Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Ini Perawatan Kulit untuk Pria yang Bisa Anda Ikuti Sekarang Juga!

Memperoleh wajah bersih, sehat, dan cerah dimulai dari rutinitas Anda.

Ini Perawatan Kulit untuk Pria yang Bisa Anda Ikuti Sekarang Juga!

Pria yang rajin merawat kulitnya tak berarti feminin, sebab kebersihan mencerminkan citra diri yang baik. Dengan merawat wajah, pria dapat tampil lebih atraktif berkat kulit yang sehat. Perawatan wajah pria dapat dimulai lewat langkah simpel dan penjelasan sistematis.

Memahami prosedur di setiap tahapannya dapat membantu Anda untuk menerapkan pola kebersihan yang paling sesuai. Pilihlah produk perawatan dengan kualitas baik dan tepat guna. Sesuaikan produk dengan jenis kulit wajah Anda sebelum memulai perawatan, kemudian perhatikan perubahan kondisi wajah dalam selang waktu tertentu.

Secara umum, terdapat lima jenis kulit:

Kulit Normal

Kulit ini bebas dari kelebihan minyak sepanjang hari dan tak mudah iritasi. Jerawat biasanya bukan masalah bagi Anda.

Kulit Berminyak

Kulit Anda memiliki kilau natural, yang dapat menumpuk (sebum) dan menghasilkan jerawat.

Kulit Kering

Mudah mengalami iritasi dan seringkali terasa kering.

Kulit Kombinasi

Biasanya terdiri dari daerah T yang cukup berminyak, sementara area sekitarnya memiliki karakter kering atau sensitif terutama di bagian pipi.

Kulit Menua

Dapat dikategorikan sebagai kusam, yang ditambah dengan kerutan dan bekas bintik hitam. Hal ini dapat juga terjadi sebab Anda melalaikan perawatan kulit wajah.


Dengan mengetahui jenis kulit, maka Anda dapat memilah produk perawatan wajah yang sesuai untuk digunakan. Lakukan proses secara teratur ketika pagi saat mandi, dan ketika malam sebelum tidur.

Baca juga: Berikut Adalah 5 Gaya Pria yang Disukai Wanita

Berikut beberapa langkah esensial perawatan wajah:

Cleanser

Perawatan Wajah Pria
Kiehl's Facial Fuel Energizing Face Wash

Merupakan salah satu pilar yang paling penting dalam langkah perawatan wajah. Bersihkan wajah Anda dua kali sehari (pagi dan malam) untuk membersihkan dari minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Gunakan sabun cuci muka yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

Toner

Perawatan Wajah Pria
Cosrx Aha Bha Clarifying Treatment Toner

Jika mempunyai waktu lebih, Anda bisa menggunakan toner berbasis air maupun essence untuk tahap ini. Toner dapat membersihkan sisa kotoran yang tidak mampu dibersihkan oleh sabun. Toner juga berguna untuk menetralkan PH kulit wajah setelah proses cuci muka kemudian mempersiapkan kulit untuk aplikasi perawatan di tahap berikutnya.

Moisturizer

Perawatan Wajah Pria
L'Occitane Cade Energizing Face Fluid

Gunakan pelembap setelah toner. Pilihlah produk non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori wajah. Moisturizer berfungsi menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik dan dapat bertindak sebagai proteksi dari kotoran. Anda dapat menggunakannya di pagi dan malam hari.

Baca juga: Model Rambut Pria dengan Teknik Fade Haircut

Di samping itu, Anda juga dapat melakukan perawatan bonus di waktu luang sebagai berikut.

Exfoliator

Perawatan Wajah Pria
La Roche-Posay Ultra Fine Scrub

Gunakan face scrub selama satu hingga dua kali dalam satu minggu, demi peremajaan kulit dan terbebas dari sel kulit mati sehingga wajah menjadi lebih halus. Hindari pemakaian yang terlalu sering sebab dapat mengakibatkan iritasi.

Tabir Surya

Perawatan Wajah Pria
Bioderma Photoderm Max Fluid SPF 100

Produk sangat penting untuk digunakan sekarang, karena dapat melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari yang menjadikan keriput dan kusam. Agar praktis, gunakan tabir surya yang terintegrasi bersama moisturizer di pagi hari. Jadi jangan sampai terlewat ya!

Anti Aging Cream atau Serum

Perawatan Wajah Pria
L'Oreal Paris Power Age Men Face Serum with Hyaluronic Acid

Masa penuaan dimulai sejak umur 25 tahun, sehingga tak ada salahnya untuk menunda (memperlambat) tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus.

Eye Cream

Perawatan Wajah Pria
Clinique For Men™ Anti-Age Eye Cream

Daerah sekitar mata memiliki ketebalan kulit yang tertipis pada tubuh, sehingga sangat rentan terhadap proses penuaan. Menggunakan krim mata sebanyak satu hingga dua kali sehari dapat menjadi solusinya.

Face Mask

Perawatan Wajah Pria
Fresh Umbrian Clay Pore Purifying Face Mask

Jangan menghakimi penggunaan masker wajah sebelum Anda merasakan khasiatnya. Apalagi rata-rata, pori-pori wajah pria cenderung lebih besar yang bisa menjadi akar permasalahan kulit. Sesekali gunakan clay mask yang sangat dianjurkan untuk membersihkan kotoran di sela-sela pori-pori secara tuntas.

Perawatan Wajah Pria
Garnier Men XL Charcoal Tissue Mask

Atau, sekarang ini juga banyak tersedia masker dalam bentuk lembaran yang tersedia di pasaran. Diamkan sheet mask selama 15-25 menit pemakaian untuk mendapatkan kulit yang bersinar. Gunakan satu kali dalam seminggu. Praktis bukan?

(Foto: George Rudy/Shutterstock/Clickphotos, Torwaistudio/Shutterstock/Clickphotos, 279photo Studio/Shutterstock/Clickphotos)