Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Tas GO-14, Kembalinya Karya Awal Nicolas Ghesquière

Kebangkitan debut tas Nicolas yang hadir sejak October 2014.

Tas GO-14, Kembalinya Karya Awal Nicolas Ghesquière
Courtesy of Louis Vuitton

Setelah keberhasilannya di Balenciaga, Nicolas berlabuh ke Louis Vuitton pada 2013 silam, sebagai Director of Women’s Collection. Sejak kedatangannya, ia mengaku bahwa ia ingin mengambil direksi yang berbeda dalam desainnya. Ia hendak mendesain visi seorang wanita Louis Vuitton, yakni dengan memadukan sejarah panjang travel label ini, dengan desain yang fungsional nan bold

BACA JUGA: Melihat Koleksi Terakhir Virgil Abloh untuk Koleksi Pria Louis Vuitton di Paris

“Dengan Louis Vuitton saya gemar menggabungkan era, seperti ketika saya menggabungkan rok kembang abad ke-18 dengan celana pendek atletik dan sneakers. Louis Vuitton itu adalah perempuan urban, ia tidak di masa lampau maupun futuristik, melainkan keduanya,” jelas Nicholas Ghesquière pada sebuah sumber. 

Courtesy of Louis Vuitton

Keinginan ini ditunjukkan dalam desain tas GO-14, yang code name-nya sendiri diambil dari bulan tas ini pertama kali ditampilkan pada catwalk, dan dipadankan dengan nama sang desainer: Ghesquière October 2014. 

GO-14 memiliki permukaan dipenuhi motif malletage yang bersejarah nan distingtif dari Louis Vuitton. Wujud pola motif ini menyilang, yang pada awalnya ditemukan di bagian dalam vintage trunk Louis Vuitton. Malletage kemudian ditemukan kembali oleh Nicholas yang kemudian ia tampilkan pada koleksi pertamanya. Berkatnya, motif ini menjadi salah satu signature yang istimewa, dan muncul dalam berbagai lini di Louis Vuitton, bahkan ada pada desain arsitektur, dan penyusunan cahaya pada beberapa gerai mereka di seluruh dunia.

Courtesy of Louis Vuitton

Selain malletage, tas yang terbuat dari kulit domba ini, dihiasi juga dengan tindisan yang menekankan efek lembut dan lengkungan pada desainnya, disertai dengan logo LV Twist, dan rantai emas tipis. Sehingga tas ini dapat dipakai dengan tiga cara, yaitu dijinjing, diapit pada bahu, dan disilangkan pada tubuh. 

Tak hanya dari segi desain, tas GO-14 juga memiliki nilai craftmanship yang tinggi. Pasalnya, tas ini membutuhkan lebih dari 20 proses, dan setidaknya 17 meter potongan untuk menciptakan satu tas GO-14.

Tas GO-14 sudah menjadi pilihan bagi beberapa bintang global untuk melengkapi penampilan mereka, simak beberapa diantaranya:

Tampilan Semi-Formal ala Cate Blanchett 

Courtesy of Louis Vuitton

Aktris peran utama film Tár ini, terlihat memadankan tas GO-14 putih dengan garisan malletage berwarna hitam, beserta sepasang jas dan celana formal dan sepatu sneakers putih. 

Make It Pop ala Hyein

Courtesy of Louis Vuitton

Sang maknae di New Jeans terlihat menampilkan GO-14 in bright pink! Sebuah elemen segar di tampilan street style-nya pada foto ini.

Tampil Santai dengan GO-14 oleh Hyeon

Courtesy of Louis Vuitton

Kali ini tas GO-14 tampil dalam ukuran yang lebih kecil. Tas serba hitam ini melengkapi suasana santai nan sederhana sang bintang film Squid Game ini. 

BACA JUGA:
Louis Vuitton Beri Penghormatan Kepada Virgil Abloh di Miami
5 Direktur Kreatif Pria Yang Mengukir Sejarah di Dunia Mode

(Penulis: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Louis Vuitton)