Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cara Tepat Menghilangkan Garis Tawa

Kami bertanya kepada para ahli, tips untuk menghaluskan kerutan di sekitar mulut.

Cara Tepat Menghilangkan Garis Tawa
Courtesy of Bazaar US

Garis-garis halus yang muncul di dekat sudut mulut Anda biasanya dikenal sebagai garis tawa, tidak ada yang konyol tentang mengatasi kerutan yang tidak diinginkan. Untuk beberapa cara mudah untuk menghaluskan kulit, Bazaar bertanya kepada profesional kulit terkemuka, seperti ahli kulit, Cindy Yoon-Soon Bae, dan Morgan Rabach, ahli bedah plastik David Shafer, dan facialist Yolanda Mata, untuk mendapatkan tips dari sang ahli.

Baca terus untuk uraian tentang cara menghilangkan garis tawa, menurut para profesional, beserta apa saja hal menyebabkannya berkembang.

BACA JUGA: Ini 3 Program Perawatan Anti Penuaan yang Wajib Anda Coba di ERHA

Apa itu garis tawa?

Kami memahami bahwa kadang-kadang Anda merasa hanya Anda yang memilikinya, tetapi memiliki garis tawa sebenarnya adalah masalah perawatan kulit yang sangat umum. Mereka sering muncul sebagai garis vertikal yang memanjang dari sisi hidung dan melengkung di sekitar mulut, dan terkadang membentang ke arah dagu. Membentuk seperti konotasinya, tertawa.

David memberi tahu Bazaar bahwa sebenarnya ada dua jenis garis tawa: kerutan nasolabial dan lipatan nasolabial. Kerutan nasolabial adalah garis yang Anda lihat di antara bibir atas serta pipi, sedangkan lipatan digambarkan sebagai jaringan yang menggantung di atas lipatan. Kedua jenis ini berkembang dari waktu ke waktu dikarenakan proses penuaan dan faktor gaya hidup lainnya.

“Jika Anda melihat kembali buku tahunan sekolah menengah Anda, mungkin separuh orang memiliki kerutan nasolabial, sehingga itu belum tentu dinilai sebagai tanda penuaan,” kata David. “Kerutan menjadi lebih dalam seiring bertambahnya usia, penambahan berat badan, dan masalah gigi. Gigi tidak lagi menopang jaringan di atasnya, yang membuat kerutan menjadi lebih dalam.”

Apa langkah terbaik untuk menyembuhkannya?

Menurut para profesional, perawatan yang paling efektif untuk garis-garis halus adalah dermal fillers yang bekerja untuk membuat kulit montok serta memperbaiki bentuknya, tetapi pada akhirnya, itu bergantung pada jenis kerutan wajah yang Anda miliki. Ada kerutan dinamis (yang terlihat jika wajah bergerak) dan kerutan statis (garis halus yang masih terlihat saat wajah tidak bergerak). “Kami ingin mencegah kerutan statis karena lama kelamaan akan semakin sulit untuk diobati,” jelas Cindy. "Itu sangat umum, karena kita menggunakan otot di sekitar mata dan bibir kita sepanjang waktu saat berkedip, tersenyum, serta bergerak."

Morgan sering merekomendasikan filler sebagai lawan dari Botox kepada kliennya, karena hasil pemolesan garis hampir langsung terlihat. “Pengisi terdiri dari asam hialuronat, molekul gula alami yang ditemukan di bawah kulit,” jelasnya. "Tidak seperti Botox yang membutuhkan waktu kira-kira seminggu untuk memulai, peningkatan dengan filler langsung dapat segera dilihat."

Apa pun metode injeksi yang Anda pilih, David juga merekomendasikan untuk menemukan ahli bersertifikat yang tepat yang memahami nuansa anatomi wajah. “Jika terlalu banyak filler ditempatkan di kerutan, Anda mungkin akan sangat halus tetapi Anda mungkin juga terlihat bengkak. Ini dapat terlihat ganjil di sekitar mulut,” sarannya.

Apakah anda dapat mengurangi tampilan garis tanpa suntikan?

Sementara filler dan suntikan lainnya langsung menargetkan garis tawa sehingga menjadikanya perawatan yang praktis, ada metode pengurangan kerutan lainnya yang dapat Anda lakukan di rumah tanpa bantuan dokter kulit.

Pilihlah komposisi skincare yang tepat

Carilah produk dengan kandungan utama seperti retinol atau vitamin c untuk merangsang produksi kolagen, yang membantu meminimalkan kerutan seiring waktu. David merekomendasikan SkinMedica's TNS Advanced+ Serum dan Senté Dermal Repair Cream khususnya, karena keduanya bekerja pada tingkat sel untuk meningkatkan kolagen beserta perbaikan kulit kulit. Cindy menambahkan bahwa retinoid juga dapat mengurangi garis tawa yang mungkin muncul di dekat mata.

Courtesy of Bazaar US

Eksfoliasi secara teratur

Esksfoliasi lembut  dapat memberikan perbedaan besar dalam kehalusan keseluruhan kulit Anda, Cindy mendorong penggunaan pembersih secara teratur yang menampilkan pengelupasan fisik atau kimiawi, atau produk asam alfa hidroksi topikal. David setuju, dan menyarankan bahan pokok seperti AlphaRet Exfoliating Peel Pads dari Skinbetter yang mengandung glikolat, laktat, dan asam salisilat.

Coba facial massage

Yolanda, seorang facialist dan pencipta Yoliglo, merekomendasikan untuk melatih kembali otot wajah Anda di rumah dengan pijatan setiap harinya, baik dengan tangan atau alat.

"Anda selalu ingin memijat kulit ke atas, jangan pernah ke bawah, agar mengangkat wajah," sarannya. "Sebuah teknik yang saya suka gunakan di sekitar mulut dan rahang adalah membuat kepalan dengan kedua tangan, menempatkannya di sudut setiap sisi mulut, dan kemudian menggosoknya ke atas dengan tekanan sedang di sepanjang tulang pipi  Anda sampai mencapai pelipis." Mata mencatat bahwa walau pijatan wajah dapat bermanfaat untuk tekstur kulit pada malam hari, serta menjaga otot tetap kencang, Anda seharusnya tidak mengharapkan garis-garis halus menghilang sepenuhnya.

Buatlah perubahan kecil pada gaya hidup

Tetap konsisten dengan kebiasaan baik seperti istirahat yang cukup, minum secukupnya, dan tetap terhidrasi, sangat penting untuk menjaga kulit terlihat sekaligus terasa sehat. Seperti kebanyakan ahli kulit, Cindy menekankan pentingnya memakai sunscreen setiap hari untuk melindungi dari sinar UV yang dapat merusak kulit.

Sunscreen harian dapat membantu menjaga kolagen alami Anda serta membantu mencegah garis yang memburuk,” tambahnya.

BACA JUGA:
Jenis Antioksidan yang Dapat Anda Gunakan untuk Kulit
Panduan Gwyneth Paltrow Terhadap Eksfoliasi

(Penulis: Harper's Bazaar US; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih Bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of Bazaar US)