Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

5 Tren Interior Desain Terbaik di Tahun 2023

Kumpulan tren interior tahun ini yang dapat dijadikan patokan untuk menata rumah Anda!

5 Tren Interior Desain Terbaik di Tahun 2023
Courtesy of Bazaar US

Penjelasan terkait tren desain interior terbaik tahun 2023 bukanlah yang berisikan deretan daftar "do's and don'ts", dan It-item untuk rumah. Sebaliknya, mereka merupakan jalan pintas untuk menyalurkan gaya pribadi Anda dengan cerdas ke ruang Anda.

BACA JUGA: 12 Ide Menata Rumah Seperti di Drama Korea

Tren desain interior sering kali merupakan pantulan momen budaya yang lebih besar, seperti penekanan konsep "de-influencing", dan keinginan untuk berinvestasi pada bahan organik yang ramah lingkungan. Akibatnya, kami melihat lebih sedikit mikro tren dan lebih banyak pilihan desain yang tak lekang waktu.

"Dunia fast-fashion dan desain membuat kita bergantung dari satu tren ke tren berikutnya. Coba pikirkan permadani kotak-kotak dan cermin gumpalan,” papar Heather Goerzen, direktur desain Havenly, kepada Bazaar. “Tetapi saya lebih suka berpikir bahwa kita secara kolektif mulai sedikit sadar, dan belajar mendengarkan apa yang benar-benar kita sukai, daripada mendasarkannya dari apa yang dibeli orang lain pada saat ini. Di antara ketidakpastian ekonomi serta kekhawatiran akan isu lingkungan, kita menginginkan investment pieces yang memiliki jiwa dan ceritanya sendiri yang mampu terus bertahan dalam tren, dan tidak akan masuk dalam daftar 'keluar' tahun depan. Mengembalikan kita kepada tradisi, dengan twist.”

Seperti sofa yang nyaman atau tempat tidur mewah, tren dan produk desain interior terbaik 2023 adalah investasi untuk rumah Anda. Dengan masukan ahli dimulai dari desainer interior, pakar rumah, dan pendiri studio, jelajahi lima tren desain interior terbaik tahun depan.

Tren Interior Desain 2023: Bold Hues

Courtesy of Bazaar US

Beberapa ahli desain merasakan haluan tertuju pada warna bold. "Walau dinding putih tidak akan pernah benar-benar ketinggalan zaman, orang-orang tetap mencari kenyamanan serta kesenangan lebih saat berada di rumah dan ini ditunjukkan dalam bentuk sudut-sudut yang dicat, wallpaper moody, warna kayu yang hangat, dan sarung pelapis yang penuh warna," kata Heather. "Jika mencari waktu yang tepat untuk menciptakan mood yang menyeluruh di rumah, maka sekaranglah waktunya."

Kara Smith, pendiri KES Studios, telah sering melihat ruangan yang dicat dengan warna kuat seperti oxblood dan hijau zamrud, termasuk pada langit-langitnya, menjelaskan "Saya pribadi berpendapat bahwa ketika dilakukan dengan sesuai, color blocking dengan warna-warna ini dapat menjadi cara yang menarik untuk menciptakan kedalaman dan mood."

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Tren Interior Desain 2023: Statement Stone

Courtesy of Bazaar US

Untuk aksen alam, para ahli memperkirakan peningkatan pada meja pahatan, kabinet yang dramatis, dan backsplash menarik yang terbuat dari batu yang tidak konvensional. Dari basal ke travertine hingga batu sabun, batu berwarna-warni ini adalah pilihan desain yang lebih berani dan memiliki cara indahnya tersendiri untuk menghadirkan nuansa alam bebas. "Apa pun warna yang Anda pilih, potongan-potongan ini berfungsi seperti karya seni di rumah dan memandu sorotan gaya rumah," kata Heather.

Bahkan untuk bahan yang lebih tradisional seperti marmer, pada meja dapur hitam-putih klasik akan mengalami pergeseran. “Orang-orang condong mengarah ke statement marbles dengan urat dramatis dan pola warna yang unik. Tren ini berpotensi menjadi pusat penarik perhatian sekaligus menambahkan nuansa alam mewah dan timeless,” tutur Lisa Berman dan Melissa Rohani, salah satu pendiri Studio Gutow.

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Tren Interior Desain 2023: Organic Curve

Courtesy of Bazaar US


Dalam jangka waktu yang lama, bentuk bersudut tajam dan garis lurus nan tegas menjadi ciri khas desain interior mewah. Tahun ini, para desainer bergeser ke furnitur dan elemen rumah yang menganut garis lembut.

“Kurva bukanlah hal baru di dunia desain, tetapi kami memperkirakan kurva akan terus mendominasi dalam kancah desain untuk tahun 2023 dan seterusnya,” kata Heather. "Ada suatu aspek romantis dan anyar tentangnya, menjadikan mereka bertentangan dengan bentuk modern lainnya." Aliran terbaru akan mencakup sofa berkelok-kelok, kursi beraksen lengkung, serta semua bentuk furnitur lainnya, ditambah beberapa aspek arsitektur berupa: jendela, pintu, dan lorong ruangan.

Menggabungkan elemen ketidaksempurnaan melalui bentuk-bentuk alami adalah bentuk penolakan terhadap desain sebelumnya yang terlalu mengekang. “Tren ini menghasilkan rasa ketenangan dan keluwesan pada interior, serta memberikan ruang bernapas yang terasa harmonis,” tambah Lisa dan Melissa.

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Tren Interior Desain 2023: Inner Sanctuary

Courtesy of Bazaar US

Dengan tingkat stres yang selalu tinggi, orang-orang mencari cara baru dan inovatif untuk menjadikan rumah mereka tempat yang tenang. “Ada keinginan yang besar untuk menciptakan 'kepompong' di dalam rumah Anda,” kata Kara. “Saya telah melihat ruangan yang sepenuhnya dikhususkan untuk meditasi, membaca, dan relaksasi umum.”

Kara mengamati bahwa, warna-warna tenang secara umum terdiri dari warna netral dan nuansa seladon, kuning, dan biru laut. Jenni Lauri, kepala dan pendiri Lauri Design Studio, mengobservasi peningkatan warna-warna harmonis yang hangat dan campuran kain yang kaya dan lembut. "Bahan alami, warna yang selaras, dan kain kaya akan tekstur yang kita pilih untuk rumah kita, mencerminkan bagaimana kita ingin menangkap kedamaian, sentuhan, dan rasa sejahtera," jelasnya.

Tren ini mungkin merupakan reaksi langsung terhadap kekacauan beberapa tahun terakhir. “Saya percaya bahwa setelah pandemi dan periode intens serta penuh tekanan yang dialami dunia, orang-orang merasa perlu menemukan kedamaian, kebahagiaan, sense of home dan kekeluargaan,” kata Marc Ange, pendiri Studio Ange.

Sementara sofa yang empuk dan selimut kasmir adalah cara sederhana untuk menciptakan ruang yang lebih damai, bentuk desain yang lebih besar juga dapat membuat perbedaan besar. Jenni mengharapkan peningkatan home wellness akan menghasilkan lebih banyak cold plunges, sauna, dan ruang uap yang dikoorperasikan menyerupai kamar mandi spa.

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Tren Interior Desain 2023: Granny Chic

Courtesy of Bazaar US


Relevansi tren granny chic meluas dari tren fashion musim panas ke tren rumah. “Selama bertahun-tahun, minimalis dan mid-century modern semakin kurang diminati, kami akhirnya melihat pendulum berayun ke arah yang berlawanan,” kata Heather. “Desain tradisional kembali dengan pelan namun kukuh dalam bentuk hiasan kayu dan cetakan, karya seni vintage, siluet romantis, warna-warna redup, dan permainan pola. Sementara pengulangan tren ini pada abad ke-21 menawarkan keunggulan-keunggulan yang sangat dibutuhkan, fokusnya sekali lagi tetap pada kehangatan, keramahtamahan, dan kenyamanan, ini seperti ruang duduk nenek Anda yang diperbaharui, serta lebih chic."

Dari sofa bermotif hingga wallpaper yang kompleks, pendekatan maksimalis ini sedang populer. "Orang-orang mendambakan kenyamanan dan karakter dengan rumah mereka, yang terasa lebih dalam, serta lebih timeless, daripada hanya sekadar mengejar tren," jelas Heather.

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

Courtesy of Bazaar US

BACA JUGA:
Deretan Arsitektur Rumah Modern yang Dapat Dijadikan Inspirasi
Percantikan Tampilan Rumah Anda dengan 10 Ide Menghias Dinding

(Penulis: Tatjana Freud; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of BAZAAR US)