Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Anda Salah, Putus Cinta Bukan Sebuah Kegagalan

Jennifer Lopez mengajukan gugatan cerai dari Ben Affleck pada hari yang seharusnya menjadi peringatan pernikahan kedua pasangan tersebut.

Anda Salah, Putus Cinta Bukan Sebuah Kegagalan
Courtesy of BAZAAR UK

Setelah berminggu-minggu spekulasi tentang hubungan mereka, telah dikonfirmasi bahwa Jennifer Lopez dan Ben Affleck bercerai, setelah dua tahun menikah (dan dua dekade setelah mereka membatalkan pernikahan pertama mereka).

BACA JUGA: Ben Affleck Katakan Bahwa Ini Adalah Faktor Utama Perpisahannya dengan Jennifer Lopez

Rumor telah beredar luas, dengan pasangan tersebut menghabiskan musim panas mereka terpisah dan Ben secara jelas tidak hadir dalam pesta ulang tahun bertema Bridgerton milik Jennifer. Dokumen hukum menunjukkan bahwa pasangan tersebut sebenarnya telah berpisah sejak April, tetapi perceraian diajukan pada hari yang seharusnya menjadi peringatan pernikahan kedua mereka, sebuah twist yang sangat menarik.

Para komentator yang lebih sinis di antara kita mungkin berpikir bahwa perpisahan ini tak terelakkan. Kembali dengan mantan yang tidak disukai, meskipun sebuah studi dari BetterHelp menunjukkan bahwa 44 persen orang Amerika telah bersatu kembali dengan pasangan yang sebelumnya mereka pisahkan. Konsensus umum cenderung bahwa mantan adalah mantan karena suatu alasan; alih-alih melihat kembali pada apa yang pernah Anda miliki, lebih baik melihat ke depan dan melanjutkan. Kisah cinta Bennifer adalah contoh yang sangat tidak biasa dari hal ini - keduanya pergi, menikah dan memiliki anak dengan orang lain sebelum bersatu kembali dan mengumumkan pertunangan mereka pada tahun 2022, seolah-olah 18 tahun di antaranya hanyalah selingan singkat.

Courtesy of BAZAAR UK

Kita terlalu mudah menyamakan putus cinta dengan kegagalan, sebuah tanda hitam rasa malu terhadap nama kita. Kita mencoba dan melakukan segala yang kita bisa untuk menghindarinya. Pergi ke konseling pasangan untuk "menyelamatkan" hubungan, mengumumkan perceraian dengan malu-malu, kita menerima senyum iba dan tepukan di punggung ketika kita menyampaikan berita tersebut. Kita juga sama-sama bersikap tajam terhadap perpisahan selebriti; kita cepat menilai, mengatakan 'itu tidak akan pernah berhasil' - terutama jika mereka pernah putus sebelumnya. Tapi akhir, meskipun tampaknya mutlak, tidak perlu berarti hubungan itu sia-sia. Tidak setiap kisah cinta perlu mencapai panjang Odyssey untuk menjadi berharga. Beberapa adalah cerita pendek, yang lain hanya bab - tetapi itu tidak berarti mereka tidak sama-sama dipenuhi dengan cinta, pelajaran, dan kebahagiaan. 

Ketika kita berbaring di tempat tidur di malam hari, merenungkan kesalahan kita dan mengamati sisa-sisa puing hubungan kita, dapat dimengerti bahwa kita mungkin menganggap perpisahan sebagai kegagalan. Tapi kita harus mempertimbangkan renungan ketika adanya bayangan. Ada kekuatan dalam melihat ketika sesuatu tidak lagi berhasil dan pergi, tidak peduli betapa sulitnya rasanya pada saat itu.

"Tidak setiap kisah cinta perlu memiliki panjang epik agar menjadi berharga."

Alih-alih akhir, kita harus membingkai ulang putus cinta sebagai sebuah kesempatan. Ini adalah waktu untuk menilai, memastikan apa yang benar-benar Anda inginka. Mau itu dari suatu hubungan atau dari kehidupan secara lebih umum dan mencari apa yang benar-benar membuat Anda bahagia. Tidak ada alasan mengapa kehilangan cinta tidak bisa membebaskan dalam hal lain; itulah mengapa 40 persen dari kita kemudian melihat perpisahan kita dalam sudut pandang positif. Mereka hanyalah batu loncatan di jalan menuju hal-hal yang lebih besar.

Courtesy of BAZAAR UK

Dilihat dari catatannya, 2024 tampaknya menjadi tahun perpisahan selebriti besar; dari Cardi B dan Offset, Sacha Baron Cohen dan Isla Fisher. Bahkan pasangan utama Love Island, Tommy Fury dan Molly-Mae Hague putus bulan ini, dan kita mungkin akan melihat lebih banyak perpisahan selebriti sebelum tahun ini berakhir. Tetapi ketika menyangkut hubungan kita, kita tidak perlu menandai perpisahan kita sebagai kegagalan pribadi. Jika ada perpisahan selebriti yang harus kita tiru, itu adalah perpisahan Stormzy dan Maya Jama, yang memperkuat gagasan bahwa akhir dari suatu hubungan sama sekali bukan hal yang buruk: "Kami mencoba, dan itu tidak berhasil, dan itu tidak apa-apa." Memang benar.

BACA JUGA: 
Jennifer Lopez Membuka Tentang Mendapatkan Kesempatan Kedua dengan Ben Affleck
Ben Affleck Bicara Tentang Pandangan Negatif Publik Terhadap Dirinya yang Memengaruhi Ketiga Anaknya

(Penulis: Kimberley Bond; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Alih bahasa: Matthew De Jano; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)