan yang ia bintangi bersama aktris Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk.

(Foto: Courtesy of Instagram @seonho__kim)
(Foto: Courtesy of Instagram @seonho__kim)

11. Membintangi peran yang mencintai karakter pemeran utama wanita secara sepihak membuat karakternya dalam drama Start-Up begitu dicintai oleh banyak penonton. Hingga dirinya berhasil masuk dalam nominasi Best Supporting Actor untuk kategori televisi di salah satu ajang penghargaan paling bergengsi di Korea yaitu Baeksang Arts Award.

Baca juga: Intip Tampilan Kim Seon Ho Mengenakan Suit Saat Menjadi Han Ji Pyeong di Start-Up

12. Tak hanya membuktikan bakatnya yang luar biasa di bidang akting, Kim Seon Ho yang memang memiliki latar belakang di dunia musikal juga tak serta merta melupakan kecintaannya pada dunia tarik suara. Pada tahun 2021 Seon Ho yang sebelumnya pernah membintangi musik video untuk grup musik Epitone Project di tahun 2020 kembali merajut kolaborasi dengan Epitone Project dengan merilis single bertajuk Reason yang mana tak hanya ia menyumbangkan suaranya, namun dirinya juga turut terlibat dalam proses penulisan lagunya. Tonton musik videonya di sini.

(Foto: Courtesy of Instagram @seonho__kim)
(Foto: Courtesy of Instagram @seonho__kim)

13. Pada 5 November 2019, Kim Seon Ho resmi bergabung dengan reality show 2 Days & 1 Night bersama dengan empat anggota lainnya. Berkat karakternya yang dinilai sangat realistis, polos, dan tak pernah malu untuk menampilkan sisi aslinya, Kim Seon Ho dengan cepat menjadi salah satu anggota favorit para penonton. Ia pun juga berhasil menerima Rookie Award di KBS Entertainment Awards 2020.

14. Di balik sosoknya yang dikenal ceria dan murah senyum, Kim Seon Ho pernah mengalami pengalaman traumatis ketika muda tepatnya saat dirinya dan sang ibu dirampok. “Rumah kami pernah dirampok dan ibu saya ditikam dengan pisau oleh pencuri saat saya bersembunyi di bawah tempat tidur. Karena trauma yang saya alami dari kejadian itu, saya sering merasa tidak nyaman setiap kali seseorang berdiri di belakang saya, dan saya akan kesulitan bernapas setiap kali saya pergi ke tempat yang ramai dengan banyak orang,” cerita Seon Ho dalam wawancara bersama Harper’s Bazaar Korea.

15. Masih dalam wawancara bersama Harper’s Bazaar Korea, Kim Seon Ho mengaku bahwa ia adalah “Raja Typo” karena ia memiliki ukuran ibu jari yang tergolong besar, membuatnya sering kesulitan untuk memencet tombol keyboard di layar ponselnya. “Saya selalu mengalami kesalahan pengetikan saat mengirim pesan teks karena ibu jari saya sangat besar,” ungkapnya.

16. Ketika tak sedang disibukkan dengan jadwal syuting, Seon Ho berbagi bahwa dirinya gemar mengunggah foto di Instagram yang memperlihatkan dirinya nongkrong di kafe internet. Selain itu ia juga suka membaca buku komik dan menonton film.

(Foto: Courtesy of Instagram @seonho__kim)

(Foto: Courtesy of Instagram @seonho__kim)

17. Kim Seon Ho mengaku bahwa ia adalah seseorang yang memiliki banyak ketakutan. Oleh karena itu, ia tidak pernah naik pesawat sampai ia berusia 32 tahun tepatnya ketika para pemeran serial Good Manager mendapat hadiah liburan tiga hari ke Cebu untuk merayakan keberhasilan drama tersebut. Sejak saat itu, ia pun mulai melakukan lebih banyak perjalanan domestik.

18. Ketika ditanya apakah ia memiliki kebiasaan unik saat tidur dalam sebuah wawancara, Seon Ho bercerita bahwa ia memiliki kebiasaan untuk mengucapkan nama karakter buku komik dengan keras dan melakukan percakapan dalam tidurnya.

(Foto: Courtesy of V Live)

(Foto: Courtesy of V Live)

19. Makanan kesukaannya adalah tteokbokki, sedangkan makanan yang ia tak sukai adalah kimchi segar.

20. Saat ditanya aktivitas apa yang sangat ia gemari, Seon Ho menjawab bahwa dirinya sangat pandai menggambar, terutama menggambar pemandangan landscape, kemampuannya ini pun dibuktikan langsung dalam sebuah epsiode di 2 Days 1 Night. Tonton cuplikannya di sini.

21. Pada 2 Days 1 Night juga, Kim Seon Ho memang tidak terlalu berwawasan dan pintar dalam hal kuis pengetahuan umum atau matematika, namun tampaknya keberuntungan selalu ada pada dirinya. Tak heran pada beberapa permainan, Kim Seon Ho kerap menang, dan mendapat "jatah makan siang atau malam". Lucunya, ia selalu sial pada saat permainan tidur di dalam atau di luar, Kim Seon Ho sering sekali berakhir tidur di luar ruangan. Kim Seon Ho selalu tampak bersemangat dan berapi-api selama matahari masih bersinar. Ketika mulai memasuki malam hari, dan setelah makan malam, energinya mudah habis, dan ia tidak mudah menahan kantuk.

22. Masih di 2 Days 1 Night, Bang Geul Yi atau PD Bang, dikabarkan memiliki hubungan spesial dengan Kim Seon Ho, sebab pada suatu permainan Bang PD tidak sengaja memanggil Kim Seon Ho Oppa. Di mana biasanya Bang PD memanggil nama tiap pemain secara formal seperti Ravi Ssi, Kim Jong Min Ssi, dan lain-lain. Apakah itu benar?

23. Tipe wanita idealnya adalah seseorang yang akan tertawa pada candaannya sekalipun leluconnya tidak masuk akal.

24. Jika di kemudian hari ia telah berkeluarga dan memiliki anak, Seon Ho bercita-cita untuk menamai anaknya dengan nama Kim Ruki. “Karena Ruki memiliki arti keberuntungan,” ungkapnya.

25. Dalam sebuah wawancara dengan media besar asal Indonesia, Kim Seon Ho mengaku jika berkesempatan untuk mengunjungi Indonesia, ia ingin pergi ke Bali dan hidangan yang ingin ia coba adalah nasi goreng.

26. Pernah pingsan di tengah proses syuting, membuat Kim Seon Ho setiap saat menjadi lebih memerhatikan kondisi tubuhnya hingga ia selalu menyempatkan diri untuk berolahraga di pagi hari dan mengonsumsi suplemen sebelum memulai hari.

(Foto: Courtesy of Instagram @illusomina & @yoona__lim)

(Foto: Courtesy of Instagram @illusomina & @yoona__lim)

27. Sedang membintangi drama berjudul Hometown Cha Cha Cha hasil remake dari film hits berjudul Mr. Handy, Mr. Hong yang rilis di tahun 2004 silam bersama dengan Shin Min Ah, kabar bahagia lain juga telah menanti terutama bagi Anda penggemar karya sang aktor pasalnya Seon Ho telah mengumumkan proyek film selanjutnya yang akan ia bintangi bersama dengan aktris Im Yoon Ah dengan judul 2 O’Clock Date dan rencananya akan dirilis pada tahun 2022. 

28. Kim Seon Ho tidak bisa berenang! Hal itu ia utarakan pada saat permainan di 2 Days 1 Night yang mengharuskan adegan berenang di laut untuk mengambil bola, tapi seketika masuk ke air, ia baru sadar: "Oh, saya kan tidak bisa berenang!". Jadi jika Anda melihat Hong Du Sik jago berselancar di Hometown Cha Cha Cha, dan Kim Seon Ho tampak meyakinkan, tandanya ia berakting dengan sangat baik!

Baca juga: 8 Aktor dan Aktris Drama Korea yang Kariernya Tiba-Tiba Melejit di Tahun 2020

(Foto & Video: Courtesy of Harper's Bazaar Korea, YouTube, V Live, Instagram @seonho__kim, @illusomina & @yoona__lim)