Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ingin Cat Rambut Pirang atau Blonde? Ikuti Tips dari Ahlinya!

Ketahuilah semua informasi ini sebelum atau sesudah melakukan bleaching rambut!

Ingin Cat Rambut Pirang atau Blonde? Ikuti Tips dari Ahlinya!
Courtesy of [email protected]

Memutuskan untuk akhirnya mengubah tampilan rambut Anda terkadang merupakan ide yang buruk jika belum mengetahui apa baik dan buruknya, serta apa yang boleh dilakukan dan tidak. Terkadang, orang hanya ingin melihat hasil akhirnya tapi tidak peduli akan kesehatan rambutnya sendiri. Padahal kesehatan rambut merupakan hal penting juga untuk tetap terlihat segar dan sehat, tidak hanya kulit bagus saja. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Bleaching Pada Rambut Anda Langsung dari Sang Ahli

Jadi ada baiknya, sebelum membulatkan pikiran mengubah tampilan rambut dengan bahan kimia, khususnya bleach, cari tahu dahulu apa saja yang baik dilakukan dan tidak. Seperti daftar di bawah ini yang dapat bisa membantu Anda untuk menambah pengetahuan sebelum pergi ke salon atau membeli bleach sendiri.

Courtesy of Instagram @anyataylorjoy

YANG HARUS ANDA LAKUKAN

1. Lakukan research terlebih dahulu

Jangan terburu-buru! Bleaching dan hanya cat rambut adalah dua hal yang berbeda. Ketahui terlebih dahulu apa itu bleaching, efeknya, dan sebagainya. Karena biasanya, jika Anda belum pernah melakukan prosedur ini, rambut akan membutuhkannya 2 hingga 3 kali proses bleaching. Dan hal tersebut akan membuat Anda tentunya kaget (karena akan kering dan terang) jika sebelumnya belum tahu apa itu sebenarnya yang akan dilakukan pada rambut Anda. 

2. Ketahui keingingan Anda secara pasti

Bulatkan pikiran Anda! Apakah Anda hanya ingin cat rambut atau bleach rambut? Terkadang bagi orang yang pertama kali ingin merubah tampilan rambutnya, cat rambut sudah cukup. Tetapi jika Anda ingin langsung melakukan bleaching, pastikan bahwa Anda benar-benar menginginkannya dan tahu apa yang Anda ingin lakukan. Karena "bleaching merupakan prosedur permanen dan tidak bisa dihilangkan selain memotong bagian rambut bleach," kata Rica, seorang haircolorist dari Alui Salon, Jakarta.

3. Mempersiapkan diri jika tidak sesuai dengan keinginan

Saat Anda melihat inspirasi di internet atau melihat rambut teman yang indah, pasti Anda akan tergiur dan menginginkan hal yang sama persis. Faktanya, tidak semua rambut bisa mendapatkan hasil yang sama. Setiap rambut memiliki reaksi yang berbeda terhadap suatu produk, sama seperti skincare. Suhu tubuh juga dapat mepengaruhi proses pewarnaan, jika lebih hangat, warna rambut akan lebih cepat diproses.

4. Periksa kesehatan rambut Anda

Untuk kalian para pecinta rambut terang, berhentilah jika sudah tidak memungkinkan. Bagi Anda yang pertama kali, tidak begitu masalah dan akan tetap bisa melakukan bleaching. Ini khusus bagi mereka yang sudah pernah melakukannya, periksalah kesehatan rambut, jangan memaksakan. Rambut yang sudah kering sebaiknya dirawat, sehingga tumbuh dengan cepat dan dapat dipotong untuk prosedur yang baru. Jika memaksakan pada rambut yang kering, persiapkan diri Anda untuk miliki rambut botak.

5. Pilih hari dengan hati-hati khususnya untuk wanita

Biasanya, saat sedang menstruasi Anda akan lebih sensitif terhadap rasa sakit pada hari pertama dan proses warna pada kulit kepala sebenarnya bisa menjadi sangat tidak diinginkan. Anda paling tahu siklus Anda sendiri, jadi mungkin cobalah untuk menentukan hari yang terbaik untuk diri Anda. 

6. Pergi mengunjungi profesional

Tidak ada yang lebih baik, selain mengunjungi profesional. Semua di dunia ini memiliki tugas dan keahliannya masing-masing, jadi jangan khawatir jika Anda telah ditangani dengan stylist yang Anda percaya. Harus Anda percaya! Anda tidak mau keindahan rambut Anda rusak ditangan orang yang tidak Anda percaya.

7. Gunakan perawatan yang sangat intens

Produk bleaching rambut mengandung bahan kimia yang memecahkan pigmen alami rambut Anda, sehingga memberi Anda warna rambut yang lebih terang. Namun, itu juga membuka kutikula rambut, yang menyebabkan hilangnya kelembapan. Rambut Anda dibiarkan berpori, rapuh, dan rentan rusak. Setelah perawatan bleach rambut, lakukanlah perawatan perbaikan rambut intensif berdasarkan jenis rambut Anda. Spa rambut akan membantu membalikkan kerusakan, karena semua bahan yang digunakan dalam spa rambut dirancang untuk menutrisi rambut Anda. Perawatan ini juga memperkuat warna dan membuatnya bertahan lebih lama. 

8. Sebisa mungkin merubah produk rambut Anda ke yang khusus

Selalu gunakan produk berkualitas tinggi yang dirancang khusus untuk rambut yang diwarnai, karena lembut untuk rambut dan juga membantu mempertahankan cahaya alaminya. Jika Anda hanya merawatnya sesekali tidak ada bedanya dengan Anda melakukan olahraga sesekali tetapi ingin kurus.

Courtesy of Instagram @guy_tang

YANG TIDAK BOLEH ANDA LAKUKAN

1. Jangan memaksakan seterang mungkin

Seperti yang tadi sudah dikatakan, semua rambut itu berbeda, bisa dari durasinya ataupun dalam proses penyerapan produk. Waspadalah jika penata rambut Anda menjanjikan rambut platinum dalam beberapa jam. Anda mungkin berpikir Anda akan menghemat dengan mendapatkan platinum dalam satu sesi, tetapi faktanya saya harus menyisihkan waktu untuk kembali ke salon lagi satu minggu kemudian.

2. Jangan berharap hasil bisa sama dengan orang lain

Lagi-lagi semua rambut berbeda, jangan memberikan ekspektasi terlalu tinggi kepala stylist Anda. Jadikan apa yang Anda lihat di internet atau rambut teman Anda hanya menjadi patokan atau panduan untuk apa yang Anda inginkan. 

3. Kurangi mencuci rambut setiap hari

Rambut yang di-bleach, membutuhkan minyak alami untuk memperbaiki dirinya sendiri. Bahkan jika Anda merasa rambut Anda terasa berminyak setelah sekitar satu hari, cobalah bertahan selama beberapa hari di antara setiap keramas pada tahap awal. Nanti pada akhirnya, rambut Anda akan mulai mengatur dirinya sendiri dalam kondisi yang lebih baik.

4. Hindari penggunaan alat styling

Bleaching akan sangat melemahkan rambut Anda, dan gaya apa pun yang melibatkan alat panas, seperti pengering rambut, pelurus, dan alat curling,  hanya akan merusaknya lebih lanjut. Produk pelindung panas tidak dapat benar-benar mencegah efek berbahaya karena kutikula rambut dibiarkan terbuka selama proses. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menjauh dari alat penataan rambut setidaknya selama 3-4 minggu. 

5. Gunakan kondisioner dan minyak rambut

Selalu sempatkan untuk menggunakan kondisioner dan minyak rambut setelah proses bleaching, jika Anda malas untuk spa rambut. Kondisioner menambah kembali kelembapan yang hilang pada rambut Anda dan minyak rambut akan mengembalikan kilaunya.

6. Pergi perawatan dengan profesional 

Jika Anda tidak dapat melakukan masker rambut beberapa kali seminggu, Anda dapat melakukan perawatan restoratif rambut profesional yang ditawarkan di berbagai salon atau oleh profesional perawatan rambut Anda. Hal terbaik tentang berkonsultasi dengan seorang profesional adalah mereka dapat menilai kondisi rambut Anda dan menyarankan perawatan yang sesuai.

Courtesy of Instagram @nickiminaj

SARAN UNTUK KULIT INDONESIA

Saat Anda ingin melakukan bleaching rambut, pasti Anda ingin merwarnainya dengan warna-warna terang bukan? Dilansir dari The Body Shop, kebanyakan orang Indonesia, khususnya wanita memiliki warna kulit kuning langsat, yang berarti miliki undertone hangat. Sehingga menurut Binkdotz Salon, "semua warna cocok" untuk Anda pilih. Namun, bagi sebagian dari Anda yang miliki kulit lebih gelap atau sawo matang, Anda dapat memilih warna natural, "terang tidak apa-apa tapi jangan salah dalam pemilihan undertone warna," ucap Rica dan tim.

Baca juga: 

Simak Cara Memakai Kondisioner yang Benar untuk Mendapatkan Rambut Sehat dan Berkilau

15 Masker Rambut untuk Atasi Kulit Kepala Kering

(Penulis: Gracia Sharon, Foto: Courtesy of [email protected], instagram @anyataylorjoy, @guy_tang, @nickiminaj)