Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Gelar Bangsawan Kate Middleton dari Tahun ke Tahun

Ikuti setiap gelar yang diberikan kepada Putri Wales sejak bergabungnya dengan keluarga kerajaan Inggris.

Gelar Bangsawan Kate Middleton dari Tahun ke Tahun
Courtesy of Bazaar US

Sejak menikah dengan keluarga kerajaan Inggris pada tahun 2011, Kate Middleton, sekarang Catherine, Princess of Wales, telah mengadopsi beberapa (dan terkadang, terlalu banyak) gelar kerajaan resmi yang mewakili tugas kerajaan seniornya di seluruh Persemakmuran, dan daftarnya pun terus bertambah.

BACA JUGA: Kate Middleton Mempresentasikan Gaya Business Casual dengan Blazer dan Celana Santai

Dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II, Kate diberi gelar baru, sebab kematiannya memicu perubahan besar dalam garis pewaris takhta kerajaan Inggris. Kemudian pada Desember 2022, sang putri mengambil alih gelar yang pernah menjadi milik suaminya, Pangeran William, menandai peran pertamanya di Angkatan Darat Inggris.

Kedepannya akan dijelaskan perincian lengkap dari semua gelar resmi yang dimiliki Putri Wales selama bertahun-tahun di keluarga kerajaan Inggris.

Gelar Kebangsawanan

Princess of Wales

Setelah kematian Ratu Elizabeth pada 8 September 2022, Kate "lulus" dari Duchess menjadi putri dan diberi nama Princess of Wales yang baru, bersama William, yang sekarang menjadi Prince of Wales. Kate mewarisi gelar tersebut dari mendiang ibu mertuanya, Putri Diana, yang menikah dengan Pangeran Charles yang sekarang menjadi Raja Charles III, dari tahun 1981 hingga 1996.

Sementara Kate yang kerap disebut sebagai Putri Catherine atau Putri Kate, memiliki nama resmi kerajaannya sebenarnya adalah Catherine, Putri Wales. Seperti Putri Diana (secara formal Diana, Putri Wales), Kate tidak dilahirkan dalam keluarga kerajaan Inggris, yang berarti nama depannya mendahului, bukan mengikuti, gelarnya, per gelar kebangsawanan.

Dalam peringkat, putri berada tepat di bawah permaisuri, gelar Kate kemungkinan besar akan diwarisi dari Camilla Parker Bowles (sekarang Camilla, Ratu Permaisuri) saat William naik takhta.

Duchess of Cambridge 

Selepas menikah dengan Pangeran William pada tahun 2011, Kate secara resmi bernama Yang Mulia, Duchess of Cambridge. Itu adalah peran pertamanya dan merupakan peran terlama yang dipegangnya. Dia tetap mempertahankan gelarnya hari ini, meskipun ia naik ke Princess of Wales.

Duchess of Cornwall

Kate juga mewarisi gelar Duchess lain dari Camilla setelah kematian Ratu Elizabeth dan penobatan Raja Charles berikutnya. Seperti halnya Wales, gelar Cornwall adalah gelar turunan langsung untuk pangkat raja dan ratu.

Kate menggunakan gelar duchess lama dan barunya, dan secara resmi dikenal sebagai Duchess of Cornwall dan Cambridge selama satu hari pada tanggal 8 September, yang menandai periode singkat antara kematian Ratu Elizabeth dan pengukuhan Charles sebagai raja baru Inggris Raya, setelah itu ia menjadi Princess of Wales.

Duchess of Rothesay dan Countess of Chester

Gelar putri regional Kate di Skotlandia adalah Duchess of Rothesay dan Countess of Chester, yang keduanya diwarisi dari Camilla serta secara eksklusif terhubung dengan pewaris takhta, sesuai dengan sistem kebangsawanan yang telah lama ada di negara tersebut.

Sebelum menjadi seorang putri, Kate dikenal di Skotlandia sebagai Countess of Strathearn dan masih ia memegang gelar tersebut.

Countess of Carrick dan Baroness of Renfrew

Gelar regional Kate di Irlandia Utara adalah Countess of Carrick dan Baroness of Renfrew. Meskipun ia masih seorang bangsawan, ia dikenal di negara berdaulat Inggris sebagai Lady Carrickfergus.

Gelar Militer

Colonel of The Irish Guards

Gelar militer ini adalah penunjukan kehormatan pertama Kate di Angkatan Darat Inggris dengan resimen Pengawal Irlandia. Ia mewarisi gelar tersebut pada Desember 2022 dari Pangeran William, yang sejak itu sudah dinobatkan sebagai Colonel of the Welsh Guards yang baru. Sang putri adalah wanita pertama dan bangsawan kedua setelah William yang mengambil peran kehormatan militer.

Commodore-in-Chief of The Fleet Air Arm

Kate diberi gelar ini pada 11 Agustus 2023 oleh Raja Charles, untuk "mencerminkan hubungan erat antara Angkatan Bersenjata dan Keluarga Kerajaan pada masa pemerintahannya." Fleet Air Arm adalah komponen penerbangan angkatan laut dari Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Commodore-in-chief adalah penunjukan kehormatan yang diberikan oleh raja Persemakmuran kepada anggota tertentu dari keluarga kerajaan.

Colonel-in-Chief of The 1st Queen's Dragoon Guards

Kate diberi gelar pada 11 Agustus 2023 oleh Raja Charles. The 1st the Queen's Dragoon Guards adalah resimen di Korps Pelindung Kerajaan Angkatan Darat Inggris. Itu adalah salah satu resimen tertua di Angkatan Darat Inggris, serta yang paling senior.

Royal Honorary Air Commodore of The R.A.F Coningsby

Kate diberi gelar ini pada 11 Agustus 2023 oleh Raja Charles. Royal Air Force Coningsby adalah stasiun Angkatan Udara Kerajaan di Lincolnshire, Inggris.

Royal Honorary Air Commodore of The Air Cadets

Pada tanggal yang sama dengan gelar sebelumnnya, Kate diberi gelar Royal Honorary Air Commodore of The Air Cadets oleh Raja Charles. Kadet Udara adalah organisasi pemuda sukarelawan-militer yang disponsori oleh Angkatan Udara Kerajaan.

Gelar Lainnya

Patron of Rugby

Atas perintah Ratu Elizabeth, Kate dinobatkan sebagai royal patron Persatuan Sepak Bola Rugbi dan Liga Sepak Bola Rugbi. Posisi yang sebelumnya dipegang oleh Pangeran Harry, sebelum pengunduran dirinya pada tahun 2020 dari tugas kerajaan senior pada Februari 2022.

Sang putri sejak itu mengunjungi Stadion Twickenham dan bertemu dengan tim putra dan putri Inggris pada sesi latihan dan pelatihan untuk Six Nations Championship. Per siaran pers Istana Kensington, peran tersebut sangat selaras dengan "hasratnya pada olahraga yang sudah ada sejak lama, dan manfaatnya pada kesehatan dalam tingkat komunitas  maupun individu."

Sponsor of HMS Glasgow

HMS Glasgow adalah kapal tempur tipe 26 yang pertama milik angkatan laut kerajaan yang baru dan saat ini dalam pembangunan.


BACA JUGA:
Simak Aksi Lucu Putri Charlotte Mengoreksi Pangeran George di Balkon Istana
Gelar Pangeran Harry dihapus dari Situs Resmi Keluarga Kerajaan

(Penulis: Sabrina Park dan Rosa Sanchez; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Angel Lawas; Foto: Courtesy of BAZAAR US)