Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Di Balik Senografi Apik Presentasi Dior Musim Panas 2021

Diciptakan oleh seniman Lucia Marcucci, sang seniman memproduksi kolase seni gaya katedral Roma dalam versi kontemporer yang puitis.

Di Balik Senografi Apik Presentasi Dior Musim Panas 2021

Kecintaan Maria Grazia Chiuri terhadap konsep pemberdayaan perempuan yang menelusuri kekuatan dan identitas wanita, kerap ia tuangkan di koleksi-koleksinya dengan berbagai cara yang mewakili pandangannya.

Tak ketinggalan, ia pun kerap menuangkan representasi atas perspektifnya dan pesan yang ingin ia sampaikan kepada para penonton lewat pemilihan latar belakang pergelaran yang relevan dengan topik dan koleksi yang ia ceritakan. Kegemarannya mengajak seniman untuk berkolaborasi dan saling menceritakan perspektif mereka tentang menjadi feminin dan menjadi wanita, kali ini membawanya bekerja sama dengan seniman wanita asal Italia, Lucia Marcucci.

Keputusan Maria menunjuk Lucia untuk menciptakan latar belakang presentasi koleksi musim semi/panas 2021 untuk Dior, dikisahkan lewat visualisasi menyerupai kumpulan kolase yang disusun layaknya corak yang biasa ditemukan di jendela bangunan gereja katedral.


Setiap sudut yang dibuat oleh Lucia untuk pergelaran ini kemudian dibidik secara eksklusif lewat sebuah film pendek karya sutradara wanita asal Italia, Alina Marazzi. Alina sendiri berprofesi sebagai pembuat film dokumenter yang berfokus di kondisi identitas wanita, yang sejalan dengan misi Maria Grazia Chiuri bersama Lucia Marcucci. Melalui karya film pendek buatannya, Alina mengeksplorasi jejak demi jejak Lucia Marcucci dalam membuat karya seni visual yang puitis dan penuh harmoni.

Berikut adalah beberapa momen di balik layar yang menunjukkan momen intim antara Lucia Marcucci dan Alina Marazzi yang diberi kebebasan untuk menginterpretasikan setiap fase pembuatan kolase visual yang dilakukan oleh Lucia dalam bentuk film pendek yang dreamy.

Tonton juga cuplikan eksklusif yang menonjolkan setiap sisi scenography ciptaan Lucia Marcucci untuk panggung Dior musim semi/panas 2021 di sini.


Dan saksikan juga film pendek karya Alina Marazzi eksklusif untuk Dior yang indah di sini.


(FOTO: Courtesy of Dior)