Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

12 Bunga Terindah di Dunia, Memiliki Pesona yang Khas dan Memikat!

Keberadaan bunga-bunga ini di sekitar Anda dapat meningkatkan kesejahteraan emosional Anda secara keseluruhan. 

12 Bunga Terindah di Dunia, Memiliki Pesona yang Khas dan Memikat!

Bunga adalah simbol keindahan berkat bentuk, warna, dan aromanya yang memikat dan memesona. Keindahan bunga bisa menghiasi taman atau ruangan di rumah Anda, sekaligus memanjakan mata dan membantu meredakan stres. Dengan kata lain, keberadaan bunga di sekitar Anda dapat meningkatkan kesejahteraan emosional Anda secara keseluruhan. 

Diantara banyaknya jenis bunga yang indah, berikut ini Bazaar telah menyusun daftar 12 bunga terindah di dunia—sangat indah. Ini daftarnya! 


1. Mawar

Hendri Sabri / Unsplash

Bunga mawar sering disebut sebagai “Queen of the garden”, karena keindahannya yang tak tertandingi. Secara spesifik, bunga mawar merah terkenal sebagai simbol cinta, romansa, kebahagiaan, gairah, dan awal yang baru. Itulah mengapa, bunga mawar menjadi simbol utama Hari Valentine. 

Kelopak bunga mawar yang melengkung dan saling tumpang tindih satu sama lain dengan beragam warna mencolok, menjadikannya bunga yang pantas disebut sebagai bunga terindah di dunia!


2. Sakura

(AJ / Unsplash)

Keindahan bunga sakura memang sudah terkenal mendunia. Orang-orang bahkan sengaja melakukan perjalanan jauh hanya untuk menyaksikan mekarnya bunga musiman ini. Dalam budaya jepang, bunga sakura melambangkan keindahan dan keanggunan, serta sebagai pengingat bahwa hidup ini cepat berlalu.

Kelopak bunga sakura berwarna merah muda lembut atau putih, yang benar-benar sangat indah dilihat dan sangat memanjakan mata. Saat Anda melihat ribuan bunga sakura yang tumbuh subur di pohon, itu akan terlihat sangat menakjubkan!


3. Tulip

Kelly Sikkema / Unsplash

Tulip juga termasuk bunga musiman yang keindahannya selalu dinanti setiap tahunnya. Tulip memiliki beragam warna mencolok dengan bentuk bunganya yang elegan. Bunga tulip merupakan bunga yang merepresentasikan cinta yang mendalam dan kekaguman.  

4. Matahari

Kent Banes / Unsplash

Bunga terindah di dunia berikutnya yaitu bunga matahari. Keindahan bunga matahari terletak pada kelopak bunganya yang besar dan berwarna kuning cerah, dengan kepala bunganya yang berada di tengah yang berwarna kecokelatan. 

Selain indah, bunga matahari juga terkenal unik karena bunganya tumbuh menghadap ke arah datangnya sinar matahari. Bunga matahari dikenal sebagai bunga yang melambangkan kebahagiaan, kegembiraan, dan kesetiaan. 


5. Bird of Paradise

Thimo van Leeuwen / Unsplash

Dinamakan Bird of Paradise karena bentuk bunganya yang unik dan menarik, menyerupai burung yang sedang terbang melebarkan sayapnya. Kelopak bunga ini berwarna oranye cerah yang tampak melebar secara anggun seperti sayap burung, dan struktur bunganya berwarna biru yang tampak seperti paruh burung. Keindahan dan daya tarik utama bunga ini terletak pada warna dan penampilannya yang sangat memikat!


6. Dahlia

Stephanie Mulrooney / Unsplash

Keindahan bunga dahlia terletak pada warna dan bentuk bunganya. Bunga dahlia memiliki beragam warna, yang bahkan beberapa diantaranya terdiri dari dua atau lebih perpaduan warna, membuatnya semakin memesona! Dalam satu tangkai bunga dahlia, terdapat banyak kelopak bunga yang tersusun secara simetris dan tampak menggulung pada ujungnya. 


7. Lily of the Valley

Yulia Pavlyukova / Pexels

Lily of the Valley merupakan bunga indah berwarna putih dengan bentuk bunganya yang sangat unik, yakni mirip seperti lonceng. Bunga ini memiliki aroma harum yang khas. 

Sebagai simbol cinta, kemurnian, kegembiraan, kebahagiaan, ketulusan, dan keberuntungan, bunga Lily of the Valley adalah salah satu bunga favorit keluarga kerajaan Inggris. Lily of the Valley digunakan dalam karangan bunga penobatan Ratu Elizabeth III pada tahun 1953, juga digunakan dalam rangkaian bunga pernikahan Kate Middleton pada tahun 2011. Ilustrasi bunga Lily of the Valley juga terlihat pada undangan penobatan Raja Charles III pada tahun 2023. 


8. Anggrek

Hayleigh B / Unsplash

Dengan lebih dari 20.000 spesies, anggrek adalah bunga terindah dan eksotis di dunia. Daya tarik utama bunga ini terletak pada bentuk bunganya yang unik dengan beragam warna yang mencolok, bahkan beberapa diantaranya terdiri dari kombinasi dua atau lebih warna. 


9. Iris

Chiaroscuro / Pexels

Nama bunga iris diambil dari Bahasa Yunani yang berarti pelangi. Sama seperti pelangi, bunga iris juga termasuk keindahan alam yang memesona! Bunga iris memiliki kelopak bunga warna ungu (kadang sedikit kebiruan) dengan semburat warna kuning dan putih, membuatnya menjadi bunga dengan visual yang sangat menawan dan menakjubkan. 

Dengan lebih dari 200 spesies, yang masing-masing memiliki daya tarik tersendiri, bunga iris adalah bunga yang melambangkan harapan, kebijaksanaan, dan keberanian.


10. Magnolia

Larissa Farber / Pexels

Visual dan warna bunga Magnolia benar-benar sangat memesona! Magnolia memiliki kelopak bunga yang berukuran cukup besar yang saling tersusun dan tumpang tindih satu sama lain, dengan warna-warna lembut yang memesona termasuk putih, ungu, dan merah muda. Bunga ini juga menghasilkan aroma harum yang sangat khas, yang menambah daya tarik utamanya. 


11. Plumeria

Ariana Kaminski / Unsplash

Plumeria, juga dikenal sebagai Frangipani atau Kamboja, memikat dengan bentuk dan warna bunganya yang indah. Kelopak bunga ini berbentuk oval yang seringkali terdiri dari kombinasi dua atau tiga warna. Keindahan bunga ini semakin meningkat dengan keharumnya yang khas. 


12. Daffodil 

Yoksel Zok / Unsplash

Keindahan bunga Daffodil terletak pada bentuk dan warna bunganya yang mencolok, terdiri dari enam kelopak bunga dan bagian tengah yang terlihat seperti terompet kecil dengan warna-warna lembut yang memesona, termasuk putih dan kuning cerah. Bunga ini melambangkan kebahagiaan, kemakmuran, keberuntungan, dan harapan. 

Itulah daftar 12 bunga terindah di dunia yang masing-masing memiliki pesonanya yang khas dan memikat!

(Teaser photo by Tiia Pakk / Pexels)