Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Panduan Gwyneth Paltrow Terhadap Eksfoliasi

Mengikuti pendiri Goop yang baru saja merilis produk eksfoliasi terbaru.

Panduan Gwyneth Paltrow Terhadap Eksfoliasi
Courtesy of BAZAAR US

Gwyneth Paltrow mengatakan dirinya sebagai "pecandu" terhadap pengelupasan kulit. Jadi, tak heran jika produk skincare bernama Goop membuat sang bintang terlihat glowing. Sudah ada dua produk dari Goop yang diciptakan khusus untuk pengelupasan kulit, tetapi Gwyneth mengatakan kepada Bazaar kenapa produk terbaru yang diberi nama GOOPGLOW Cloudberry Exfoliating Jelly Cleanser merupakan produk nostalgia, seperti lansiran sebelumnya. 

Untuk mendahului, aktris sekaligus panutan kecantikan ini juga memberi rahasia terhadap pengelupasan kulit, ia berbagi kenapa ia tidak pernah mencoba produk pengelupasan kulit berbahan kimia, dan salah satu produk Goop yang anaknya, Apple Martin, sering curi dari kamar mandinya. 

Goop sudah memiliki Instant Glow Exfoliator dan Peel Pads, lantas kenapa baru sekarang Anda memutuskan untuk memperkenalkan produk terbaru bernama Cloudberry Cleaners?

Menurut saya, cleanser terbaru ini mempunyai sentuhan yang sangat manjur, namun tidak sekuat peel pad kami, yang memiliki kekuatan profesional. Saya menggunakan pads tersebut satu kali dalam seminggu, dan kemudian Instant Glow Exfoliator di malam hari. Tetapi yang tidak mempunyai jenis pengelupasan kulit pada rutinitas di pagi hari. Saya sering kali melakukan eksfoliasi di pagi hari. Ini adalah satu produk yang membuat kulit saya sangat cerah, dan menghaluskan kulit wajah. Saya merasa ini suatu kesempurnaan bagi rutinitas perawatan saya.

Produk ini memiliki tekstur yang begitu lembut, membuatnya tidak terlalu kasar pada kulit wajah. Bahkan produk ini mengandung enzim buah-buahan untuk menghilangkan kulit mati. Ini sangat berbeda dengan tekstur produk lainnya. Ini lebih terasa seperti agar-agar. Seperti yang saya bayangkan, agar-agar merupakan hal yang seru dan youthful. Kehadiran pembersih ini, sangat bagus untuk semua jenis kulit, akan tetapi untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, produk ini sangat luar biasa. 

Baca lagi: Gwyneth Paltrow Ciptakan Kembali Momen Gucci yang Ikonis


Saya sendiri menjadi korban pengelupasan kulit yang berlebihan, terutama di usia muda. Apakah Anda pernah membuat kesalahan fatal dalam eksfoliasi?

Saya tidak pernah, karena saya selalu sedikit takut untuk melakukan perawatan laser atau pengelupasan kulit dengan bahan kimia di klinik kecantikan atau dermatologist. Karena saya memiliki beberapa sahabat yang melakukan perawatan seperti itu, dan mereka mempunyai pengalaman yang tidak baik. Sebelum saya mempunyai anak, saya sering melakukan perawatan facial, dan sekarang saya sudah tidak pernah. Tetapi apa yang saya cintai adalah light chemical peel, yang mereka sering lakukan selama perawatan facial. Saya rasa saya tidak pernah melakukan ini secara berlebihan karena saya sangat menyukai rasa pengelupasan pada kulit wajah saya, dan saya suka sensasi itu.

Saya ingat, pada kejadian salah satu sahabat saya yang mempunyai kulit sensitif, ia mencoba peel pad dari Goop, dan ia menghubungi saya dengan terkejut karena kulit wajahnya berubah merah dan saya mengatakan, “Itu sangat biasa, biarkan saja itu terjadi.” Namun saya ingat pada saat kita mencoba peel pads pertama kali, saya mengatakan kepada tim saya ingin lebih terasa, seperti tingkat profesional. Dan saya mencoba varian lain dan wajah saya menjadi merah. Tetapi memang seharusnya bekerja seperti itu. Saya tidak melebihi apa pun. Saya juga sangat terkejut mengenai itu. 


Apakah Anda mengubah rutinitas kecantikan selama situasi pandemi? 

Tidak terhadap produk saya, tetapi karena saya selalu menjadi penggemar untuk melakuan pengelupasan kulit, jadi saya melakukannya dua kali sehari. Terutama semejak itu, saya tidak memiliki pilihan untuk ke microdermabrasion di salon atau spa. Ini menjadi kebiasaan untuk melakukan pengelupasan kulit lebih dari sekali karena saya juga melihat diri saya di Zoom, dan menjadi sangat kritis yang menjadi sesuatu yang buruk. Selanjutnya saya juga mengaplikasikan minyak wajah atau pelembap untuk menghasilkan glowing yang sehat. Panduan ini membuat saya tidak harus merias wajah dengan sepenuhnya hanya untuk pertemuan di Zoom. 


Adakah satu produk yang sering kali diambil dari kamar mandi Anda oleh sang putri? Apakah ia juga membantu mencoba beberapa produk terbaru, atau pernahkah membuat putri Anda terlibat dalam proses kreatif? 

Oh, tentu sekali. Nyatanya, saya memberi Jelly Cleanser untuk ia coba karena saya merasakan ini sesuatu yang sangat seru, dan dapat disebut sebagai produk untuk kaum muda. Saya bertanya kepada putri saya, “Bagaimana menurut Anda? Seharusnya lebih banyak atau mengurangi busa?” Ia sangat membantu. Apple sangat tidak sabar untuk produk tersebut dirilis. Dan ia juga sangat menyukai detox cleanser yang kami miliki. Cleanser berwarna biru yang sangat bagus untuk pori-pori dan terutama untuk kulit remaja. Dan ini salah satu favorit produk Apple. Ia akan selalu mengambil produk itu. 


Saya tahu bahwa Goop selalu akan berkembang dengan resep baru dan diri Anda juga sangat menyukai masak. Ada resep yang Anda suka yang baru saja dicoba? 

Dalam waktu senggang saya, saya sering kali masak selama situasi pandemi, dan mencoba berbagai jenis makanan dan membeli beragam buku masak. Saya rasa itu salah satu hal yang saya lakukan, seperti pulang ke rumah dan mendapatkan bahan makanan, dan saya akan membuat sebuah rencana. Saya mempunyai banyak sekali buku masak yang diawali dengan fokus kepada makan terbuat di satu panci atau di atas lembaran kertas masak. Kita memiliki banyak sekali resep untuk Goop, dan ada satu buku dari Dianna Henry berjudul From the Oven to the Table yang saya sangat cintai. Mengenai mengurangi proses bersih-bersih sesudah memasak. 


Saya tahu Anda sangat menyukai dry brushing. Bagaimana cara untuk memulai itu? 

Saya sangat mencintai itu. Saya akan melakukan itu setiap pagi atau sebelum melakukan sauna dan itu yang membuat saya terbangun. Anda akan merasakan semua mati kulit di wajah Anda menghilang. Ini sangat membantu pengaktifan saluran darah dan sirkulasi pada wajah. Saya sangat menyukai dry brushing. Ini juga sangat bagus untuk selulit. Saya memiliki sauna yang sangat kecil di luar rumah saya dan saya akan membawa sisir tersebut bersama saya. Sangat mewah, tetapi saya sangat suka. Dan kemungkinan saya melakukan dry brushing sekitar empat atau lima kali seminggu. 


Apakah ada aturan kecantikan yang selalu Anda ingat? 

Kecantikan itu mulai dengan dalam diri Anda, apa yang dikonsumsi, beberapa air yang di minum, bagaimana cara Anda menjaga badan Anda. Bagaimana Anda terhadap diri sendiri, dan pikiran dan berbicara seperti apa terhadap diri sendiri. Apakah Anda baik terhadap diri sendiri? Apakah Anda mempunyai hubungan yang baik dengan diri sendiri? Apakah berkomitmen untuk menjaga hubungan itu? Saya mempunyai sudut pandang yang sangat holistic terhadap kecantikan. 

GOOPGLOW Cloudberry Exfoliating Jelly Cleanser sudah tersedia sekarang di goop.com dan sephora.com. 

Penulis: Katie Intner;  Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Alyssa Tagor; Foto: Courtesy of Bazaar US